Mengapa takut artikel Anda di Copas?

  1 - Aug - 2009 -   masdoyok -   13 Comments »

Tidak tahu kenapa akhir-akhir ini saya sering membuat judul yang rada “menantang”. Sudah menjadi rahasia kita, tak sedikit blogger yang hanya melakukan kopas untuk memenuhi postingan-postingannya, dan tentunya… tak sedikit pula blogger yang miris dan jengkel bisa juga takut kalau artikelnya dicuri atau dicopas.

Nah, banyak sekali pengamanan dilakukan mulai dari mengakali script HTML kita sehingga artikel tak bisa dicopy atau ketika di paste malah menampilkan kata-kata yang lain. Tetapi, itu tidak menjamin artikel kita aman. Para pengcopy juga pintar, merekamelakukan segala cara. Nah, mengapa Anda takut artikel Anda di Copas? Padahal begitu sulit mengamankannya? Anda sebenarnya tak perlu takut, jika:

1. Anda Posting Lebih Dulu
Jadilah yang pertama mempublikasikan suatu ide itu.

2. Anda Selalu Update
Dengan selalu update blog Anda, Anda menjadikan artikel itu “kadaluwarsa”. Dalam artian, itu artikel lama bagi blog Anda. Sehingga para tukang copas jelas jauh tertinggal dengan Anda. Dan mereka akan kecewa. Hehehe

3. Anda Memiliki GoogleRank Yang Bagus
Jika Anda memiliki Googlerank yangbagus sudah dipastikan Artikel Anda akan ditemukan lebih dahulu. Maka dari itu tingkatkan GoogleRank Anda dan juga Search Engine Lain.

4. Anda Mempunyai Gaya
Anda harus mempunyai gaya dalam menampilkan artikel Anda. Gaya yang berbeda dan pelanggan Anda mengenalinya. Maka jika suatu Artikel Anda ditampilkan dengan copas langsung di blog lain, pelanggan Anda akan mengingat Anda. Gunakan gaya Anda dalam setiap artikel, ciri khas Anda, tetapi postingan harus tetap mudah dicerna.

5. Nih yang terakhir, Anda Ikhlas
Nah yang ini bener-bener susah. Mas Doyokpun masih susah menata hati. Yah namanya bagi-bagi ilmu tujuannya, tidak apa-apalah ada yang “ikut membagikan” Yang menilai biarlah Tuhan dan semoga saja menjadi amal kita. Amiiiiin…..

Tapi saya tetep punya tip: Bagi yang bener-bener kecewa jika artikelnya dicopas, maka salah satu cara adalah “memaksa mereka mengedit artikel kita”. Caranya, sisipkan link menuju halaman kita sendiri di beberapa kata. Kalau yang PD tidak apa-apa kadang sisipkan nama kita atau nick kita. Bisa juga kita mempunyai kata-kata “khusus” yang selalu tampil pada setiap postingan. Jika ada gambar, gambarnya juga diberi link. Nah, mau tidak mau tukang copas harus ngedit dan bikin mereka males…. Bener nggak Mas Doyok??? Lho…..

Category: blog, Tags: | posted by:masdoyok


13 Responses to “Mengapa takut artikel Anda di Copas?”

  1. eko says:

    klu artikel kita di copas berarti artikel kita bagus mas…!!!

    sebenarnya ga majalah artikel kita di copas ASAL mencantumkan link sumbernya

    jika menemukan tulisan kita tanpa ada mencantumkan sumber-nya, teteplah cool, kita komplin melalui koment dan imel.. jika tidak ada tanggapan kita bikin posting yang menyatakan artiket tersebut hasil karya kita di link ke artikel copas tadi.

    Sekalian promsi: klu ada yang mau copas artikel saya, silakan disedot dan diposting ulang dengan mencatumkan link ke blog saya tq

    http://ekojuli.wordpress.com/

  2. -3- says:

    nice tips mas …
    salam,

  3. nurrahman says:

    klo saia gpp. asal saia masih punya naskah asli saia, hehehe

  4. budi says:

    buat saya, silahkan saja artikel2 dicopas….sepuasnya deh…kan bagi2 ilmu…heheheheheh

  5. indr@ says:

    bener tuh, emg kalo nulis postingan lain dari pada yg laen bisa dapetin linkback jg loh, bukan hanya trafik..

  6. Gostav says:

    100 buat mas doyok, yang penting ikhlas. Bagi-bagi ilmu buat yang lain, apa salahnya? “Salah karena itu tulisan saya”. Bisa-bisanya ngomong gitu, emang ada hak ciptany? Emang blog tuh ada kode etiknya yang baku apa, hitam di atas putih? Kalau gak pengin dibajak jangan bikin blog, nulis sendiri, dicetak digramedia, diUndang-undangkan, dijual.

    Tak ada aturan yang mengikat dalam dunia blog. Buktinya Prita Mulyasari yang sudah malang melintang di dunia blog, dihadapkan pada UU IT akhirnya kalah juga, akhirnya mampu masuk penjara juga. Akhirnya berdamai juga daripada berlarut-larut. “Dunia blog menyesali sikap Prita”. Mereka menyesali doank, yang mersakan di penjara si Prita. Mampu apa blogger Indonesia membantu Prita untuk tidak masuk penjara? Bantuan immateriil…gak mempan itu. Di penjara juga gak enak..

    makanya saya setuju sekali dengan artikel ini. Setuju sekali….Pokoknya ikhlas

    Salam kenal dari anak purworejo…cah bayan

  7. iskandaria says:

    Wah, ulasannya sangat berarti nih buat saya yang barusan posting mengenai postingan copas yang malah menang SERP di google. Makasih banyak buat ulasannya yang menyejukkan. Salam kenal.

  8. yosbeda says:

    mantap brow…
    poin no 4,
    sumpah tuh gw buanget….
    mampir sini brow http://yosbeda.wordpress.com/
    klo pingin tau ap yg dimaksud gaya dlm menulis…
    ciau….

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

MENGENANG “KOKUMIN GAKKO”. SEKOLAH RAKYAT JAMAN JEPANG

22 - Aug - 2009 | slamet wijadi | 20 Comments »

Golek Iwak Sobo Kali

11 - Jul - 2011 | massito | 4 Comments »

“PASAR ILANG KEMANDANGE”, KISAH TENTANG PASAR DESA SUSUK

24 - Dec - 2010 | slamet wijadi | 37 Comments »

Yang Mau Di Link

5 - Sep - 2007 | meds | 4 Comments »

DALANG WAYANG KULIT PURWOREJO

5 - Dec - 2009 | slamet wijadi | 108 Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net