Hipertensi

  15 - Aug - 2009 -   sugeng Ikasapala -   10 Comments »

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi dikenal dengan 2 type klasifikasi, diantaranya Hipertensi Primary dan Hipertensi Secondary :

Hipertensi PrimaryHipertensi Primary adalah suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah tinggi sebagai akibat dampak dari gaya hidup seseorang dan faktor lingkungan. Seseorang yang pola makannya tidak terkontrol dan mengakibatkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, merupakan pencetus awal untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi. Begitu pula sesorang yang berada dalam lingkungan atau kondisi stressor tinggi sangat mungkin terkena penyakit tekanan darah tinggi, termasuk orang-orang yang kurang olahraga pun bisa mengalami tekanan darah tinggi.
Hipertensi SecondaryHipertensi secondary adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi sebagai akibat seseorang mengalami/menderita penyakit lainnya seperti gagal jantung, gagal ginjal, atau kerusakan sistem hormon tubuh. Sedangkan pada Ibu hamil, tekanan darah secara umum meningkat saat kehamilan berusia 20 minggu. Terutama pada wanita yang berat badannya di atas normal atau gemuk (gendut).

Pregnancy-induced hypertension (PIH), ini adalah sebutan dalam istilah kesehatan (medis) bagi wanita hamil yang menderita hipertensi. Kondisi Hipertensi pada ibu hamil bisa sedang ataupun tergolang parah/berbahaya, Seorang ibu hamil dengan tekanan darah tinggi bisa mengalami Preeclampsia dimasa kehamilannya itu.

Preeclampsia adalah kondisi seorang wanita hamil yang mengalami hipertensi, sehingga merasakan keluhan seperti pusing, sakit kepala, gangguan penglihatan, nyeri perut, muka yang membengkak, kurang nafsu makan, mual bahkan muntah. Apabila terjadi kekejangan sebagai dampak hipertensi maka disebut Eclamsia.

1. Penyebab Hipertensi
Penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosteroid (cortison) dan beberapa obat hormon, termasuk beberapa obat antiradang (anti-inflammasi) secara terus menerus (sering) dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi dikarenakan tembakau yang berisi nikotin. Minuman yang mengandung alkohol juga termasuk salah satu faktor yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi. Stop menjadi alcoholic!

2. Penanganan dan Pengobatan Hipertensi

a. Diet Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Kandungan garam (Sodium/Natrium)Seseorang yang mengidap penyakit darah tinggi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi asin-asinan garam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pengontrolan diet sodium/natrium ini ;
- Jangan meletakkan garam diatas meja makan
- Pilih jumlah kandungan sodium rendah saat membeli makan
- Batasi konsumsi daging dan keju
- Hindari cemilan yang asin-asin
- Kurangi pemakaian saos yang umumnya memiliki kandungan sodium

Kandungan Potasium/KaliumSuplements potasium 2-4 gram perhari dapat membantu penurunan tekanan darah, Potasium umumnya bayak didapati pada beberapa buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran yang mengandung potasium dan baik untuk di konsumsi penderita tekanan darah tinggi antara lain semangka, alpukat, melon, buah pare, labu siam, bligo, labu parang/labu, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang dan bawang putih. Selain itu, makanan yang mengandung unsur omega-3 sagat dikenal efektif dalam membantu penurunan tekanan darah (hipertensi).

Pengobatan hipertensi biasanya dikombinasikan dengan beberapa obat;
- Diuretic {Tablet Hydrochlorothiazide (HCT), Lasix (Furosemide)}. Merupakan golongan obat hipertensi dengan proses pengeluaran cairan tubuh via urine. Tetapi karena potasium berkemungkinan terbuang dalam cairan urine, maka pengontrolan konsumsi potasium harus dilakukan.

- Beta-blockers {Atenolol (Tenorim), Capoten (Captopril)}. Merupakan obat yang dipakai dalam upaya pengontrolan tekanan darah melalui proses memperlambat kerja jantung dan memperlebar (vasodilatasi) pembuluh darah.

- Calcium channel blockers {Norvasc (amlopidine), Angiotensinconverting enzyme (ACE)}. Merupakan salah satu obat yang biasa dipakai dalam pengontrolan darah tinggi atau Hipertensi melalui proses rileksasi pembuluh darah yang juga memperlebar pembuluh darah.

Category: blog, Tags: | posted by:sugeng Ikasapala


10 Responses to “Hipertensi”

  1. indr@ says:

    walah ini copas ga yah hehe… bagus klo nggak.. btw mas meds pasang iklan PW, mulai komersil hehe.. ga masalah..

  2. Purs says:

    Mas mau tanya,
    Saya sering mendengar atau membaca bahwa minum kopi sehari 2 x cangkir tidak baik, katanya bisa menyebabkab darah tinggi. Tetapi pernah membaca artikel yang lain dikatakan bahwa tidak ada kaitannya antara minum kopi dengan tekanan darah tinggi, mana yang benar Mas, sebagai orang awan akan bingung bila ada statement yang kontradiktif.
    Terima kasih.

  3. SUGENG IKASAPALA says:

    Dear Mas PURS

    Ini Jawaban yang saya tahu,memang minum kopi tidak ada hubungan dengan darah tinggi tetapi seberapa banyak dan seringnya minum kopi akan ikut andil dalam menciptakan darah tinggi.
    Orang yang sering minum kopi biasanya banyak buang air kecil ( diuretic )dan ini akan menyebabkan dehidrasi ( kekurangan cairan ) bila nggak segera banyak minum. Ini yang menyebabkan darah ikut mengental karena kekurangan cairan sehingga tidak lancar peredaran darahnya.
    Sedang penyebab darah tinggi itu bervariasi , a/l : kolesterol ( LDL ) tinggi dalam darah, penyempitan pembuluh darah ditambah darah yang kental, stress dll. dan efek dari semua itu salah satunya darah tinggi.
    Nah untuk lebih jelasnya bisa konsultasi dengan para dokter yang lebih kompeten.
    Terima kasih…

  4. wahidpamudji says:

    MAS SUGENG TAU AJA,KIRA2, BILA TAU AKU DIKASIH INFO,MENGENAI GEJALA SAKIT JANTUNG,BILA MASIH GEJALA APA OBATNYA DAN APA PANTANGANNYA,TRM BANGET INFONYA DAN TELEFONNYA TADI JADI NYAMBUNG KITA.WASALAM

  5. SUGENG IKASAPALA says:

    Buat mas Wahid, terus terang saya sedang memperdalam tentang herbal, kalo ditanya seperti dokter saya jauh dari harapan, cuma saya punya pengalaman dan sudah dibuktikan oleh beberapa orang dari hasil herbal produk Purworejo dan dijamin aman, kalo pingin tahu lebih jauh kita kalo ada waktu bisa saling jumpa.
    Tapi pd dasar penyakit jantung, stroke ,hipertensi adalah penyakit efek, karena penyakit pokonya ada di KOLESTEROL dan ASAM URAT.
    Asal kita bisa menjaga kondisi keduanya insya Allah penyakit lain tidak akan muncul, kecuali penyakit bokek he..he… ( sory bercanda )
    Insya Allah nanti akan kami posting pengalaman dan beberapa mengenai kesehatan.
    Terima kasih

  6. nurrahman says:

    wow, penjelasan nya ilmiah banget…klo bagi saya yang bukan orang kedokteran…hehehe :D

  7. wahidpamudji says:

    Makasih Mas atas atensinya,jadi pada prinsipnya kita harus jaga kondisi badan, dan pilah2 makanan ya , ya kita saling berbagi pengalaman sipa tahu berguna bagi pembaca yang lain.Wasalam

  8. Suwitra says:

    Informasi ini sangat berguna, karena saya sendiri adalah penderita hipertensi. Kalau tensi darah sedang tinggi, kepala rasanya mau pecah, perut mual-mual dan rasa ngantuk.
    Anehnya saya adalah pecandu kopi, tapi gak pernah sakit kepala setelah minum kopi, hanya saja kalo makan ikan (terutama ikan laut) pasti kambuh..

  9. lina says:

    mas, ikutan nyambung ni. perlu tuh cek kesehatan. untuk lebih akuratnya bisa pake alat multicheck kita bisa cek gula darah, asam urat dan kolesterol cukup dengan 1 alat aja, harga murah. wah numpang iklan ni kebetulan aku orang purworjo juga, cengkawak buka toko alat-alat kesehatan di tangerang. ntar gampang tinggal kirim.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Selamat tahun baru 2014

29 - Dec - 2013 | Adi Degreen | 4 Comments »

Sungguh…sudah mendunia blog ini

20 - Dec - 2008 | turuawan | 2 Comments »

DEPRESI…????

21 - Nov - 2009 | cahkroyo.85 | 4 Comments »

Duren Kaligesing Lan Sejatining Hurip

11 - Jan - 2012 | masdodi | 16 Comments »

Ular dan kehidupan manusia (1)

14 - Mar - 2014 | Adi Degreen | 8 Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net