Desaku Pacor Kutoarjo

  1 - Feb - 2014 -   Adi Degreen -   30 Comments »
foto ofDesaku Pacor Kutoarjo
Jalan Kemiri Kutoarjo desa Pacor

Salah satu satu kebahagiaan dalam hidup ini adalah mengenang masa lalu. Masa dimana kita masih kecil, hidup di kampung halaman kita. Hidup bersama dengan ayah dan ibu, kakak, adik dan sanak saudara. Masih teringat ketika kecil sering bermain petak umpet, main “ dengklek”. Main egrang, main karet, kelereng dan permain lainnya. Hidup bersama keluarga dalam keadaan pas-pasan tetap bahagia rasanya. Makan nasi dari jagung, lauk tempe, telur sudah merupakan barang mewah. Tahun 80an ketika aku kecil listrik belum masuk ke desaku. Desaku terasa sepi, kalau sudah adzan Magrib tiba, semua menutup pintu. Untuk transportasi kepasar dulu menggunakan sepeda onthel, atau naik becak, atau naik dokar. Rumah-rumah masih banyak yang terbuat dari bilik bamboo. Televisi merupakan barang yang langka, paling baru ada radio. Kalaupun ada televisi juga hitam putih. Namun bila teringat itu semua, rasanya ingin aku kembali ke masa lalu.

Bahagianya masa kecil

Bahagianya masa kecil

Desa Pacor Kecamatan Kutoarjo
Desaku Pacor Kecamatan Kutoarjo. Sebelah barat daya Berbatasan dengan desa Tunggorono, sebelah utara perbatasan dengan desa Tepos Kulon sebelah selatan berbatasan dengan desa Katerban. Sebelah timur berbatasan dengan : Gunung Tugel / pereng. Desaku kini banyak berubah, seiring dengan perkembangan jaman. Teman-temanku yang dulu masih kecil, sekarang sudah pada merantau ke “ Jabodetabek’,. Bahkan untuk mencari tenaga buat macul sawah dan tandur padi sudah sulit, karena rata-rata pemuda dan pemudinya pada mencari kerja keluar kota. Tapi seiring kemajuan jaman, sekarang sudah banyak parabola dan untuk transportasi, hampir setiap rumah sekarang sudah mempunyai motor.

Jalan Kemiri Kutoarjo desa Pacor

Jalan Kemiri Kutoarjo desa Pacor

Jalan Kemiri Kutoarjo desa Pacor

Jalan Kemiri Kutoarjo desa Pacor

Desaku sekarang sudah mempunyai puskesmas. Walupun kecil, namun sangat membantu penduduk dikampung. Untuk berobat tidak harus ke kota dan tidak harus mahal. Desaku juga mempunyai Masjid yang cukup besar dan megah. Sampai dengan saat ini masih terus dilakukan renovasi perluasan bangunan. Sayang kalau aku pulang kampung, kulihat jamaahnya tidak terlalu ubanyak, dan ramai hanya hari Jumat dan Romadhon serta Idul Fitri.

Puskesmas desa Pacor

Puskesmas desa Pacor

Masjid Baiturokhim desa Pacor

Masjid Baiturokhim desa Pacor

Di desaku ada dua sekolah dasar, yaitu SDN Pacor I dan SDN Pacor dua. Karena memang desaku cukup luas, sehingga kurang jika hanya satu Sekolah Dasar. Banyak juga siswa yang berasal dari Desa Katerban.

SDN Pacor I

SDN Pacor I

SDN Pacor I

SDN Pacor I

Itulah sekilas tentang desaku. Desaku yang kucinta. Pujaan hatiku. Tempat ayah dan bunda, dan handai taulanku. Tah mudah kulupa. Tak mudah bercerai. Selalukuuuu rindukan. Desaku yang permai. Salam Adi Degreen.

Category: desa, Tags: ,, , | posted by:Adi Degreen


30 Responses to “Desaku Pacor Kutoarjo”

  1. kasiat says:

    wah rasane yo baru kemarin aku dolan nang alun2 kemiri terus nek turu nang tunggorono jembatan ngulon nang nggone konco jam 4 wis tangi langsung cabut nongkrong nang stasiun kuthoarjo ngojek nggo sarapan nek isuk langsung bali ngidul nang ketwawang,tahun 1990 mbiyen leh nggonku njajah deso. slm kagem kang adi.suwun

    • Adi Degreen says:

      Salam kembali mas kasiat. Matur nuwun sampun mampir wonten tulisan meniko. La nek lewat teng dusun kulo menwi lebaran mbok mampir, Insya Alloh kulo nek lebaran pulang kampung. Kagem Mas Admin mas Medi dkk, matur nuwun. Hasil editannya lebih bagus. mak nyuuusss. Salam KAGEM SEDOYO WARGA PWR. Adi Degreen

  2. Kiki says:

    Rasanya Baru Kemarin Hal Hal INDAH Itu Kucapai Tetapi Semua Sudah Sirna Oleh Perubahan Jaman..Thank’s To Adi Degreen Kamu Sudah Mengingatkan Ku.

    • Adi Degreen says:

      Terimakasih kembali mas kiki. Memang kita semua sepakat,,, masa kecil adalah masa yang indah. Selalu terkenang didalam hati. Teman teman sekolah kita, teman teman bermain kita, ingin rasanya kita mengulang kembali masa kebersamaan itu. rasanya semua itu cepat sekali berlalu.

  3. Kiki says:

    Tetapi Anak Dan Cucu Kita Tidak Bisa Merasakan Hal Hal INDAH Itu….

  4. Mas Adi,,..kalau melihat kampung halaman dan mengenang masa lalu,,seolah olah mereka ngawe-awe kita untuk kembali membangun kampung kita setelah pensiun nanti,dengan modal yang kita dapat dari rantau…Nuwun Mas..

    • Adi Degreen says:

      Memang benar mas Slamet Darmadji,,, kampung halaman selalu ngangeni kita. Kalau pas kita pulang kampung rasanya pengin tinggal lebih lama, namun karena ada kewajiban kerjaan, walau berat hati harus di tinggal. Memang sering saya berpikiran ingin buka usaha di kampung namun,,, kadang berpikir ulang usaha opo sing cocok neng kampung. Jualan anti rayap karo anti tikus koyone ora cocok, HE HE HE, matur nuwun sampun mampir. Salam Adi Degreen.

  5. Raf says:

    Klub Sepakbola nya PS Kusuma….dulu saya sering nonton bola di lapangan pacor…bahkan main bolaa di sana karena lap bola alun2 sdg ada yg pakai…skrg lapangan bola Pacor gmn?

    Salam…

  6. ADI Degreen says:

    Salam kembali mas RAF,,, Memang benar Klub sepak bola di desa saya bernama PS KUSUMA. Dan waktu saya kecil menurut saya klub sepak bolanya cukup bagus. Lapangan sepak bolanya masih seperti yang dulu mas. di bawah ” ereng – erenge ” GUnung tugel. Untuk klubnya sekarang mengalami kemunduran. Kalau saya pulang kampung ngajakin main bola aja, yang main sedikit. Pemudanya sudah pada merantau. Nuwun.

  7. Pursito says:

    Desa Pacor indah sekali, dulu ada dalang terkenal tetapi aku lupa namanya sukses desa Pacor.

  8. Adi degreen says:

    Memang betul pak Pursito, desa pacor indah. namun menurut saya hampir seluruh desa yang ada di purworejo indah juga. kecuali mungkin ynag sudah kota ( banyak polusi dan kurang penghijauan. ) Matur nuwun sampun mampir ??? Kok lama tidak menulis lagi di BP nih???

    • hendi sumantono says:

      waah …. saya jadi teringat masa kecil saya -/+ th 1965 kalo pulang ke pacor lor ketempat kakek saya kesukaan saya mancing ikan di kali dan kalo lagi panen saya makan di tegal atau di sawah sangat mengasikan.tapi begitu saya pulang pada masa sekarang sudah berubah total, dimana kalinya jadi sempit dan ikannya sudah sangat langka.tapi kalau dibbandingkan dikota yan masih asri di kutoarjo.salam kenal mas. saya hendi sumantono dari cimahi dan saya kelahiran cimahi, tapibapak saya dari pacor lor dekat prapatan mesjid pacor.

      • ADI Degreen says:

        Salam kembali mas Hendi Sumantono,, memang sekarang kondisi desa sudah jauh berbeda dengan dahulu. Kalu dulu mancing ikan, nyari ikan ( nyeser ) masih banyak ikan, sekarang sudah jarang. Ikannya pada mati karena di potas ( racun ), juga pada di setrum. Tapi kalu pulang kampung saya juga masih suka mancing,,, yaaa,,, buat iseng2, mengenang masa lalu sambil momong anak,,, Nuwun

  9. hendi sumantono says:

    Mas …Adi degreen. nama mbah saya mbah sumowarno rumahnya di prapatan mesjid pacor lor. sekaeang diempati oleh pamansaya namanya lek andi ( muhamad hamdi orang tuanya sunadi dan rahmat santoso).dan bapak saya namanya Nur muhamad Afrosin salim ( Prapto wijoyo).

  10. Adi Degreen says:

    Aslm, Mas Hendi. Kalo Mbah Sumo Warno itu juga Embah saya. Istrinya Mbah Sumo Warno namanya Mbah Kemi, nah Mbah Kemi itu kakaknya Mbah saya.( Mbah Dullah Sajadi ). Waktu saya kecil Tahun 85an saya tahu memang ada keluarga mabah kemi yang tinggal di bandung. Kalo tidak salah saya memanggilanya lik ( Ruliyah ). Mungkin mas Hendi kenal. Kalau saya anaknya Pak Ngatiman, mungkin bapaknya sampeyan kenal sama bapak saya. Sekedar info : kalo lebaran saya sholat idul fithri di alun2 kutoarjo bareng pak dullah hamdi, lik sunadi dll. Salam mas.

    • hendi sumantono says:

      Mas Adi .Saya tinggal di bandung ,tapi bapak saya dan Eny
      sofian anaknya lek Imam Mugeni tinggal di Jl Kebonsari No.92/E baros Cimahi.salam

      • Adi Degreen says:

        Wslm, mas hendi nek ngono kita saudara satu buyut dari mbah kaji TOHA apa ya??? Sampeyan kenal dong sama mas anthol, slamet, aas, mbak IIM, maereka anaknya mbah Imam Mugeni. Oh ya mas Hendi,,, di bandung ada juga lhoo paguyuban orang pacor perantauan> dan jumlahnya cukup banyak. Kalau tidak salah di daerah Dayuh kolot. rata2 karyawan pabrik.

        • hendi sumantono says:

          Mas Adi. Kan Putranya Lek Imam Mugeni tinggalnya diaya mau tanya Mas; Kalo Mas Budhy Setyawan itu yang mencari wadah seniman purwrjo itu tinggalnya di mana ? karna saya juga suka main musik. dulu th 1984 s/d 1988 saya suka main dengan orang orang EMS( Elfa Music Studio).dulu suka iseng main sama Yovie Widyanto dkk.kadang saya main sama anak2 kaldera.dulu th 1980 an suka iseng main di green pup Jkt.dan sekarang paling2 main sendiri di cimahi ( maklum cari temen yang suka music jazz jarang kalo di cimahi.salam

          • hendi sumantono says:

            oh ya Mas adi. Say th 2005 dapet rekor muri untuk katagori menirukan alat tiup seperti saxophon, Thrombon,oboe,mug dll.jadi kayanya kalo saya masuk kewadah seniman purworjo akan seru deh. mungkin saya bisa ketemu temen2 untuk jam sesion. salam untuk keluarga.

  11. ade alias wawan says:

    pacor

  12. ade alias wawan says:

    kemak darsono kodirun yono beki pariyadi gono mariono cuk ono poyo bariyadi tolib keri ripin sobari supriyadi dunuk imam sugiarto aguspoying aris doni legek keri yanto rt 03 rw 01 pacor ngarep mesjid

  13. hendi sumantono says:

    mas adi katanya mas ribut pada lebaran th ini akan diadakan pertemuan keluarga pacor yang diprakarsai oleh Bapak lurah pacor di balai desa Pacor dan sudah mempunyai wadah namanya : Pura Wayah Pacor torjo. salam….

  14. suparjono says:

    Mas adi kenalin sy parjono cucu mbah marjuki skrg tinggal di Lampung tengah .saya anak dari bpk Parto jeni .

  15. suparjono says:

    Mas piye kabare?

  16. Adi Degreen says:

    Mas Supardjono,,, alhamdulillah saya dalamkeadaan sehat2 aja. Maaf baru balas komennya. Kemarin seminggu pulang kampung ke desa Pacor. Akhir tahun sekalian liburan, dan nengokin orang tua. Cuma di kampung hujan terus menerus. Maaf pak Parto Jeni aku kok ora kenal, mungkin coba tanya bapakmu kenal bapakku tidak ?namanya pak Ngatiman ( ex ABRI ). Salam

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Lingkungan Dan Alam Desa Mangunrejo

26 - Mar - 2009 | slamet wijadi | 61 Comments »

Bertani organik ala Sutomo Di Wingkomulyo

10 - Jul - 2008 | meds | 7 Comments »

Desa Mangunrejo Almarhum

14 - Mar - 2009 | slamet wijadi | 41 Comments »

Desa & Kelurahan di Kabupaten Purworejo

26 - Jan - 2009 | Raf | 89 Comments »

Menengok ke Desa Bulus

29 - Oct - 2008 | yoyokr | 22 Comments »

© copyleft - 2014 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net