Gaji Hanya Numpang Lewat, Habis Dalam Sebulan

  14 - Jul - 2010 -   Anu Dhihasto -   11 Comments »

Hal-Hal Yang Dapat Menguras Kantong Kita :

1. Suka Dengan Hal Yang Berbau Kredit (Hutang)
Jangan bangga dengan kartu kredit. Banggalah dengan kartu debit. Jangan mudah mengambil kredit atas barang-barang kreditan yang mungkin tidak mampu terbayar semua. Kreditlah hanya yang penting saja seperti rumah tempat tinggal dan kendaraan.

2. Selalu Ingin Tampil Trendy Dan Gengsi
 Rasa gengsian dan ingin pamer merupakan ladang bisnis bagi para pengusaha dalam menjebak konsumen. Konsumen ditawarkan berbagai jenis produk yang mereknya terkenal, harganya mahal dengan kualitas yang mantap. Dengan menghilangkan rasa gengsi dan tampil apa adanya tanpa menghiraukan harga dan merek maka pengeluaran dapat ditekan.

3. Senang Ingin Jadi Yang Pertama Dengan Yang Terbaru
 Hati-hati dengan keinginan untuk selalu menjadi pemakai yang pertama, karena biasanya harga barang yang baru seperti handphone lebih mahal ketimbang harga setelah setahun atau lebih. Sebenarnya kita tidak perlu selalu gonta-ganti handphone selama masih bisa dipakai dan baik kondisinya.

4. Terlalu Fanatik Dengan Hobi Mahal
Bagi anda yang punya hobi mahal seperti koleksi benda-benda mahal, balap mobil, jalan-jalan ke luar negeri, wisata kuliner ke restoran mahal, memelihara binatang langka, sebaiknya mulai beralih ke hobi yang lebih murah seperti merajut, mengoleksi perangko bekas, memasak, membaca buku, dan lain sebagainya.

5. Belanja Buta Tidak Terkendali
Ketika belanja terkadang mata bisa kecantol etalase dan berbagai tulisan penawaran khusus, diskon, paket hemat, dan lain sebagainya yang akhirnya pulang membawa barang-barang yang tidak direncanakan untuk dibeli. Buatlah daftar belanja dan taati daftar tersebut serta wajib mengacuhkan berbagai bujuk rayu tawaran penjual.

6. Sering Lupa Dengan Kewajiban Pembayaran
Dengan melupakan kewajiban-kewajiban atas pembayaran tagihan seperti listrik, telepon, air pam, pajak, dan lain sebagainya maka kita akan dihadapkan pada sanksi denda terlambat bayar yang jumlahnya mungkin bisa signifikan jika lama tak terbayar. Sebaiknya catat tagihan-tagihan anda dan bayarlah sampai lunas semua agar tidak jatuh tempo dan tidak menjadi hutang tunggakan.

7. Hobi Belanja
Hobi belanja sudah jelas merupakan hobi yang butuh uang banyak. Atasi hobi tersebut dengan membatasi kunjungan anda ke pusat perbelanjaan sesuai kebutuhan dengan berbelanja barang sesuai dengan yang ada di daftar belanja tanpa boleh membeli apa pun.

8. Terlalu Baik Pada Orang Lain
Jangan terlalu sering mentraktir teman-teman jika tidak perlu. Jangan menghabiskan uang kita untuk pacar atau pasangan hidup kita saja. Buatlah budget anggaran khusus untuk berbagi dengan orang-orang di sekitar kita agar tidak mengganggu uang yang seharusnya digunakan untuk kepentingan lain.

9. Lupa Dengan Masa Depan
Bagaimana jika anda punya anak isteri, anggota keluarga ada yang sakit keras, memasuki masa-masa pensiun akibat lanjut usia, rumah kebakaran dan lain-lain. Persiapkan mulai dari sekarang masa depan anda yang mungkin lebih sulit dijalani dari saat ini. Bayangkan masa-masa sulit tersebut dan saya yakin anda akan menyisihkan dana untuk persiapan masa sulit.

10. Mudah Dipengaruhi Sales / Trik Strategi Pemasaran
Jangan mudah termakan iklan di media massa dan para sales penjualan karena produk itu belum tentu anda sangat butuhkan. Bisa jadi anda hanya tertarik saja pada sales yang cantik/tampan saja, diskon yang besar, paket-paket murah, hadiah bonus, dan lain sebagainya.

Sekian terima kasih atas perhatian anda semoga sukses.

Category: Uncategorized, Tags: | posted by:Anu Dhihasto


11 Responses to “Gaji Hanya Numpang Lewat, Habis Dalam Sebulan”

  1. Yoyo S says:

    Assalamu’alaukum Wr Wb, Saya kalo pulang ke Purworejo cari teman yang dulu di daerah Brengkelan ( Sekitar Sekolahan Cina/THHK )waktu itu ,kok susah,tolong barang kali masih ada teman teman yang masih ingat saya, saya dulu tinggal di sebelah utaranya sekolahan tersebut ( Tukang Cukur rumah Mbah saya )sebelah utara rumah Mbah saya Pak Kirman ( Jagal sapi )teman bermain & sekolah dulu, Ipong, Wahid, Unggul, Tiyo, bejo, Rahmat, di mana sekarang?

    • Yanto says:

      @pa Yoyo: Kenalkan saya “Yanto” dulu juga anak Brengkelan, tinggal di rmh mbah Mangun Gedong dpn rmh pa Kirman Daging (Udi, Esti); rmah tkg cukur itu jg miik mbah Mangun Gedong; sptnya sy jg sdkt ingat nama2 yg anda sbtkan ( al. Unggul anak pak Legiman tentara, Tiyo, Bejo, Rahmat dll, hanya wajahnya sdh agak lupa); tapi maaf, saya mungkin lupa / atau kurang familiar dgn nama anda ya (Yoyo S, nama lkpnya siapa ya?; sy tinggalkan Brengkelan Pwr thn 72 selepas SMAN Pwr; .. tahun berapa ya pa Yoyo tinggal di Brengkelan? sekolahnya dimana? Skrg dimana?Tks.

      [Reply]

  2. Yanto says:

    Waalaikumsalam pa Yoyo: ” Kenalkan saya “Yanto” juga ex anak Brengkelan, tinggal di rmh mbah Mangun Gedong dpn rmh pa Kirman Daging (Udi, Esti); rmah tkg cukur itu jg miik mbah Mangun Gedong; sptnya sy jg sdkt ingat nama2 yg anda sbtkan ( al. Unggul anak pak Legiman tentara, Tiyo, Bejo, Rahmat dll, hanya wajahnya sdh agak lupa); tapi maaf, saya mungkin lupa / atau kurang familiar dgn nama anda ya (Yoyo S); sy tinggalkan Brengkelan Pwr thn 72 selepas SMAN Pwr; .. tahun berapa ya pa Yoyo tinggal di Brengkelan? sekolahnya dimana? Tks.

  3. Yoyo S says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb, ahirnya masih ada teman yang ingat, betul Mas Yanto, dulu saya yang tinggal di rumahnya milik Mbah Mangun Gedong, dan saya dulu ikut Simbah saya ( Mbha Surowidjojo ) tukang cukur, dulu saya sering di suruh simbah ke tempat Mbah Mangun dan tahu panjenengan, ada Pak Sukir, ada Mbak Tuti, saya ninggalkan Purworejo tahun 1969 dan sekarang tinggal di Jl. Pemuda Gang Sirgunting No. 1305 Telp ( 0281 ) 631731 HP saya 081327094741, Purwokerto – Banyumas, saya kalo pulang ke Purworejo saya di Desa Borowetan, dan kadang -2 kalo ada waktu saya main di tempatnya Mas Wahid yang masih ada di situ, o ya Mas Yanto sekarang tinggal di mana? dan Pak Sukir gi mana kabarnya, kalo g salah dulu Mas Yanto sering tinggal di Magelang. Sekian dulu Wassalamu’alaikum Wr Wb

  4. Yoyo S says:

    Nyambung Mas Yanto mungkin Mas yanto bungung nama saya dulu di kenal Sabil cilik, nama asli saya Yoyo Sakiyo, sekolahnya di SD Brengkelan.

  5. Yanto / Ery Kusriyanto says:

    Kal ga slh pa Yoyo itu yg tangannya pernah cidera (digendong ya)? pa Sukir ttp ninggali rmh mbah Mangun sp wafatnya, mba Tut di Sby jg sdh wafat; selepas sma sy ke Jkt ( kuliah, kerja) sd skrg;
    Di Pwkt ada teman nama Suprapto (pens PJKA) asal dari Boro Pwr, adiknya bernama Hardjono tinggal di Boro (Gardu Merah);saya kenal pa Suprapto krn dulu pernah bertetangga di Gg Bedeng-Manggarai Jkt ( Hardjono adiknya dia = tmn adik sy yg bernama Kuspriyo)
    Ada lagi yg tinggal di Pwkt pak Purwanto (jg pens PJKA) asal Sebomenggalan Pwr, mungkin kedua teman ini bertetangga di komplek PJKA krn keduanya pensiunan PJKA. Sya knl pa Purwanto via FB ( di FB namanya Purwanto Bayangkara, mgkn tmpt tinggal di jl Bayangkara Pwkt) .. coba aja di Add, siapa tahu anda mengenalnya sesama asal Pwr yg berdiam di Pwkt,(oraangnya cpt akrab kok).

  6. Yoyo S says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb, betul sekali Mas Yanto dulu saya yang kecelakaan kena listrik tangannya, waktu itu karena kurang pengalaman agak terlambat penanganannya menjadikan, tapi Alhamdulilah bisa pulih kembali, dan Mas Yanto dinas di mana? O ya Pak Sukir meninggalnya dah lama belum ? trus yang tinggal di dalemnya Mbah Mangun siapa, dan Mas Yanto putranya berapa ?

  7. Yanto / Ery Kusriyanto says:

    Saya kuliah di Jkt lalu dinas di PLN; pa Sukir sdh lm meninggal (bbrp thn lalu); yang menempati rmh itu adiknya pa Sukir yg dulu tinggal di Surabaya (namanya bu Supi Sudiyono); Anak saya dua (L & P) alhdllh sdh pd bs cari uang jajan sendiri;// Stlh dr Pwr pa Yoyo lsg bertingggal di Pwkt ya, aktifitasnya dimana saja? Kalau pa Sabilnya itu dulu dari Brengkelan terus kemana to, .. masih nge Band juga?

  8. Yoyo S says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb Mas Yanto, waktu itu ( 1968) saya pulang ke desa dan nerusin sekolah di ST/STM di PWR, saya ninggalkan PWR Th 1975, wah panjang perjalanan saya Mas, dan sekarang menetap di Purwokerto, anak saya 3, yang gede ( Laki-2)sudah berkeluarag anaknya 2 yang no 2 Cewek dah rampung kuliah, yang ragil baru klas 3 SMK, kegiatan saya di bidang kontruksi Mas, Mas Yanto di Jakarta alamatnya di mana, nantio sewaktu-2 sya ke Jakarta tak mampir dan Mas Sabil sudah meninggal 2 tahun yang lalu.

  9. Bali SEO says:

    namanya sudah kehidupan mas pasti terjadi hal yang demikian

  10. Yoyo S says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb, Maaf Pak Yanto, dah beberapa hari g buka Bloger Purworejo, wah ternyata banyak teman teman yang aktif nulis di bloger, saya jadi ingat untuk nulis juga ni, Pak Yanto klo mau kontak saya bsa lewt email saya atau FB, Yoyo.sakiyo@yahoo.com

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

MENGENANG ‘SEKOLAH DESA’ WUNUT DI JAMAN BELANDA

16 - May - 2009 | slamet wijadi | 49 Comments »

Kemeriahan Isra’ Miraj di Antara Bukit Bruno

14 - Aug - 2008 | ekowisata-curugmuncar | 1 Comment »

Sapi dan Kapitalisme

14 - Oct - 2008 | masdodi | No Comments »

Pameran Fotografi "Pesona Terpendam Bruno"

18 - Aug - 2008 | ekowisata-curugmuncar | 4 Comments »

Usulan Kopi Darat Forum Purworejo JABODETABEK

22 - Oct - 2008 | cahmbegelen | 20 Comments »

© copyleft - 2010 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net