INFO MUDIK KE PURWOREJO

  24 - Jul - 2012 -   Mbah Suro -   7 Comments »

Mengawali bulan puasa sebagaimana biasanya saya selalu pulang kampung ke Purworejo untuk “nyekar” sebagai tradisi untuk mengenang, menghormati sekaligus mendoakan para leluhur yang sudah dipanggil Tuhan.

Saya pulang kampung sengaja mengambil route tengah, dimulai dari jalan tol Jakarta-Cikampek masuk ke tol Cipularang dan keluar di Sadang langsung mengambil arah ke Kalijati, Subang. Jalannya cukup bagus hanya sedikit sempit apalagi kalau berpapasan atau ingin mendahului kendaraan truck besar harus exstra hati-hati, route yang saya pilih ini sedikit agak jauh disbanding jalur Pantura Cikampek-Sukamandi-Patrol-Jatibarang yang konon perbaikan jalan dan jembatannya tidak kunjung selesai.

Setelah melewati Kalijati banyak tikungan dan sedikit tanjakan tetapi mengasyikkan karena melewati hutan jati dan kebun karet sehingga cuaca tidak terasa panas. Sebelum masuk ke Cikamurang dan Kadipaten anda bisa membeli oleh-oleh nanas madu yang harganya cukup murah. Selepas dari Kadipaten masuk pintu tol Plumbon kendaraan bisa dipacu kecepatannya, sampai pintu masuk tol Pejagan dan siapkan uang Rp. 21.500,- Saya mengingatkan walau jalan tol, tol Pejagan yang milik Ketua Golkar Aburizal Bakri tidak semulus jalan tol Jakarta Cikampek. Jalan tol Pejagan yang dibeton bergelombang dan tidak rata, artinya kendaraan bisa “ngetril” alias njombla-njombla layaknya orang nunggang jaran.

Begitu keluar tol Pejagan tampak terpampang spanduk besar bertuliskan arah ke Purwokerto ditutup total karena ada jalan longsor di Ciregol (Bumiayu) anda yang menggunakan kendaraan jenis minibus atau sedan tidak usah khawatir karena anda tetap bisa lewat, ada pengalihan jalan, anda diarahkan oleh “Pak Ogah” untuk masuk jalan kampung yang sebagian belum diaspal. Siapkan banyak recehan, karena setiap 20 meter banyak anak-anak dan orang dewasa yang “nyadong” artinya minta uang sebagai tanda jasa mereka membantu mengarahkan kendaraan kita. Jalan pintas tersebut sepanjang kira-kira 7-10 km dan keluar di Tonjong, selanjutnya arus kendaraan lancar menuju Ajibarang ,Wangon sampai Buntu Banyumas.

Dari Buntu Banyumas sampai Purworejo jangan harap bisa lari kencang, rata-rata hanya bisa dipacu dengan kecepatan 30-40 km per jam karena apa? Sepanjang jalan tersebut padat dengan kendaraan besar bus dan truck gandeng sehingga untuk mendahului cukup sulit, waktu tempuh Banyumas Purworejo bisa memakan waktu 2,5 – 3 jam. Yang menjadi pertanyaan berapa lama waktu diperlukan untuk menempuh perjalanan Jakarta-Purworejo?

Dua hari sebelum memasuki bulan puasa Jakarta-Purworejo lewat jalur tengah saya butuh waktu 12 jam, H-3 sampai dengan H-1 lebaran nanti saya prediksi bisa 2X lipat bahkan 3X lipat berarti antara 24 – 36 jam.

Saya sarankan kepada saudara-saudaraku yang akan mudik lebaran ke Jawa Tengah khususnya ke Purworejo bisa memilih jalur selatan Bandung-Nagreg- Tasik- Majenang- Wangon-Banyumas-Purworejo, atau tetap lewat Pantura-Pekalongan-Waleri-Temanggung-Magelang- Purworejo untuk menghindari jalan longsor di Ciregol Bumiayu. Keberangkatan H-3 sampai H-1 agar dihindari, supaya anda tidak terjebak antrian panjang dan berlama-lama diperjalanan. Semoga perjalanan anda lancar dan selamat sampai tujuan, patuhi rambu dan petunjuk petugas pengatur lalu lintas dan tetap berhati-hati dalam perjalanan.

Category: blog, Tags: , | posted by:Mbah Suro


7 Responses to “INFO MUDIK KE PURWOREJO”

  1. Nggih mBah,,Matursuwun petunjuk ipun,,dalane njombla2 koyo numpak jaran kore,,mlayune sak karepe dhewe,,hehe

  2. mas adjie says:

    matur nuwun infone mbah Suro… memang asyik lewat jalur tsb.. namun benar jika pas h-3 / h-1 macetnya ampun deh. kalo saya biasa mudik lewat jalur selatan (cipularang, nagrek, garut/tasik, ciamis, banjar,) sepanjang jln di jabar rata2 alus mulus spt jln tol.. namun masuk propvinsi jateng setelah banjar, dalane kriting. Jika pengin nuansa adventure, klo masih pagi bisa lewat jalur altenative sebelum cimanggu belok kanan, lewat cipari, nusawungu, trus jalur selatan( jalan daendels). Namun disarankan utk kendaraan benar2 dlm kondisi prima krn lewati jalan menanjak yg cukup ekstrem di daerah pantai Ayah s/d daerah pantai suwuk,(pemandangannya bagus banget) setelah itu jalan relatif datar dan lurus sampe daerah Purworejo kidul. Sampai deh kita di tanah leluhur tercinta…

    • Agung Prastowo says:

      Mas Adjie,
      Apakah jalur Cipari-Nusawungu-Daendeles rambu-rambunya cukup memadai? Takut nyasar. Saya pernah nyoba dari arah timur: Purwodadi -Ngombol – Ketawang – sampai di Petanahan (Kebumen) bingung arah ke baratnya. Akhirnya dari Petanahan ambil ke utara (Karanganyar) dan kembali ke jalur selatan gara-gara nggak ada rambu di jalan Daendeles.

  3. massito says:

    Melengkapi routenya mbah Suro, ada alternative lain, yakni setelah Kadipaten ambil kanan lewat majalengka terus menuju kawali, nanti ada persimpangan jalan yg luurus masuk kota Ciamis, yg ke kanan lewat Rancah jalan sepi mulus keluar di Cisaga dekap terminal Banjar selanjutnya jalur selatan. Bisa juga dikombinasikan ambil jalur paling selatan jl Daendeles. Silihkan pilih mana suka>>>

  4. mas adjie says:

    dear Mas Agung, memang sih Rambu2 lalulintasnya minim dan kurang mendukung utk pemudik yg blm kenal daerah tsb namun saya lewat jln tsb masih siang jadi masih nyaman utk nanya ke petugas dadakan/pramuka yg mmg pd saat itu cukup banyak. demikian mas Agung, mudiknya ke mana nih?

  5. DENIE says:

    apa klo lwt ngagrek itu jalanannya naik turun seperti di puncak? lebih nyaman mana antara lewat ngagrek atau lewat pantura? untuk pemula dan baru bisa nyetir?

  6. Mbah Hardjo says:

    lha Tolnya Ketum Golkar yang di Pejagan yang untuk perjalanan rakyat aja gak mulus selalu goyang bagaimana nantinya untuk membawa rakyat Indonesia ? minimal ratain dululah

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Perencanaan Mudik Lebaran

11 - Aug - 2009 | Cah-DkDungus | 8 Comments »

Heboh Katolik di Musim Kampanye

29 - Jun - 2009 | masdodi | 9 Comments »

Triwarno, Banyuurip, Purworejo

21 - Dec - 2010 | triwarno | 20 Comments »

PILKADA

30 - Jan - 2009 | lentera-ijo | 4 Comments »

info bisnis… INSYA ALLAH…

8 - Apr - 2008 | cahloano | 2 Comments »

© copyleft - 2012 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net