Kemiskinan di Kabupaten Purworejo

  27 - May - 2009 -   masdodi -   21 Comments »

Ada 7 (tujuh) kecamatan di Kabupaten Purworejo, yang patut mendapat perhatian dalam konteks kemiskinan, dari 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo. Ketujuh kecamatan tersebut, meliputi:

(1) Kecamatan Bruno,

(2) Kecamatan Kaligesing,

(3) Kecamatan Purworejo,

(4) Kecamatan Butuh,

(5) Kecamatan Kutoarjo,

(6) Kecamatan Bener, dan

(7) Kecamatan Banyu-urip.

Pertama, Kecamatan Bruno. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka 78 % desa yang ada di kecamatan ini, adalah desa miskin. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka 49 % keluarga di kecamatan ini adalah keluarga miskin.

Kedua, Kecamatan Kaligesing. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka jumlah desa miskin di kecamatan ini tidak terlalu menonjol (tidak tinggi dan tidak rendah) dalam konteks Kabupaten Purworejo. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka 45 % keluarga di kecamatan ini adalah keluarga miskin.

Ketiga, Kecamatan Purworejo. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka 20 % desa yang ada di kecamatan ini adalah desa miskin. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka 29 % keluarga di kecamatan ini adalah keluarga miskin.

Keempat, Kecamatan Butuh. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka jumlah desa miskin di kecamatan ini tidak terlalu menonjol (tidak tinggi dan tidak rendah) dalam konteks Kabupaten Purworejo. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka 29 % keluarga di kecamatan ini adalah keluarga miskin.

Kelima, Kecamatan Kutoarjo. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka jumlah desa miskin di kecamatan ini tidak terlalu menonjol (tidak tinggi dan tidak rendah) dalam konteks Kabupaten Purworejo. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka 28 % keluarga di kecamatan ini adalah keluarga miskin.

Keenam, Kecamatan Bener. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka 79 % desa di kecamatan ini adalah desa miskin. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka jumlah keluarga miskin di kecamatan ini tidak terlalu menonjol (tidak tinggi dan tidak rendah) dalam konteks Kabupaten Purworejo.

Ketujuh, Kecamatan Banyu-urip. Berdasarkan kondisi desa miskin, maka 15 % desa di kecamatan ini adalah desa miskin. Berdasarkan kondisi keluarga miskin, maka jumlah keluarga miskin di kecamatan ini tidak terlalu menonjol (tidak tinggi dan tidak rendah) dalam konteks Kabupaten Purworejo.

Dengan demikian, diketahui bahwa Kecamatan Bruno merupakan kecamatan termiskin di Kabupaten Purworejo, baik berdasarkan kondisi desa miskin (78 %), maupun berdasarkan kondisi keluarga miskin (49 %). (Rabu, 2009 Februari 18)

Sumber:

http://sosiologipertanahan.blogspot.com/2009/02/kemiskinan-di-kabupaten-purworejo.html.

Category: blog, Tags: | posted by:masdodi


21 Responses to “Kemiskinan di Kabupaten Purworejo”

  1. bagaimana dengan pemerintah daerah setempat….
    apa yang sudah mereka lakukan untuk memberantas kemisikinan…..nice posting….
    salam kenal :P

  2. T. Wahyudi says:

    kalau kecamatan ngombol termasuk gak mas? he…

  3. muntamah says:

    nek ada kecamatan termiskin, berarti ono kecamatan terkaya tho mas..kalau boleh tahu, kecamatan mana itu..jadi penasaran ki..mosok Kutoarjo termasuk kecamatan termiskin tho..secara..aku kan cah Thorjo..

  4. haryadi says:

    Ngeri ya…. ikut prihatin masih banyak warga Purworejo yang di bilang miskin…Mas untuk daerah kec. Bayan kelihatannya ngga masuk ya????

  5. ^3^ says:

    bagelen gak ikut ya mas ? turut prihatin …

  6. Masdodi says:

    He..he…, yang bikin penelitian bukan saya. Saya cuma forward dari salah satu blog. Saya pribadi menilai, kelihatannya sih, penelitian itu agak kurang valid, karena tidak dijelaskan metode, sample, kurun waktu dll. Tapi, apapun, kita mabil positifnya saja bahwa berita ini paling tidak bisa menjadi penyemangat untuk berbuat lebih baik. Tks.

  7. meds says:

    wah Grabag ora mlebu. berarti wis makmur yo?

  8. Ee Ee Ee
    nek desoku pancen wis makmur wiwit zaman jo mbejujo… ganti zaman sekiye,,

  9. muji says:

    Adalah suatu kebanggaan tersendiri menjadi warga Bruno,walaupun dari sisi hasil penelitian tersebut kec.bruno adl kec.termiskin diantara kecamatan2 lain di purworejo.
    Mudah2an itu semua bisa menjadi motivasi bagi masyarakat bruno pada umumnya,jajaran pemerintah kecamatan bruno serta pemerintah daerah purworejo khususnya untuk berbuat yg lebih baik dari pada selama ini.

    Thank`s, muji lare condong Bruno……….

  10. Ardy Pratama says:

    sya trut prihatin dngn kndisi sdara2 kita di 7 kcmtan yg tlah dsbut diatas, smoga saja rzeki sllu dlmphkan oleh Allah kpda mreka. Amin,,

  11. nurrahman says:

    wew..kec pwr no 3

  12. ugi says:

    Temen-temen,
    Diantara desa miskin itu ada gak yang sangat miskin dengan pelayanan publik : posyandu,puskesmas,sekolah yang terbengkelai atau malah tanpa sarana tersebut ? Jika ada mohon infonya ya…Kami mungkin mau liput untuk media Belanda. Trims

  13. Ery Kusriyanto says:

    Aku yo prihatin banget, sementara rakyat Pwr pada miskin, pak Bupatine jadi tersangka ” korupsi “, lha opo tumon? Salam (Ery Kusriyanto, Alumni Sd Caritas, SMP Negri II, SMA Negeri Pwr, IIIB3 Lulus 1972), Cah Lor Bioskup Pusaka.

  14. cahloano says:

    jika data-data yg mas dodi posting benar, maka tidak ada kata berlambat-lambat lagi untuk melakukan REFORMASI SISTEMIK dan atau STRUKTURAL, bidang Kepemerintahan, Sosial Budaya dan Ekonomi.

  15. mbah suro says:

    Kalo Pejabat Pemkab baca postingan ini pasti protes keras.

  16. Nanang says:

    Alhamdulillah Pituruh tidak termasuk dalam kategori miskin..

  17. mr says:

    Ya saya bersyukur kalo Kemiri tidak termasuk kategori kecamatan miskin, smoga warga Kemiri termotivasi untuk benar-benar sejahtera.

  18. Andi Lala says:

    Saya ikut prihatin smoga pemerintah cepet tanggap dgn ini soalnya mengingat tokoh2 besar ada dari Purworejo tp sayang pd blm bisa bangun tanah kelahiran sendiri.!!!! Hehehehe

  19. joem says:

    sebenranya purworejo kota kelahiran yang tercinta..tapi kenapa yaa dah dia anggap miskin bupatinya juga sempet2 nya korupsi jadi tambah miskin…mestinya kita sebagai orang purworejo membrikan ide ide untuk pembangunan kota kita tercinta …

  20. Bramaji dasa warsa says:

    Wlpun kcmtn purworejo adalah salah satu kcmtn yg miskin tapi saya bangga . Bagaimanapun juga ada tersirat kerinduan akan kampung halamanku. Yang telah mmbntk karakter jatidiriku ini.

  21. Dwi Karwoto says:

    Kemiskinan sebenarnya bs kita kurangi dengan cara bekerja keras dan mau belajar terus. Coba usulkan agar ada kerjasama dan hubungan timbal balik dgn pemda misal di daerah bruno yang merupakan daerah perbukitan kita lakukan pembudidayaan lingkungan dg tanaman yang bernilai ekonomis tinggi, jangan ngendalkan jd orang harus karyawan atau pegawai negeri/TNI/Polri usahakan jd org yg wira usaha. Insya Alloh kemiskinan akan berkurang

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net