Kopi Blungkeng

  1 - Mar - 2013 -   slamet_darmaji -   2 Comments »

Dijaman ini produk olahan kopi banyak sekali ragam dan merek bahkan kopi dengan kualitas tinggi harganya pun mahal, akhir- akhir ini kopi luwak sangatlah terkenal sudah banyak yang menjual di pasaran karena mempunyai keistimewaan, berikut kutipan dari Wiki Pedia tentang kopi Luwak  ‘’Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak’’ namun kopi blungkeng ini adalalah produk olahan dengan cita rasa tersendiri bagi masyarakat desa berikut ceritanya.
Suatu pagi yang cerah terjadi sebuah dialog Rani dan Darji, mereka adalah teman dekat yang suka bercanda dan apapun dalam obrolan sealu diselingi dengan canda dan tawa, bahkan hal kecilpun bisa memicu pedebatan sengit adu argumentasi dalam rangka bercanda dan tertawa, dan kata yang tepat buat mereka adalah ‘’waton suloyo’’ atau asal bisa buat berantem, kata apapun bisa buat pemicunya.
Diantara dialog meraka pagi itu adalah :
Rani : Dar,, tadi tuh gwe baru ngerjain suami gwe loh,
Darji : Kamu emang tega ama suami sendiri, gimana ngerjainnya,? ( Darji penasaran )
Rani : si Rano gw suruh ngopi,
Darji : Lah timbang ngopi aja lu bilang ngerjain,,itu mah namanya menjamu dia,..( Darji ketawa,tapi penasara juga ? )
Rani : Dengerin dulu gw cerita,,si Rano gw suruh ngopi, bikinan sendiri, dah gitu kopinya gw suruh beli sendiri, ke warung depan noh, jaraknya 2 klio meter, gak boleh naik motor atau angkot harus jalan kaki,sampek rumah gw suruh bikain air panas sendiri, boleh ngrebus sendiri, pakek tungku kayu, kayunya gw minta kayu dari batang daun kelapa / blungkeng tuh,enak kan ?
Darji : Iya yah repot amat sih, kenapa musti pakek kayu blungkeng ?
Rani : Tau nggak, kata orang tuwa kita kalok ngrebus air minum, kayu bakrnya pakek blungkeng  tuh rasanya paling enak sedep gitu loh,
Darji : Oh gitu to,,Ran ngomong-ngomong kenapa suamimu mau di kerjain kayak gitu ?
Sambil malu-malu Rani menjawab, gw kan lagi ngidam 2 Bulan,…
Darji bingung sambil garuk garuk kepala, padahal nggak gatel,,ooo gitu to Ran, jadi kalok lagi ngidam tuh boleh ngerjain suami to ?..
Darji : Adalagi yang lebih nikmat Ran kopi blungkengya, ngopi sambil disebloki ( dipukuli ) pakek kayu blungkeng,,wenak to,?…….
Warning : Cerita hanyalah fiksi, jangan percaya dengan yang anda baca, percayalah kepada hati nurani anda sendiri.
Darmaji, 1 Maret 2013

Category: blog, Tags: | posted by:slamet_darmaji


2 Responses to “Kopi Blungkeng”

  1. gunadirayap says:

    Salam mas , suwe kok ora metuuu tulisane. Lucu temen. Aku termasuk penggemar kopi. Tapi saiki rodo ati2, karena asam lambunge naik.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Hamil dan Resikonya ( Bayi di bawa makluk Halus )

25 - Mar - 2014 | slamet_darmaji | 4 Comments »

Kopi Blungkeng

1 - Mar - 2013 | slamet_darmaji | 2 Comments »

Cara Pencegahan Amandel

12 - Nov - 2009 | meds | 2 Comments »

Anak Desa dan Pengalaman dengan Pesawat Terbang

23 - Jun - 2013 | slamet wijadi | 30 Comments »

MENGENANG ‘SEKOLAH DESA’ WUNUT DI JAMAN BELANDA

16 - May - 2009 | slamet wijadi | 49 Comments »

© copyleft - 2013 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net