BANDARA CONGOT AKAN TERWUJUD????

  4 - Jun - 2012 -   massito -   2 Comments »

Beberapa tahun yang lalu pernah ku dengar Bandara Congot akan dibangun untuk menggantikan Bandara AdiSutjipto Yogyakarta, bak mimpi disiang bolong, selanjutnya bagaikan angin lalu.
Beberapa saat kemudian aku pernah ketemu seseorang yang sedang mencari investor untuk membiayai Bandara tersebut. Melihat sikap orang tersebut aku tidak yakin, selanjutnya semua berita yang berkaitan dengan perpindahan Bandara Congot berlalu bersama waktu.
Akhir-akhir ini berita tersebut muncul kembali, tingkat keseriusannya semakin tinggi, bahkan beberapa orang yang patut dipercaya mengatakan bahwa tahun 2012 segera dimulai pembangunannya.
Setahu saya dipantai Congot memang sudah landasan pesawat tempur angkatan udara, kalau dilihat lokasinya adalah dipantai selatan perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah atau lebih tepatnya perbatasan antara Kabupaten Kulon progo dengan Kabupaten Purworejo, yang dipisahkan oleh kali Bogowonto.
Tentunya tidak akan ada asap kalau tidak ada api, begitu juga berita-berita ini, mestinya juga bukan isapan jempol belaka. Kalau seandainya proyek itu jadi laksanakan, setidaknya akan menggerakkan perekonomian 2 propinsi yang berbatasan yakni DIY dan JATENG. Memang kalau dilhat dari lokasi Bandara yang ada sekarang yakni di Meguwo jarak kekota Yogyakarta akan menjadi jauh paling tidak ada 40 km, sebaliknya orang2 disekitar Congot bandara ini menjadi sangat dekat. Sarana transportasi dari kota Purworejo menuju Purwodadi pasti akan menjadi lebih hidup dibandingkan dengan keadaan sekarang. Apalagi dengan adanya jalan Daendeles yang mulai banyak peminatnya, khususnya orang yang akan menuju Kebumen dan seterusnya pasti akan menjadi lebih lancar.
Persoalannya apakah daerah sekitarnya mampu memoles sarana dan prasarana yang menghubungkan dengan bandara baru tersebut.
Aku optimis bahwa daerah2 akan sangat mendukung keberadaan Bandara baru tersebut, karena selain menjadi sarana transportasi, daerah sekitarnya juga akan terangkat menjadi daerah tujuan wisata,yang dampaknya akan meningkatkan ekonomi daerah sekitarnya. Selain itu karena ini merupakan proyek Kementerian Perhubungan dan daerah pasti akan ditangani lebih serius, aku sih berharap jangan di gerogotilah proyek ini, sebagaimana proyek Hambalang, biarlah berjalan sesuai dengan rencara.
Mari kita doakan bahwa bandara tersebut dapat terealisir, supaya para warga Purworejo yang sering naik pesawat turun di Adi Sutjipto akan menjadi lebih dekat, kalau kepepet waktu bisa naik ojek.
Para investor daerah dapat menanamkan dananya untuk pengembangan usaha disekitar daerah tersebut.
Semoga menjadi kenyataan. pursito

Category: blog, Tags: | posted by:massito


2 Responses to “BANDARA CONGOT AKAN TERWUJUD????”

  1. Raf says:

    Pak Purs,
    sekitar bulan Maret lalu saya ke Jogja, dan menurut informasi yang saya dapat pembangunan bandara baru segera dimulai mengambil lokasi di jalur jalan Jogja – Purworejo. ( titik pasti-nya kurang tahu ). Disamping bandara, daerah sekitar situ juga akan ada penambangan bijih besi skala internasional.

    Purworejo tentunya akan kecipratan sarana pendukung baik langsung ataupun tidak langsung… mudah2an semua membawa kemanfaatan…

    salam

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2012 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net