Cerita tentang Blogger Purworejo

  11 - Mar - 2012 -   meds -   14 Comments »

Sudah lima tahun keberadaan Blogger Purworejo (BP). Sebelumnya, blog ini yang beralamat di forumpurworejo.blogspot.com pertama kali diluncurkan Juni 2007. Lima tahun perjalanan, lima tahun perjuangan, lima tahun naik turun semangat.

Blog ini dibuat dengan niat baik: sebagai wadah komunikasi warga Purworejo di manapun berada. Fungsi ini terlihat sudah berhasil. Ada beberapa warga Purworejo yang berhasil menemukan teman-teman masa sekolah yang sudah puluhan tahun tidak pernah bertemu. Banyak yang merasakan manfaat kehadiran blog ini sebagai tempat bertukar pikiran, pengalaman, atau cerita.

Ada Bapak Slamet Wijadi, yang menjadi sesepuh BP. Beliau masih menyempatkan diri mngirim tulisan dan dengan sabar membalas komentar. Juga untuk Pak Gunarso, wartawan senior Pos Kota yang legendaris dengan rubriknya: Nah ini dia. Juga untuk Mbah Suro, yang meski usia boleh tua tetapi semangat tetap membara, Pak dr Indro Saswanto, yang masih setia memantau perkembangan blog ini, Pak Hasmaji, Pak Sugeng Rahmadi yang jauh-jauh dari Tangerang menyumbang Stiker dan PIN BP, Pak Pursito, Pak Widi Santoso, Mas Raf, Mas Eko Juli, Mas Dodi, Kang Tri, dan banyak warga Purworejo yang mungkin hanya menjadi “silent reader”. Sahabat-sahabat saya: Mas Anton dan Mas Agus, yang membantu ketika blog ini kritis. Dukungan kalian semua sangat berarti.

Perjalanan blog ini tidak mulus. Pernah beberapa kali dikerjai orang dengan aksi “deface”, seperti terjadi pertengahan Maret lalu. Karena terjadi di akhir minggu, baru hari Senin saya menyadari kalau halaman depan sudah berubah tampilanya. Untunglah database masih aman. Sehingga dengan me-restore file backup, sore harinya tampilan sudah kembali.

Karena aksi “deface” ini juga saya harus menghapus semua email (termasuk yang berisi pemesanan kaos). Kapastitas hosting sudah penuh, sementara saya harus mengembalikan file back-up, terpaksa email-email dari para simpatisan Blogger Purworejo terhapus semua. Jadi, mohon maaf, mungkin ada yang memesan kaos, bertanya, request menjadi anggota sebelum Maret 2012 data email sudah terhapus. Saat ini, email sudah saya pindahkan ke google apps, jadi tidak khawatir memenuhi hosting. Dan selanjutnya, semoga email-email yang masuk bisa saya balas satu-persatu.

Blog ini pernah ramai sekali, pernah sepi, dan lebih banyak datar-datar saja. Blog ini mempunyai sekitar 4000 user terdaftar. Memang, yang mau mengirim tulisan hanya sedikit, tapi saya yakin, yang memantau banyak.

Dengan adanya Facebook yang menyajikan pencarian cepat untuk pertemanan juga menjadikan blog kurang populer. Muncul juga beberapa perkumpulan warga Purworejo, yang paling ramai: Cah Purworejo Perantauan, Paguyuban Wong Thorjo: Pakutho, dan terakhir: PAGAR (paguyuban Grabag Purworejo).

Semua saling melengkapi. Facebook dengan kelebihan untuk pertemanan menyajikan alat yang cepat menemukan teman-teman satu daerah, sekolah, atau minat. Tapi blog ini juga tetap punya peran, sifat blog yang bisa mengarsip tulisan dengan baik menjadikan blog ini tetap bisa dikunjungi untuk menemukan tulisan-tulisan dari pertama blog ini ada sampai sekarang. Buktinya, kunjungan per hari tetap bisa bertahan di kisaran 250 unique user per day.

Memang, semangat sering naik turun, juga dalam mengelola blog ini yang sambil jalan. Ada kalanya semangat ada, ada kalanya karena banyak pekerjaan atau memamg sedang malas, blog terbengkalai. Untunglah blog ini tak memerlukan harus dijaga 24 jam, karena untuk sekedar menangani komentar, blog ini sudah bisa.

Tapi bagimanapun, harapannya, blog sederhana ini tetap eksis kedepan, sehingga tetap bisa menjadi wadah komunikasi warga Purworejo dimanapun berada. Untuk kemajuan Purworejo dan mengenalkan kepada dunia.

Kalibata – 11 maret 2012 – 02.05

Category: cerita, Tags: | posted by:meds


14 Responses to “Cerita tentang Blogger Purworejo”

  1. Dwi Tiyang Jawi says:

    To Admin: Terus eksis, karena sumber informasi bukan didapat dari satu atau dua sumber, dan terus menjaga komitmen persaudaraan. naming sagedh nderek urun rembuk mekaten kemawon nggih mas Admin…

    Salam
    Dwi Tiyang Jawi
    (hometown: Banjarejo, Bayan)

  2. din says:

    Blogger Purworejo tetap hidup…

    Hidup admin..

    Salat Buat semua ..!!!

  3. meds says:

    @Mbak Dwi, maturnuwun donga lan dukunganipun.
    @Din, terimakasih dukungannya

  4. sigit widya says:

    Kula nuwun…

    Maaf, saya ikut nimbrung. Saya Sigit Widya, wartawan Tribun Jogja (koran daerah Kompas). Cukup menarik mengamati blog ini. Jika berkenan, saya mohon informasi selengkap-lengkapnya tentang BP untuk keperluan artikel di koran tempat saya bekerja.

    Matur nuwun

    Salam,

    Sigit Widya

    Ps. Saya juga mantan warga Kalibata, tepatnya di Rawajati (belakang Plaza Kalibata)

  5. Anston says:

    Tetap semangat.

  6. Yono says:

    Pernah ramai, pernah sepi, lebih banyak datar datar saja…. tapi saya selalu menyempatkan diri seminggu dua tiga kali nengok ke BP, dan kayanya banyak juga yang seperti saya hanya sekedar menengok, harapan saya tentu BP lebih semarak kedepan, selamat bergabung Mas Sigit Widya, ditunggu tulisannya. Kangen dengan tulisan tulisan Pak Slamet Wiyadi, Mas Gun dll.
    To Admin : selamat, lustrum BP, tambah semangat Mas Meds.

  7. saya malu nih…sebagai yg pernah daftar disini..tapi jarang mampir kesini,maaf buat admin…moga bisa eksis disni lagi…

  8. mrpend says:

    maju terus blogerpurworejo
    mantab

  9. suwarto says:

    anak tegalrejo endi kok ora mbuka bp opo kabare kabeh

  10. Anston says:

    begitu banyak cerita setelah mengenal blogger purworejo,”salam kenal” Buat semua pengunjunga BP semuanya.

  11. haryadi says:

    Mantap!!!! maju terus BloggerPurworejo…Amin

  12. mas adjie says:

    salut utk blogger purworejo… salam utk bpk slamet wiyadi c.s… dan admin… salam kenal,, sy keturunan purworejo /sidomulyo,, istri Bagelen.

  13. kasiyat says:

    segung ndalu sugeng patepangan,,,nderek hangayu bagyo mugi BP terus exsis lan saget damel tempat kumpulle wong pordjo….

    salam
    Kasiyat PASARANOM

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2012 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net