Diusulkan bangun PLTB di Purworejo

  22 - Apr - 2009 -   eko_juli -   9 Comments »

Sepanjang garis pantai selatan Kota Purworejo, Jawa Tengah diusulkan menjadi pusat PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu –Kincir Angin–). Usulan ini disampaikan H.M. Fatchan, direktur utama PT Cerah Sempurna, Semarang. ?Kami sudah mengajukan proposal Purworejo Windfarm Project dengan dilengkapi hasil observasi dan penelitian dengan tenaga ahli dari Jerman? kata Fatchan kepada Toni Sarwoko dari IEW (IndonesiaEnergyWatch) di Jakarta, Selasa (15/7).

Menurut dia, proposal itu diajukan untuk menyambut tantangan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) kepada masyarakat Indonesia guna menghasilkan energy alternatif. ?Sekarang, proposal kami sedang dikaji di Departemen ESDM. Ya, agar tragedi Banyu Geni tidak terulang? ungkapnya.

Seperti diketahui, tragedi Banyu Geni adalah kasus Djoko Suprapto yang mengaku mampu memproses air menjadi bahan bakar (air laut menjadi Blue Energy pengganti BBM yang harganya terus melambung tinggi). Penemuan Djoko yang sempat ditampilkan dalam Konferensi United Nation Framework Conference on Climate Change (UNFCCC) 2007 di Nusa Dua, Bali, Indonesia itu, ternyata hanya tipu daya belaka.

Berbeda dengan Djoko dan hasil penelitiannya tentang Blue Energy diragukan oleh para akademisi, usulan Fatchan tentang Pembangkit Listrik Tenaga Bayu sudah teruji. ??Di Eropa, Canada, dan China Wind Power Plant mampu menghasilkan energy listrik Jutaan mega watt jam?? katanya.

Dalam proposal yang dikirimkan ke Presiden SBY, via Dirjen LPE, bersamaan dengan Solar Roof Ceremony di Jerman School BSD bulan lalu, H.M Fatchan mengusulkan pembuatan 100 unit Kincir Angin di sekitar pantai Purworejo.

Lokasi itu terletak di 120 KM dari ibukota Jawa Tengah, Semarang, atau hanya 20 Km dari Kebumen dan 50 Km dari Jogjakarta. Dari 100 unit Kincir Angin @ 2 MW tersebut, menurut dia, bisa terpasang 200 Mega watt. ?Satu Kincir Angin bisa menghasilkan 2 Mega Watt? pada kecepatan angin 12 m/s ungkap Fatchan.

Lalu, berapa investasi yang dibutuhkan untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Purworejo? HM Fatchan menyebut untuk menghasilkan 1 watt diperlukan biaya investasi sekitar 2 USD. Dengan demikian, untuk menghasilkan 200 MW dalam proposal Pembangkit Listrik Tenaga Bayu tersebut diperlukan biaya 400 juta USD atau sekitar Rp. 4 Trilyun.

Akankah proyek ini dilaksanakan? Bisakah PLN membeli listrik yang dihasilkan untuk didistribusikan ke masyarakat? Senyampang kebijakan pemerintah untuk mensubdi listrik belum ditinjau, rasanya proyek green energy tersebut perlu dikaji lebih serius.

Angin sebagai alternative pengganti BBM untuk menghasilkan listrik, merupakan alternatif yang cerdas untuk dipertimbangkan.

su7mber:   .: EIW :.

Category: berita, Tags: ,, , | posted by:eko_juli


9 Responses to “Diusulkan bangun PLTB di Purworejo”

  1. meds says:

    saya setuju sekali, pantai di purworejo landai dan anginnya berhembus sepanjang tahun. kalau bisa dimanfaatkan kan bisa menjamin suplai listrik Jawa tengah dan PWR, biar terus terang – terang terus.

    tapi ya itu, harus diawasi, biar proyek ini tidak sekedar bagi-bagi uang, yang akhirnya menurunkan mutu.

    Coba ada 100 kincir di pantai selatan, nanti dikira di belanda. (katanya…)

  2. aris says:

    hai purworejo gimana kadarnya .

  3. Dodi says:

    Kalau proposal itu direspons dan disetujui, satu hal yang tidak boleh lupa, pelanggan listrik di seluruh Kabupaten Purworejo harus GRATIS, agar rakyat bisa betul-betul merasakan dampak pembangunan.

  4. eko says:

    klu bener kaya kincir angin belanda… bisa gagh ya purworejo jadi obyek wisata gitu…. ( sambil mikir….)

    klu jadi wah…. lumayan…. bisa terkenal purworejo tuh…

    bisa ga jadi kota pensiun lagi…

  5. masnoer says:

    wah ide ingkang Cespleng mugo-mugo dipun tanggapi dening pemerintah harapan baru bagi masyarakat

  6. Anston says:

    Aku doakan semoga berhasil.
    mugi-mugi mawon mas..

  7. jabrik says:

    Oalah aku takon kawit wingi kok yo ga ono seng njawab to yo…E…malah ketemu knco lawas nang forum iki.hallo bertha…lagi ngapa rikane?

  8. yudi says:

    mf klo bisa saya ingin tau tentang cara pembuatan kincir angin ya mungkin skema gambarnya dan cara kerjanya atau dengan kata lain panduan pembuatan karena saya ingin mempelajarinya

  9. nendar says:

    aku ora setuju,walau desoku pinggir pantai jatimalang,amargo duwite sing gueeeedeee kwi mau,mengko ndak dikorupsi malah ujung-ujunge ko ra dadi,lan ono sing dipenjoro,la wong saiki wae ono sing wis dipenjoro kok,arepe nambah po..?

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

SDN Mudal, Purworejo Roboh

13 - Nov - 2008 | cahmbegelen | 3 Comments »

Silaturahmi Warga K3 Kutoarjo se-JABODETABEK

28 - Sep - 2010 | Raf | 2 Comments »

Presidenku

26 - Jun - 2008 | mastogog | 3 Comments »

(Lagi) K3 Kutoarjo Ngumpul

8 - Oct - 2011 | Raf | 2 Comments »

Purworejo Go…!!! Internasional

8 - Feb - 2009 | Raf | 13 Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net