Kerusakan Tanggul Situ Gintung itu ternyata Sudah Dilaporkan Warga sejak Dua Tahun Lalu

  31 - Mar - 2009 -   eko_juli -   3 Comments »

Perihatin denger Musibah Situ Gintung… Abiz telpon adik yang ada dekat-dekat lokasi, ternyata mereka aman. Alhamdulillah….

peta situ gintung

peta situ gintung

Baca berita sana sini… akhirnya nemu yang menarik, sumbernya dari Tempo Interaktif

Indikasi kerusakan tanggul Situ Gintung sebenarnya telah dilaporkan warga sejak dua tahun lalu. “Tapi sayang, sampai sekarang tidak pernah direspon,” ujar Mulyadi, warga Rt 01/08, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur ketika ditemui di lokasi kejadian (27/3).

Mulyadi menerangkan, laporan itu telah disampaikan warga sekitar kepada kantor Dinas Tata Air yang berada tidak jauh dari lokasi longsoran tanggul. Saat itu, kata dia, warga mengetahui bahwa bagian bawah pintu air telah tergerus air danau. “Gerowongannya cukup besar,” katanya.

Kelalaian pemerintah dalam menangani laporan itu rupanya berujung musibah besar. Air hujan yang turun cukup deras sejak kemarin sore merobohkan pintu air dan sebagian tanggul danau. Sekitar 200 juta meter kubik air danau seketika tumpah laiknya tragedi tsunami.

Tragedi itu menenggelamkan ratusan rumah yang berada di sepanjang aliran sungai Pesanggrahan. Sebagian rumah itu hancur. Warga yang masih terlelap pun ikut menjadi korbannya. Hingga berita ini diturunkan, tragedi itu sedikitnya memakan 50 korban dan diperkirakan masih akan bertambah.

Mulyadi menerangkan, tanda-tanda kejadian sebenarnya mulai dirasakan warga menjelang tengah malam. Saat itu, kata dia, curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan permukaan danau naik cukup tinggi dan melewati batas atas pintu air. “Airnya meluap sejak pukul 24.00 WIB,” katanya.

Kejadian tidak lazim itu lekas direspon sebagian warga. Salah seorang di antara mereka kemudian memberikan pengumuman melalui pengeras suara melalui Mesjid Jabalurrahman yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi tanggul. “Warga diminta waspada,” kata Mulyadi.

Perasaan cemas semakin memuncak ketika luapan danau itu merobohkan bagian bawah pintu air tepat ketika jarum jam menunjuk pukul 03.00 WIB. Mulyadi yang tinggal tidak jauh dari lokasi itu sempat mengamati gejala awal musibah melalui jembatan yang berada persis di atas tanggul.

“Ternyata jembatan bergoyang cukup deras. Saat itulah saya sudah punya perasaan yang tidak enak,” katanya. Ia pun kemudian meminta seluruh keluarganya untuk meninggalkan rumah. Namun sayang, belum lagi perabotan rumahnya diangkut, luapan air mendadak merobohkan seluruh tanggul.

“Kejadiannya sekitar pukul 05.10 WIB,” ujarnya. Hempasan air seketika mengikis sebagian tanggul dan merobohkan sebagian rumah warga. Tidak terkecuali rumah milik Mulyadi yang hanya berjarak dua meter dari bibir tanggul. “Rumah saya ada tiga. Tiga-tiganya hilang,” akunya.

Yuks Instropeksi… Yuks mari

diambil di sumber

Category: berita, Tags: ,, , , | posted by:eko_juli


3 Responses to “Kerusakan Tanggul Situ Gintung itu ternyata Sudah Dilaporkan Warga sejak Dua Tahun Lalu”

  1. nurrahman says:

    kayaknya komentar pemerintah dan tangapan pemerintah akan hal ini aga “pelit” yah…kenapa?????????????????

  2. cahpurworejo says:

    Ikut prihatin atas musibah Situ Gintung, tetapi lebih prihatin lagi terhadap pemerintah yang me-nomor-2 kan kesejahteraan penduduknya sendiri,
    mirip musibah di Kaligesing-Purworejo dulu itu ya, dengan kasus yang hampir sama yaitu pemerintah yang kurang tanggap..semoga setelah pemilu jadi lebih baik
    Salam dari http://www.purworejo.asia

  3. nendar says:

    aku nggoleki koncoku jenenge sujiwo nugroho pernah kos di mbah rowi sibak,alumni sma panbers pwr

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Piye Kabare Purworejo???

23 - Jan - 2009 | lentera-ijo | 14 Comments »

Upgrade WordPress ke 2.7.1

4 - Apr - 2009 | meds | No Comments »

Forum Purworejo mau Migrasi ke WordPress

14 - Nov - 2008 | meds | 14 Comments »

Family Gathering 2015 “PAPAKU”.

5 - May - 2015 | Adi Degreen | 8 Comments »

Purworejo di Media

10 - Sep - 2008 | cahmbegelen | 9 Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net