MUDIK LEBARAN 2013

  31 - Jul - 2013 -   massito -   2 Comments »

Lebaran sebentar lagi, kejadian-kejadian menjelang-selama-dan setelah lebaran kembali berulang yakni mudik lebaran. Mudik lebaran sangat menyenangkan sekaligus melelahkan. Menyenangkan buktinya setiap Lebaran berusaha untuk bisa mudik walaupun bermacet ria, dan setiap tahun kemacetannya semakin bertambah. Dikatakan melelahkan, bagaimana tidak kalau perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh hanya 12 jam bisa tiga kali lipatnya.
Masing-masing bisa menikmati dari sisi yang lain. Yang pakai kendaraan umum akan merasa susah pada waktu beli karcis, bila karcis sudah dipegang sudah tenang.
Bagi yang pakai mobil lebih nyaman tetapi macet, bagi yang pakai motor lebih lancar tetapi melelahkan. Memang untuk menuju kegembiraan lebaran dikampung halaman perlu perjuangan. Bagaimanapun kalau membawa motor akan membantu mobilitas dikampung halaman, khususnya yang daerahnya belum ada angkot.
Berbicara kemacetan sulit dihindari karena beribu atau bahkan juta kendaraan menuju kearah timur serentak dalam waktu yang hampir bersamaan. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan oleh para pemudik. Karena gara-gara ulah para pemudik, kemacetan menjadi semakin parah. Misalnya menyerobot jalan lawan sehingga bisa saling menutup jalan dari arah yang berlawanan.
Hal ini sering kurang disadari, karena dengan saling nyerobot semula ingin cepat hasilnya bisa kebalikkan, macetnya lebih hebat, sampai tujuan lebih lama lagi.
Yang ingin saya pesankan, dalam suasana puasa taatilah aturan berlalu lintas supaya tidak menambah kemacetan gara-gara ulah kita. Kemacetan diwaktu mudik tidak bisa dilimpahkan kepada siapa-siapa melainkan kepada kita sendiri. Sudah dapat dipastikan kalau rasio jalan tidak sebanding dengan banyaknya kendaraan, jalanan pasti aakan macet. Tinggal bagaimana peran kita supaya tidak menambah kemacetan. Demikian juga bagi yang pakai motor, pikirkan bila akan membawa anak kecil, sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan, jangan sampai terjadi sesuatu yang lebih fatal.
Semoga ada manfaatnya……………Pursito

Category: blog, Tags: | posted by:massito


2 Responses to “MUDIK LEBARAN 2013”

  1. slamet wijadi says:

    Mas Massito, betul, kunci pokok dari ketertiban lalu lintas adalah disiplin para penggunanya, dengan pertumbuhan jumlah dan macam kendaraan yang “luar bisa” dan sarana jalan yang itu-itu juga, hanya tinggal satu yang masih bisa dilakukan yaitu disiplin para penggunanya. Namun disini ini justru yang paling parah, sifat egoistis,mendahulukan kepentingan sendiri tanpa menghargai hak orang lain adalah sumber kesemrawutan lalu lintas kita. Yang mengherankan adalah bila seorang memasuki menrobos jalur yang berlawanan dan menyebabkan benang “bundet”, yang susah diurai, semua rugi, namun itu selalu berulang, apakah memang demikian mental orang kita? Salam.

    • Pursito says:

      Terima kasih Pak Wi, disiplin harus mulai dari diri sendiri, sayangnya Petugas sering tidak mau report, orang yang nyerobot di kasih jalan dulu biar yang bundet bisa diurai, yang terjadi si penyerobot akan menyerobot lagi di kemacetan berikutnya dan seterusnya. Tetapi tetap orang disiplin tidak pernah merasa rugi walaupun harus menunggu lebih lama. Salam buat Pak Wi semoga sehat2.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

“PASAR ILANG KEMANDANGE”, KISAH TENTANG PASAR DESA SUSUK

24 - Dec - 2010 | slamet wijadi | 37 Comments »

Bapak Ibu Guru ku tercinta

9 - Sep - 2011 | massito | 5 Comments »

Lebaran yang selalu kunanti

31 - Aug - 2011 | meds | 12 Comments »

Ketika Lebaran berbalut aksi Teroris di Purworejo

6 - Aug - 2013 | indra.ngombol | 10 Comments »

NAIK KERETA API DI JAMAN JEPANG

20 - Sep - 2012 | slamet wijadi | 12 Comments »

© copyleft - 2013 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net