LUMBUNG PADI KEDU SELATAN

  25 - Jul - 2009 -   massito -   No Comments »

Saya masih ingat waktu dulu sekolah di SR(SD), penghasil padi di Karesidenan Kedu adalah daerah Kedu Selatan, itu artinya pada waktu itu yang disebut sebagai penghasil padi adalah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen, karena kedua Kabupaten tersebut berada diwilayah selatan Karesidenan Kedu. Saat ini Tingkat karesidenan sudah tidak ada lagi, dan Kabupaten dapat langsung ke Gubernur. Kembali ke sebutan diatas yakni sebagai penghasil padi atau lumbung padi di wilayah ini, Kab Purworejo bagian selatan saat ini juga masih sebagai daerah yang menghasilkan padi. Berbeda dengan wilayah utara Purworejo, dimana daerahnya berbukit, jadi hasil padinya tidak sebanyak di wilayah selatan, karena daerahnya datar, olah tanahnya lebih mudah. Padi adalah bahan dasar makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tetapi tidak semua daerah di Indonesia  bisa menghasilkan padi. Seharusnya daerah seperti Purworejo selatan sebagai penghasil pagi, menjadi daerah yang makmur. Memang kalau dilihat dari sudut kecukupan pangan sudah terpenuhi. Tetapi kebutuhan hidup bukan hanya pangan, ada sandang ada papan ada pendikikan dll, semua harus bisa dipenuhi dari hasil padi tersebut. Disin berlaku hukum ekonomi, nama kala persediaan melimpah, dan pembeli sedikit, harga turun, sementara pada musin paceklik, persediaan berkurang, permintaan bertambah, harga naik, sayangnya yang dapat menikmati harga naik hanya segelintir orang, karena padinya sudah habis dijual pada waktu habis panen. Inilah yang perlu di cari jalan keluar petani tidak hanya bisa menjual padi saat padi murah harga. Karena sebagian besar padi dijual untuk kebutuhan selain pangan, maka jadinya kadang2 para petani juga mengalami kurang pangan karena kehabisan padi.

System bertani, dari sudut peralatan sudah ada kemajuan, dengan memakai traktor yang dapat menggantikan tenaga manusia dalam mengolah tanah, sedang methode pembersihan rumput (matun) masih sama seperti dulu. Saatnya musim panen, para pemilik sawah sering kekurang tenaga memanen padi, akhirnya sering para pemanen datang dari daerah lain yang belum panen atau yang tidak menggarap sawah. Sebetulnya sudah perlu ada alat pemanen padi, sehingga proses memanen tidak terlalu lama, karena bila terjadi musim panen serentak disatu wilayah, menjadi kekurangan tenaga pemanen, kalau demikian padi dapat rontok disawah, dan hasilnya menjadi lebih sedikit.

Kendala yang msih ada khususnya di daerah selatan, masalah irigasi, sekarang banyak sawah yang menjadi daerah tadah hujan karena irigasi semula dari kedung putri tidak bisa sampai ke daerah selatan. Walaupun begitu, petani tidak tinggal diam, tetap berupaya bagaimana bisa mendapat air, dan saat ini cara yang ditempuh adalah menyedot air dari tanah dengan pompa untuk pengairan, tentu ini membutuhkan biasa.

System tanam yang 2 kali setahun dan tergantung dengan musin, seharusnya perlu dirubah, jadi mkalau memang ada air sebaiknya segera dimulai tanam, supaya kalau bisa setahun tanam 3 kali. Kalau cara ini memang sulit dilaksanakan, seharusnya ada penyuluhan yang mengarahkan para petani mau menaman tanaman lain yang dapat menambah penghasilan, karena selama ini begitu musin kemarau tanah istirahat total para petani pun ikut istirahat. Dengan cara seperti ini, sebetulnya jam produktive para petani pertahun masih sangat rendah, barang kali masih di bawah 4 jam per hari.

Saya yakin bahwa di daerah ini sangat banyak Tokoh masyarakat ataupun pejabat yang mampu menggerakkan masyarakat pedesaan supaya bangkit dan mengoptimalkan tenaga kerja yang ada supaya dapat meningkatkan taraf hidup para petani, sehingga dapat meyekolahkan anaknya lebih tinggi, sehingga biarpun nantinya jadi petani tetapi menjadi petani yang produktive , “SEMOGA”

Category: blog, Tags: | posted by:massito


Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

ReDesign in Progress Selesai (sementara)

11 - Feb - 2008 | meds | 1 Comment »

Membangun Purworejo dari penciptaan blogger desa

6 - May - 2013 | indra.ngombol | 11 Comments »

The Heart Capital -1

23 - Jul - 2009 | Cah-DkDungus | 2 Comments »

Forum Blogger Purworejo

28 - Aug - 2007 | meds | 12 Comments »

Kakekku Tentara Kompeni

25 - Jan - 2014 | slamet_darmaji | 4 Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net