Tahukah anda tentang rayap ???

  28 - Apr - 2013 -   Adi Degreen -   18 Comments »
foto ofTahukah anda tentang rayap ???

SEKILAS MENGENAI RAYAP. Rayap adalah serangga social yang hidupnya berkoloni dan terbagi dalam berbagai kasta (golongan). Species dari rayap itu sendiri mencapai ratusan , tetapi yang paling merugikan bagi kehidupan manusia adalah rayap tanah (subterranean termite), rayap kayu kering (drywood termite) dan rayap kayu basah (dampwood termite).

Rayap tanah itu sendiri terbagi menjadi tiga jenis yakni Microtermes, Macrotermes dan Coptotermes. Secara umum sifat dari rayap tanah tersebut adalah berkoloni didalam tanah , menyerang struktur bangunan dengan membuat terowongan tanah menuju sumber makanan, dapat hidup hanya pada suhu dan kelembaban tertentu.

Secara keseluruhan rayap terdiri menjadi tiga kasta(golongan), yakni kasta pekerja, kasta tentara dan ratu(kasta reproduktif). Ciri-ciri fisik mudah dikenali adalah; kasta pekerja berbentuk kecil, berwarna putih, dan bertugas mencari makanan untuk menghidupi koloninya, kasta tentara berwarna kemerahan, mempunyai kepala besar dan capit, bertugas melindungi kelompoknya, sedangkan ratu mempunyai tubuh agak besar dan tugasnya hanya bertelur.

rayap1
Ratu Rayap

rayap2
Rayap Tentara

rayap3
Rayap Pekerja

Rayap pada dasarnya adalah serangga pemakan bahan yang mengandung sellulosa seperti, kayu kertas dll. Sering kita menjumpai furniture / perbotan kita terserang rayap. Butiran-butiran ( kotoran ) yang pada furniture kita , menndakan bila itu adalah serangan rayap kayu. Pintu, jendela dan plafon rumah kita juga termasuk konstruksi yang sagat digemari oleh rayap. Terlebih lagi bila rumah kita di daerah perbukitan. Maka,,,, berhati-hatilah terhadap serangga yang satu ini. Terimakasih . Adi Degreen.

Category: blog, Tags: | posted by:Adi Degreen


18 Responses to “Tahukah anda tentang rayap ???”

  1. jimy affandi says:

    Mas adi, ternyata rayap itu punya ratu yaa? kayak kerajaan aja ya? iku tentarane kerjane opo ,mas ? salam

    • Adi degreen says:

      Salam kembali Mas Jimy. Memang benar, rayap itu hidupnya berkelompok / berkoloni. Mereka mempunyai tugas masing-masing. Kalau tentara tugasnya menjaga koloninya dari serangan / ganguan koloni / kelompok lain. nuwun

    • Adi degreen says:

      Salam kembali Mas Jimy. Memang benar, rayap itu hidupnya berkelompok / berkoloni. Meraka punya ratu yang tugasnya hanya bereprodukdi terus menerus. Mereka mempunyai tugas masing-masing. Kalau tentara tugasnya menjaga koloninya dari serangan / ganguan koloni / kelompok lain. nuwun

  2. Agung says:

    Saya kerja di Apartemen mas, kok bisa ya rayap sampai di lantai 20. Tapi lanti satu sampai dengan 19 aman tidak terlihat rayap ?

    • Adi degreen says:

      Iya mas Agung. Rayap memang bisa sampai ke atas. dia akan terus bekerja untuk mencari makan seperti kayu, kertas dll. Terlebih lagi bila di area tersebut lembab karea bocor atau lainnya, maka area tersebut disenangi rayap.

      • Yoyo.S says:

        Yth Mas Adi, saya pengen tahu untuk membasmi kayu & kertas supaya tidak di serang rayap apa obatnya ? Matur nuwun lan salam kenal saking sedulur Purworejo ing tlatah Banyumas.

        • Adi degreen says:

          Salam mas Yoyo : saya pilah biar jelas
          1. Bagamana mengamankan kayu dan kertas supaya tidak diserang rayap?? Yaitu gudang penyimpananya di anti rayap dahulu, sehingga rayap mati dan rayap tetangga tidak datang( ini untuk rayap tanah ).
          2. Bagaimana membasmi rayap bila kayu / kertas terserang rayap ( rayap kayu ) ?? ini dengan sistem fumigasi.
          3. Apa obat / Chemikal rayap : Untuk semprot rayap bapak bisa beli di material merk dagang LENTREK 500 EC dan yang lebih bagus lagi Merk PREMISE 200 SL. caranya lihat petunjuk / brosur. Matur nuwun

          • Yoyo.S says:

            Trima kasih Mas Adi atas penjelasannya, akan saya praktekan, Nuwun sewu Mas Adi domisili di mana?

  3. Adi degreen says:

    Kulo domisili wonten Tangerang. Mas Yoyo wonten pundi manggene??

  4. george says:

    wah saya baru tau lo pak, klo rayap kayu dan rayap tanah itu beda. perbedaannya dimana pak? trus pbat anti rayapnya apa harus beda juga. maaf saya banyak tanya. salam kenal ya pak. saya lihat blognya bagus

    • Adi Degreen says:

      Salam kenal kembali mas George :” Memeng rayap kayu dan rayap tanah berbeda. Untuk membedakannya terutama pada tempat kayu yang diserang .
      1. Kalau rayap kayu, maka dibawah kayu atau furniture kita yang diserang rayap terlihat bubuk-bubuk halus seperti debu/ pasir. kalau orang jawa sering menyebut ( sesek ).
      2. Kalau rayap tanah, maka kayu yang diserang terdapat tanah – tanah atau biasanya ada jalur rayap dari tanah naik ke tembok, atau ke kusen pintu jendela.

      Kalau masalah obat rayapnya bisa juga sama. Contohnya merk PREMISE 200 SL Bayer German.
      terimakasih. Adi

  5. uwan says:

    mas adi aku mo tanya? kenapa sih pas habis hujan diwaktu tertentu laron datang menghampiri cahaya lampu..kenapa seperti itu?

  6. Adi Degreen says:

    Mas UWAN : Laron datang ke lampu karena :

    1. Dia memang termasuk serangga / binatang kedap cahaya atau senang terhadap cahaya.
    2. Dia terbang / keluar mayoritas ketika musim hujan
    3. Dengan adanya laron, maka derah tersebut dipastikan banyak rayap.
    Sekian dan maturnuwun. ADI

  7. ryo says:

    mas. saya mau tanya. kalau rayap muncul ke permukaan dan sudah menjalur . apa kita cuma mempertisida di area yg bermasalah saja? apa ada teori logikanya untuk menekan jalur / penyebaran rayap yg sudah muncul dan menjalur? setau saya kalau rayap itu indra penciumannya kuat sehingga bau obat terdetekai mereka pindah jalur. terima kasih

    • Adi degreen says:

      Salam kembali mas Rio,, saya coba menjawab beberapa pertanyaan:
      1. Rayap yang sudah muncul kepermukaan /sudah ada jalur rayap maka bisa dengan pestisida / racun rayap yang di suntikan kedalam lubang / sekitar area jalur rayap tersebut.
      2. Dengan racun yang disuntikan kedalam tanah tersebut maka dapat membunuh rayap yang ada sekaligus mencegah penyebaran rayap.
      3. Ada beberapa jenis racun rayap yang tidak mampu terdeteksi oleh rayap kalau dia itu racun. Nahhhh, kalau membasmi rayap dengan jenis racun tersebut akan sangat berhasil sekali
      4. Bahkan skarang membasmi rayap ada dengan sistem umpan, yang dapat membasmi rayap sampai dengan tuntas. Matur nuwun.

  8. nikma says:

    Saya mau penelitian tentang pestisida alami terhadap mortalitas rayap, saya pake ekstrak kulit kedondong rencananya mas, Bagaimana menurut mas Adi ? masih bingung nentuin jenis rayapnya buat samplenya. Trimakasih

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2013 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net