Perencanaan Mudik Lebaran

  11 - Aug - 2009 -   Cah-DkDungus -   8 Comments »

Lebaran biasanya dipersiapkan dari jauh2 hari sebelumnya bahkan sebelum puasa pun sudah banyak orang yang merencanakannya untuk mudik kampung yang mana mudik lebaran merupakan tradisi yang tidak pernah luntur dimakan waktu. Mudik Lebaran dari dulu yang saya tahu merupakan kegiatan yang selalu dilakukan orang2 yang merantau dan ingin berkumpul pada hari Raya Idul Fitri.

Sebagaian orang yang berjiwa petualangan Mudik menggunakan motor yang sebenarnya  sangat melelahkan, disikapi dengan perasaan yang menggebu, serasa masih muda saja.

Tapi kalau dihitung-hitung, seberapa sih iritnya naik sepeda motor Jakarta – Purworejo? Mari kita coba berhitung. Jarak Jkt-Purworejo + 630 km dengan jalur Tengah melalui Jakarta  – Subang = 150 km, Subang – Indramayu = 150 km, Indramayu – Bumi ayu = 170 km, Bumi ayu –Purworejo = 160 km. jadi Jika motor konsumsi bbm (bahan bakar minyak)-nya rata-rata 40 km/liter, maka dibutuhkan: 630 km / 40 km/liter = 15,75 liter. Jika harga bensin Rp 4,500 /liter, maka dibutuhkan Rp 70,875,- untuk konsumsi bbm.
(Kalau dari Jalur Utara dan Selatan aku blum pernah sih) sering macet buanget kata dari rekan rekan aku yang melalui jalur itu.

Sedang untuk yang lainya bisa dihitung sendiri perkiraannya berapa untuk ini dan itunya.

Untuk pengemudinya jangan lupa bahan bakarnya. Lha ini yang rada boros. Paling tidak harus beli air minum yang banyak, terutama minuman isotonik atau mineral untuk segera menggantikan ion tubuh (duh… termakan iklan nih). Tidak lupa bawa bekal makanan atau roti untuk cadangan bila tidak ada rumah makan atau warung di pinggir jalan. Mungkin ada, tetapi bisa aja untuk jaga-jaga, terutama jika kita meragukan kebersihan dan kualitas makanan di pinggir jalan serta harga pasti akan dimainkan oleh pemiliknya.

Sedangkan untuk sepeda motornya, sebenarnya kita tidak perlu terlalu khawatir dengan sepeda motor karena pasti pada masa liburan Lebaran ini banyak bengkel dan produsen motor dan oli yang memberikan subsidi servis gratis dan menyediakan banyak sekali pos servis/bengkel. Bahkan ada yang memberikan oli gratis. Tetapi lebih baik sebelum berangkat harus dicek kondisi motor kita, terutama ban, rem dan tentu saja mesinnya. Malu dong kalau harus mogok di jalan.

Kok jadi menulis tips sih? Yang jelas mudik naik motor lebih santai dan lebih hemat tapi jangan lupa jaga keselamatan dijalan, karena keluarga dan sahabat-sahabat di Kampuang menunggu.

Selamat bermudik.

Salam,
Cah Dukuhdungus-Grabag

Category: blog, Tags: | posted by:Cah-DkDungus


8 Responses to “Perencanaan Mudik Lebaran”

  1. Purs says:

    Mudik lebaran menjadi hak setiap orang, mau pulang atau nggak pulang, mau pakai kendaraan umum atau kendaraan sendiri itu hak masing2 orang. yang penting semua harus disiapkan untuk mengatasi bila terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan. Yang paling penting tetap harus hati2. Betapapun macetnya kalau dihadapi dengan senang, semua terasa happy. Bagi yang mau pakai mobil pribadi bisa mencoba lewat jaur tengah yakni Jakarta-Sadang-subang-kadipaten-majalengka-ciamis-banjar-wangon dst. Mari kita bersiap-siap.

  2. chus says:

    halo poerdjo…apik2…amien…
    gmn? komunitas blogger ga da yang kasih fasilitas mudik gratis?
    ada yang tau ga arek2 poerdjo ada acara mudik bareng?

  3. chus says:

    halo poerdjo…apik2…amien…
    gmn? komunitas blogger ga da yang kasih fasilitas mudik gratis?
    ada yang tau ga arek2 poerdjo ada acara mudik bareng?

  4. mudik pada saat lebaran memeng mengasikkan,semuaanya serba macet,naik bis,kreto usel-uselan,yang penting jaga kondisi,jaga kantong jangan samapai kena tangan jahil,yg lebih penting kaalau pakai kendaraan umum harus selaalu waspada terhadap orang yang tdk dikenal dan pura-pura kenal,kejahatan jalanan selalu mengintai anda,kita harus selalu minta kepada yg bikin hidup supaya berangkat slamet pulang kerumah slamet amiiiiiiiiiiiin.Wasalam

  5. Nurhamid says:

    Kalo ada info mudik bareng motor dari jakarta ke arah banjar, ciamis, minta di bagi info’nya ke sodik27@yahoo.co.id atawa sms 081383782737

  6. Nurhamid says:

    Tambahan:
    motor saya honda fit x

  7. Nurhamid says:

    Mudik pake motor. Ane dari jakarta tujuan banjar, ciamis. Bisa lewat jalur tengah atau jalur selatan. Kalau ada yg minat bareng, sms 081383782737 waktu bisa tgl 17 malam atau tgl 18 pagi. Tergantung kesepakatan.

  8. wah kali ini gak mudik,
    soalnya keluarga yg gantian kesini

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net