Pulang ke Purworejo 3

3 - Aug - 2010 -   slamet_darmaji -   5 Comments »

Selasa 26/06/10 Jam 9.00 pagi, aku sudah sampai di Bandara Sukarno Hatta Terminal 3, terminal Baru di bandara itu, kami ada pertemuan di kantor Angkasa Pura II sampai jam 12.00, setelah makan siang jam 12.30 aku meluncur ke kawasan Cilandak KKO, dan sampai di sana jam 14.00 pertemuan dengan Clien sampai jam 16.00, aku pun meluncur ke daerah Manggabesar Jakarta dan sampai di hotel Olympic jam 17.00, setelah kami bertemu tamu sekitar 2 Jam aku meluncur pulang ke Tangerang, lumayan agak cepat aku lewat tol arah Bandara dan ambil kiri Tol baru sampai Meruya dan Puri Indah belok kanan arah Tangerang, keluar di Lippo Karawaci dan sampai lah di rumah Perum II jam 20.30. Setelah bersiap dengan perbekalan aku bersama keluarga 1Istri dan 2anak Laki laki juga 1BuDhe , jam 21.30 berangakt dengan tujuan Purworejo.

Kali ini aku lewat jalur selatan masuk dari Tol dalam kota keluar pondok Gede Barat dulu, dan mampir di Pangkalan Jati menjemput adik sepupu dan berangkat lagi masuk tol pondok gede barat langsung tembus Bandung. Perjalanan di Tol kali ini sangat mulus, semaunya tidur kecuali aku yang pegang setir, aku istirahat sekitar jam 2.00 di SPBU dengan air hangat alami selepas jalan berkelok-kelok setelah turun dari nagrek tepatnya aku nggak hapal nama daerahnya, setelah membasuh dan merendam kaki dengan air hangat alami, akupun kembali segar dan melanjutkan perjalanan, aku terasa ngantuk setelah jam 05.30, dan berhenti di SPBU didaerah Wangon, aku sempat tidur kira kira satu jam, dan aku pun melanjutkan perjalanan kali ini aku nggak bisa memacu dengan maximum kendaraan karena hari sudah terang, banyak pengendara sepeda dan sepeda motor di sepanjang jalan, hari kerja, sesampai di Kebumen kuranglebih Jam 7.30, kami pun mampir di alun-alun Kebumen untuk mencari sarapan pagi, kemudia setelah sarapan di pinggir alun-alun kami melanjutkan perjalanan, sesampai di Purworejo Rabo jam 10.00 Pagi, di rumah sudah penuh dengan para tetangga yang pada Lagan ( Membatu memasak ).

Hari rabu, karena itu adalah hari kerja dan aku juga masih punya tanggungan pekerjaan yang bisa aku kerjakan dimana saja aku berada yang penting ada sambungan internet, aku coba nyanbung dengan kartuku Indosat M2 yang unlimit 100ribu/bulan loh,, ( bukan promosi ) di rumah PakDhe namun gagal akupun lari ke Purworejo, cuaca lagi hujan saat itu akupun mencoba Wifi di depan kantor telkom purworejo karena cuaca hujan aku terpaksa membuka laptopku di dalam mobil, aku coba pake M2 dapatnya sinyal EDGE karena ragu dengan speed akhirnya kucoba aktifkan wireless dan waahh,, ternyata line Wifi  ada 5 yang nongol namun Cuma satu yaitu punya kantor telkom yang tertera Gratisan,, akupun nyambung dengan sinyal penuh berharap bisa ngebut karena batteryku limitnya Cuma setengah jam, namunketika loading ternyata speednya lemot alias lambat, dan battery keburu teriak,, akhirnya aku lari juga ke warnet dekat terminal lawas. Dan lancar bisa buat  kerja.

Hari kamis aku iseng buka laptop di rumah dan coba nyambung dengan M2,, dan ternyata bisa dapat sinyal walaupun Cuma GPRS  walaupun lambat ternyata masih bisa buat kerja.

Kali ini aku pulang ke Kalirejo, Bagelen, Purworejo dalam rangka nduwe gawe ( punya hajat ) yaitu Mantu ( Resepsi Pernikahan ) Adik perempuan 29/06/10 bertepatan dengan Hari Raya Waisak, dan sebagai wakil Bapak Suwargi ( Alm. ) , aku pun menjadi Wali dari adik perempuanku, namun karena pulang dengan kesibukan yang teramat sangat, jadinya pulang selama empat hari di rumah, rasanya cuma sekejap.

Ya,, walau rasantya cuma sekejap aku sangat menikmati kepulanganku saat itu, karena bertemu dengan sanak saudara semua berkumpul di rumah, baik yang satu Desa maupun yang dari lain Desa, karena dari acara itulah kembali terjalin silahturahmi antar saudara dan tetangga.

Sabtu pagi, aku bersama adik adiku mengantar Om Tugiman ke Setasiun Kutoarjo, ya,,, walaupun Cuma ke setasiun aku sangat ingin ikut bersama karena sekalian bernostalgia di stasiun Kutoarjo, jam7.00 setelah membeli tiket kereta kami pun mencari sarapan karena kereta berangkat jam 9.00, tidak jauh di depan setasiun ada warung makan dengan menu khas kesukaanku, oseng tempe dan kulit melinjo, lauknya belut goreng, uenake rek,,.

Sepulang dari Kutoarjo aku, istri dan anak-anak kali ini ke pasar Krendetan untuk mencari oleh-oleh khas Krimpyeng / Lanthing dan Gulajawa dan Growol, pasar Krendetan sudah agak sepi karena sudah siang, sepulang dari pasar Krendetan di rumah semua tratakan / tenda sudah di bongkar oleh para tetangga, ya,, gotong royong masih sangat kental terjalin di Desa kami.

Siang Jam 11.30 kami rombongan, Aku sekeluarga 4Orang, adiku Wisnu Sekeluarga 2Orang , Hartik Sekeluarga 2Orang ( Penganten Baru ) mas Eko dan mas Heru sekeluarga 7Orang, mas Radik sekeluarga 3Orang, meluncur ke pantai yang dulunya aku nggak kenal karena dulu terasa jauh dibanding pantai Congot, tapi sekarang menjadi lebih dekat dari desa kami,, ya,, pantai Jatimalang,, rute dari Bagelen ke Kredetan, perempatan pasar Kredetan belok kanan, setelah menyeberang jembatan baru diatas sungai Bogowonto, ya,,jembatan itulah yang membuat kami lebih dekat, sampailah di perempatan pasar Purwodadi, dari perempatan Purwodadi belok kiri, setelah 2 kilo ada pertigaan dan belok kanan, lurus terus kira kira 2 kilo lagi ketemu jalan Dandeles dan dengan memotong jalan Dandeles masuklah jalan desa yang kecil hingga kira-kira satu kilo ketemulah Pantai Jatimalang, di sana ada pelelangan ikan dan banyak terdapat restoran sea foot dengan menu faforit bakar ikan caaklang.

Karena adik ku sudah langganan di warung Yu Pesek ( Kakak perempuan yang hidungya Pesek ) kamipun sudah memesan by phone terlebih dahulu ya,, menu2 masakan  ikan  ditambah cah kangkung olehe methiki dhewe, maklum bakule orakober ( Maklum tukang masaknya lagi sibuk, jadinya cah kangkung pun kami motongin kangkung sendiri ) ikan bakar cumi, goreng tepung, udang saus tiram, cah kangkung sudah siap, ngak lama kemudian pesta ikan di mulai,, ahhh uenaknya.

Tak terasa waktu sudah menunjuknan jam 14.30 setelah kami dan rombongan menengok Pantai selatan tilek Nyai Roro Kidul, aku dan kakak sepupu mas Heru berangkat ber iringan dari Pantai Jatimalang menyusuri jalan Dandeles ke arah barat sampai dengan daerah Gombong, dengan catatan kondisi bensin Full Tank karena dari Jatimalang sampai Gombong tidak akan ditemukan yang namanya SPBU, dari Gombong kami lewat jalan raya jalur utama dan setelah Wangon kami belok ke utara dan lewat jalur utara sampai di Cirebon aku beristirahat di peristirahatan Tol Cirebon, sementara aku terpisah dengan mobil mas Heru, kakak sepupuku di Tol Cirebon, akupun tertidur kuranglebih 1 Jam, setelah aku terbangun oleh anakku, akupun melanjutkan perjalanan, sampai di pamanukan aku ngantuk berat lagi dan tidur lagi di SPBU dan mungkin ada 1 Jam, setelah segar kembali aku melanjutkan perjalanan, dan sampai Tol dalam kota Jakarta jam 05.30an, begitu masuk tol kebon jeruk ngantukku kumat lagi, akupun minta di eleus-elus sama makne bocah ( Istri ) dan minta di pijeti sama anak-anak hingga keluar Tol Karawaci.

Minggu pagi jam 06.30 aku dan keluarga sudah sampai lagi di Tangerang, ahhh,., perjalanan yang melelahkan, tapi menyenangkan.

Category: blog, Tags: | posted by:slamet_darmaji

5 Responses to “Pulang ke Purworejo 3”

1. Mas slamet, cerita perjalanan pulang kampung ditambah makan ditempat Yu Pesek Jatimalang adalah tempat kulinarku setiap pulang kampung, harga makanannya murah (kok jadi promosi Ki), serasa dirumah sendiri, habis Yu pesek sibuk masak wah pokoe eunak tenan

2. @Mas Wahid,, Sekalian promosi nggak papa,, kan mempromosikan daerah dan warga kita,, tentang kreatifitas mereka,,yang saya pun salud dengan mereka2 yang kelihatan bisa memanfaatkan peluang dan menambah rame wisata pantai Jatimalang tsb..thanks for your coment..

3. din says:

Klu Ceritanya disertai Foto pasti lebih kerent,,

-Bgmn acara Pengantenan
    -Ft pantai Kalai Malang
    -Ikan bakarnya..
    -Trims Pak Slamaet Family..

4. mampir kesini jadi ingat dulu waktu tahun 2005-2006, waktu saya ikut tinggal dan kerja di purworejo… :)
    kangen purworejo jadinya…

5. Cahyo Wibowo says:

Wah iri kami mbayangke begitu rukun dan meriah keluarga besar panjengan. Walaupun saudara-saudara telah hidup bertebaran di kota-kota besar tapi tetap menyempatkan pulang kampung, yang nota bene daerah tenang dan nyaman. klihatannya enjoy banget gitu.
    Oh ya di daerah situ ada rumah yang dijual gak ya?