Mengapa harus takut kepada orang yang sudah meninggal,,?

  16 - Jun - 2012 -   slamet_darmaji -   No Comments »

Orang yang sudah meninggal adalah mayat dan nyawanya sudah tidak bersama tubuhnya dan nyawa/arwah itu katanya bisa melihat kita namun kita tidak bisa melihat nya, konon ceritanya nyawa/arwah masih berada di antara kita, seandainya kita menangis dia juga bisa ikut menangis dan malam hari ketika habis di kubur konon katanya ia masih pulang ke rumahnya.

Sebelum melanjutkan cerita ini mau sedikit berbagi cerita yang lain dulu begini :

Ada seorang banci ikut ngobrol tentang orang yang meninggal..
Selesaì orang ngobrol,,
Banci bertanya sama pak Aji,, pak_ pak..
Kan kalo prempuan yg meninggal di sebut ,,ALMARHUMAH..
Kalo laki-laki disebut ALMARHUM..
Tapì Gimana kalo banci yang Meninggal ??..Disebutnya apa pak Aji ??
Trus pak Aji agak lama brfkir…
Terus menjawab..
Kalo banci yg meninggal disebut….. al,,,,AL’MUNIUM..
Banci Langsung Ngeloyor pegi Sambil Ngoce ngoce.,
Aq nie BANCI pak bukan PANCI,,,Tapek deh,,,,,,hehe,,

Ok sekedar intermeso,,kembali ke cerita awal,aku sendiri kadang heran kenapa kalau habis ada orang meniggal terus pada takut keluar rumah? Apakah mereka takut dengan nyawa orang yang meninggal tadi yang mereka pikir menjadi hantu? Atau apa ? heran kan?

Aku pernah menulis sebelum ini dengan judul ‘’Teman-Teman dekat yang meninggal di Jalan Raya’’ ketika temanku OR Sinaga meninggal malam harinya di mes tempat tinggal kami teman semua pada mengungsi dengan alasan takut sama OR Sinaga yang malam itu nyawanya/arwahnya akan pulang, sehingga mereka pada nggak berani tidur di mes, tinggal aku dan pak Mugiri ( Supervisor ) yang masih tersisa dan tidak takut akan hantu atau nyawa teman kita yang konon katanya akan pulang malam itu, aku tidur sendiri di ruang balai yang biasa kami tidur rame-rame, dan malam itu tinggal aku sendiri, pak Mugiri sendiri tidur dalam kamar, sampai dengan 3 hari berturut-turut, lalu hari ke empat kelima keenam, satu demi satu teman kami pulang kembali berani tidur di rumah, di situlah aku terheran heran akan mereka yang begitu takut akan sesuatu yang,, ahhh aku sendiri masih bingung apa yang merek pikir tentang orang yang sudah meninggal sehingga mereka pada takut pulang ke rumah.

Mungkin perlu suatu pemahaman tentang hantu atau nyawa orang yang sudah meninggal, suatu pemahaman bahwa kita tidak musti takut dengan dunia tak kasat mata baik itu yang dikatakan hantu ataupun nyawa orang yang sudah meninggal yang konon ceritanya masih ada diantara kita sampai dengan empatpuluh hari sejak meninggalnya, mereka tidak bisa menyentuh kita, karena dunianya sudah berbeda, kalaupun mereka bisa menyentuh kita, jika kita tidak mengganggunya semestinya mereka juga tidak mengganggu kita.

Menonton acara ‘’Dua Dunia’’ yang bisa dilihat di youtube.com mungkin bisa sedikit memberikan pemahaman tentang dunia mereka para makluk tak kasat mata, dan pemahaman antara makluk jin dengan arwah orang yang sudah meninggal adalah tidak sama.

Mungkin diantara teman teman ada yang akan komentar :

Wah La sampean orangya pelor, kalau nempel bantal langsung molor,,?

Atawa, sampean kalau tidur ngebo, kalu tidur terlalu pulas jadi nggak ada terjaganya / nglilirnya,,?

Apapun pendapat anda, cerita diatas adalah pendapat pribadi atau opini pribadi saya, yang sampai sekarang masih terheran heran dengan fenomena ketakutan tadi.

Untuk sedikit memberi pemahaman, bahwa kita tidak usah terlalu takut kepada mereka yang ada di dunia lain, ber doa minta perlindungan Tuhan adalah jalan terbaik untuk lebih menenangkan fikiran kita dan menjauhkan kita dari rasa ketakutan itu.

Selamat beraktifitas & Salam

Slamet Darmaji, 08 Mei 2012

Category: blog, Tags: | posted by:slamet_darmaji


Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Jaman Sekolah nang nDesa

28 - Jan - 2015 | slamet_darmaji | 11 Comments »

“SEKOLAH ONGKO LORO” DI AKHIR JAMAN PENJAJAHAN BELANDA

24 - May - 2009 | slamet wijadi | 13 Comments »

Kanthong Macan Mbah Mijem ( Cerita bahasa Jawa )

23 - Sep - 2014 | slamet_darmaji | 5 Comments »

Selamat Idul Fitri 1431 H

9 - Sep - 2010 | meds | 1 Comment »

Kemiskinan di Kabupaten Purworejo

27 - May - 2009 | masdodi | 21 Comments »

© copyleft - 2012 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net