Management Stress

  17 - Apr - 2009 -   sugeng Ikasapala -   7 Comments »

Manajemen Stress ala Steven Covey. Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Steven Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya: “Seberapa berat menurut anda kira segelas air ini?”

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.
“Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda memegangnya.” kata Covey.

“Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit.

Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.”

“Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya.” lanjut Covey.

“Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi”.
Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi.
Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini, tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat diambil lagi besok. Apapun beban yang ada di pundak anda hari ini, coba tinggalkan sejenak jika bisa.

Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi……
HIDUP INI SINGKAT, jadi cobalah menikmati dan memanfaatkannya. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak dapat dilihat, atau disentuh, tapi dapat dirasakan jauh di relung hati kita.

Category: blog, Tags: | posted by:sugeng Ikasapala


7 Responses to “Management Stress”

  1. Ditahun 50-an saya baca buku Dale Carnegie berjudul”How to Stop Worrying and Start Living” yang membahas hal2 mengenai “worry”, istilah skr “stress”. Apa yang dikatakan oleh Steven Covey itu juga menjadi pokok bahasan bukunya Carnegie, yang katanya telah terjual lebih dari 14 juta copy, bahkan kakek Obama dikatakan “pencandu” buku2 Carnegie. Apa yang dinyatakan oleh Covey tentang manajemen stress itu betul spt juga telah disampaikan oleh Carnegie sebelumnya,hanya cara Covey lebih “ilmiah” sesuai dengan jamannya dan atributnya sebagai seorang profesor.salam, sw.

  2. nurrahman says:

    menurut saya stephen covey hampir sama saja dengan psikolog2 lainnya….tidak ada yang ‘baru’..hanya cara penyampaiannya yang baru :D

    salam kenal, by nurrahman

  3. Anston says:

    Pelajaran Baru nech..

  4. teguh priyono says:

    ”Allahumma Barik Lana Fii Rajab wa Sya’ban wa Ballighnaa Ramadhan—Wahai Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan ramadhan….mas admin…..gimana klo bulan ramadhan BP mengadakan halal bi halal

  5. 1968454 says:

    1968454 beers on the wall.

  6. Fantastic, beautiful blog with great informational content. This is a really interesting and informative content.

  7. A person essentially lend a hand to make significantly posts I might state. This is the very first time I frequented your web page and to this point? I amazed with the research you made to make this actual post amazing. Magnificent process!

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

BANDUNG: Sebuah “IMPIAN” yang Menjadi Kenyataan.

2 - Mar - 2013 | slamet wijadi | 18 Comments »

Pulang ke Purworejo 3

3 - Aug - 2010 | slamet_darmaji | 5 Comments »

PURWOREJO (sesungguhnya) KOTA POTENSIAL

2 - Jun - 2009 | eko_juli | 28 Comments »

Mengenal Asam Urat

23 - Nov - 2009 | sugeng Ikasapala | 7 Comments »

Selamat Tahun Baru 2008

2 - Jan - 2008 | meds | No Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net