Golek Iwak Sobo Kali

  11 - Jul - 2011 -   massito -   4 Comments »

Bagi Remaja tahun 60 an dan 70 an yang tinggal di daerah Wingko, cari ikan sudah biasa ada yang cari di Kali ada yang cari di Sawah, karena ketika itu ikan masih banyak. Dan sangat mudah untuk mendapatkan ikan dengan berbagai alat dan cara.

Ketika itu aku masih SR kemudian masuk SMP. Sebelum berangkat sekolah atau sebelum sekolah kebiasaan ku selain membantu orang tua di sawah juga mencari ikan. Berhubung waktu itu aku sekolah di SMP Marhaen Wingkoharjo, aku berangkat cukup berjalan kali. Kembali soal mencari ikan, kebiasaan waktu itu adalah dengan Pancing, biasanya dapatnya sedikit, karena umpannya cuma pakai cacing, ini dilakukan oleh anak-anak,dan ini musim-musiman.

Ada juga yang memakai jala, di ini dilakukan oleh orang tua, karena jalanya besar dan berat, biasanya dilakukan dikali pada waktu kali asat. Ada juga menggunakan wuwu, ini biasanya dipasang di air yang mengalir, caranya sangat mudah tidak perlu ditunggui, karena dipasang sore baru paginya diangkat

Category: blog, Tags: | posted by:massito


4 Responses to “Golek Iwak Sobo Kali”

  1. Gunarso Ts says:

    Mas Masito, di daerah kita Kec. Ngombol, cari ikan di kalen biasa disebut tawu, kan? Itu kegemaran anak kampung pada umumnya. Di Pulutan desaku, menjelang musim kemarau di mana debet air mulai menyusut drastis, anak-anak ABG suka tawu. Saat air mulai mongering dan ikan-ikan itu nampak “pating cuwok”, ah bahagianya selangit. Nanti di rumah makan berlauk bumbu rujak lombokan atau lele, bukan lagi impian.
    Dalam dunia pertawuan, ada istilah “mecuk”, yakni mencari ikan ketika para penawu sudah mentas. “Gambas” yakni akar-akar di tebing kalen, “kebur” yakni mengaduk-aduk air kalen hingga keruh, sehingga ikan cakul bermunculan, lalu “kepatil”, yakni ketika tangan kita terkena duri senjata ikan lele. Sakitnya bukan main, tuh. Kira-kira sama nggak istilahnya di Wingko? (gts)

  2. mas sito says:

    Golek Iwak bisa dilihat dari 3 aspek :
    1. Aspek hiburan, kita bisa riang gembira adanya senang, senang dan senang.
    2. Aspek ekonomi, kita bisa memenuhi sebagian kebutuhan hidup, karena kita tidak perlu membeli Iwak, atau ada juga yang kemudian dijual, untuk memenuhi kebutuhan lainnya.
    3. aspek pendidikkan, karena kita terdidik mulai ikut bertanggung jawab terhadap kebutuhan orang tuanya.
    Tapi yang jelas happy, ada tip kalau kepatil lele, yakni di kencingi, dijamin manjur, tidak kaku, ini sudah aku alami sendiri. Persoalannya sekarang sudah tidak ikan, akibat semprotan obat, ikan hanya hidup satu musim saja.

  3. teguhjiwo says:

    wah, kegiatan yg sangat mengasyikkan, kelingan wektu aku nggolek iwak dg cara mancing ngluthik, ngluthik merupakan mancing dg pakan yang sangat special, mungkin para pakar mancing tau ttg ini,lokasi yang sangat strategis (hot spot) di kali Triwarno, ngenthak wingko sampai cokroyasan.Biasanya para pemancing dari Triwarna belomba mancing. Perlu diketahui bahwa mancing ini pernah dilakukan pencampaian rekor ala rekor kampung, dengan rekor mancing selama 12 jam mendapat ikan lima ratus ekor .Kalau saya sendirijuara ke dua(he he he bukan nyombong)ya itulah nostalgia yang tak terlupakan, sampai sekarangpun kalu mudik kita masihjuga manching ngluthik.

  4. untung says:

    aku juga kangen g0lek iwak ning kali wunut kelingan koncoku jarmono lan lain nya koncoku sing sekalah ning pucang gading wunut lan pak guruku sing tak ingat bapak guru giso wunut.lan bapak guru jeman wunut salam kangen lan salam hangat selalu. kanggo konco konco SD PUCANG GADING.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Kuburan Gedong Magrong Magrong

16 - Jun - 2012 | slamet_darmaji | 2 Comments »

Membangun Purworejo dari penciptaan blogger desa

6 - May - 2013 | indra.ngombol | 11 Comments »

ReDesign in Progress Selesai (sementara)

11 - Feb - 2008 | meds | 1 Comment »

DALANG WAYANG KULIT PURWOREJO

5 - Dec - 2009 | slamet wijadi | 108 Comments »

TES PENGACAU OTAK KIRI DAN OTAK KANAN. MAU COBA?

16 - May - 2009 | eko_juli | 38 Comments »

© copyleft - 2011 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net