Wisata Purworejo, Curug Silangit Curug 3 Tingkat

  18 - Apr - 2009 -   budiqof -   20 Comments »

Beberapa daerah di Purworejo memiliki aset wisata yang potensial untuk dikembangkan. Salah satu obyek potensial yang belum tergali adalah Curug Silangit yang terdapat di daerah Kaligesing tepatnya di dusun Jeketro desa Kaligono.

Lokasi Curug Silangit ini sangat mudah dijangkau, karena letaknya tak jauh dari tepi jalan raya Kaligesing. Perjalanan menuju ke sana bisa ditempuh dengan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Purworejo-Kaligesing yang terminal angkotnya berada di belakang Pasar Baledono. Dari terminal tersebut turun di Palpitu kemudian jalan kaki sekitar 15-30 menit ke arah kanan yang juga merupakan jalur menuju ke obyek wisata Goa Seplawan. Lokasi Curug Silangit bisa ditanyakan kepada penduduk setempat. Karena di daerah tersebut juga banyak terdapat rumah penduduk.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua atau roda empat, kendaraan bisa diparkirkan di halaman rumah penduduk sekitar yang memang sering dijadikan tempat parkir oleh para pengunjung. Dari lokasi tempat parkir menuju ke lokasi curug bisa ditempuh lebih kurang sekitar 15 menit.

Salah satu daya tarik Curug Silangit adalah karena Curug tersebut mempunyai 3 tingkatan curug(terjunan air). Curug pertama atau yang paling atas sendiri adalah curug yang paling tinggi sekitar 30 meter. Curug kedua sekitar 10 meter atau setinggi pohon kelapa. Dan yang paling bawah juga sekitar 10 meteran. Setiap curug dibawahnya terdapat kedung/kolam yang sering dijadikan tempat mandi bagi para pengunjung. Tiap-tiap kedung itu rata-rata memiliki kedalaman lebih dari 5 meter. Bahkan salah satu kedung itu pernah diukur oleh penduduk setempat menggunakan bambu yang sangat panjang namun bambu itu tidak sampai menyentuh dasar kedung tersebut. Jadi jika akan mandi ditempat tersebut harus hati-hati, dan jika tidak pandai berenang lebih baik untuk berenang dipinggir atau menggunaka pelampung biar lebih aman.

Curug Silangit biasanya ramai dikunjungi pada hari minggu atau hari libur lainnya. Dan paling ramai adalah jika pada musim penghujan karena air terjun tersebut sangat deras. Pengunjung curug Silangit kebanyakan adalah anak-anak muda. Biasanya jika ingin pergi ke Goa Seplawan banyak yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke Curug Silangit karena memang satu akses dengan Jalur menuju Goa Seplawan.

Keistimewaan yang dimiliki curug Silangit sebenarnya bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah jika pemerintah mau mengembangkan potensi tersebut. Namun sayang hingga detik ini pemerintah masih kesulitan untuk mengembangkan potensi wisata tersebut. Tentu saja adalah masalah dana yang minim. Namun jika pemerintah memang serius untuk mengembangkan menjadi obyek wisata komersial bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga akan terwujud obyek wisata alternatif yang menyenangkan di Purworejo.

oleh: Budut Seplawan

Category: potensi,wisata, Tags: | posted by:budiqof


20 Responses to “Wisata Purworejo, Curug Silangit Curug 3 Tingkat”

  1. nurrahman says:

    fotonya kok takAda yah???

  2. info yang baik. kalau belum bisa mengembangkan sebagai obyek wisata perlu dijaga kelestariannya dan kalau masalah dana yang menjadi soal, bisa diusahakan kerja-sama dengan swasta yang berminat, tapi yang penting jangan sampai merusak alam/lingkungan sekitarnya. memang agak sayang tidak disertai foto.

  3. Anston says:

    Purworejo memang banyak potensi wisata yang belum di gali.
    Untuk dinas pariwisata kota purworejo harusnya bisa meninjau ke lokasi langsung.
    dan berharap bisa membangun tempat wisata yang bisa di kunjungi wisatawan dari berbagai penjuru.

    Bener banget.. Potonya knapa ga ada.

  4. kalo pingin lihat foto2 curug silangit silakan klik di sini…

    http://www.flickr.com/photos/albumbawana/page8/

    maaf jika nggak ada fotonyaa…lain kali pasti aku post lagi…

  5. Slamet Budiyanto,CNE says:

    Alumnus STM /SMK 1 Purworejo Angkatan Tahun 1991 / 1992 Jurusan Listrik.

    Wira swasta ” Direktur PT. Firdaus Global Computer”

    Ada ngak komunitas Alumnus STM1 Purworejo ” Mohon Info Via email

  6. [...]   Oslo arrived on "Wisata Purworejo, Curug Silangit Curug 3 Tingkat | Blogger Purworejo" [...]

  7. fotonya gak sich jelek tauu.,..,.,,.,.,.,

  8. oscorner says:

    hihihi salam kenal mas,
    saya jd tau tentang purworejo karena kmrn ikut tes CPNS di sana, tapi syang ga lolos..hiks hiks hiks…
    hihih

  9. romario says:

    alokasi dana untuk pengembangan pariwisata purworejo itu sangat minim,….saya pernah ke beberapa tempat wisata di Purworejo dan beberapa kali juga bertanya kepada petugas loket atau yang jaga mengenai hal itu dan saya mendapat jawaban kalo petugas dari dinas HubKomInPar pada jangka waktu tertentu juga datang untuk menijau, dan memang dana yang sangat minim itu sudah diupayakan maksimal oleh pihak terkait,..
    semoga saja alokasi dana dari pemerintah menjadi lebih besar dan potensi wisata purworejo dapat dikembangkan lagi…

  10. kangmas aji says:

    Jangan lupa mampir ke seplawan ya…hehe salam kenal !!!!

  11. gappala says:

    Jalan yang naik ke gunung sangat curam kalo ke gua seplawan….

  12. sapro says:

    bangga dengan objek wisata dalam negeri

  13. icha says:

    lha bkanya curug silangit tu di desa somongari tho

  14. Waris says:

    Aku wong Purworejo asli tapi aku belum pernah ke sana.

  15. cokro says:

    ak sering lho ke curug muncar, ya emang mantep lah.
    cocok untuk pecinta alam dah

  16. edi saputra (banil) says:

    saya sebagai anak purworejo ingin rasanya mengembangkat tempat 2 wisata purworeja namun semua itu harus bergandeng tangan tidak bisa berjalan sendiri terutama pemda harus turun untuk membenahi semua infraksustur yg ada saya ingin mengangkat tempat 2 wisata lewat media kaos mohon do’a nya dan dukunganya agar bisa terwujud trimakasi

    • Adi degreen says:

      Mas Edi Saputra, setuju idenya. Kaose ojo larang2. aku tak pesen nek dadi mas. matur nuwun

      • choiriL says:

        sory ikut nimbrung mas2.. mau nmbahin dkit, setauku curug yang di sumongari juga namanya curug silangit. lebih tinggi dan lebih bagus dari ini, tp cuma 1 bkn 3 tingkat..

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net