Goa Seplawan, Pesona Alam Yang Mengagumkan

  24 - Mar - 2009 -   budiqof -   21 Comments »

Pegunungan Menoreh membentang dari kabupaten Kulon Progo D.I. Yogyakarta hingga kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Proses evolusi alam selama berjuta-juta tahun itu telah membentuk permukaan pegunungan purba itu sedemikian rupa sehingga menghadirkan keajaiban panorama alam. Pada beberapa puncak-puncak pegunungan tersebut terdapat sejumlah goa alam yang sangat menawan dan salah satunya adalah goa Seplawan di Purworejo. Sedangkan lainnya ada di Kulon Progo yaitu goa Kiskendo juga ada goa Silumbu, goa Silawang dan goa Gong. Ketiga goa itu semuannya terdapat di daerah Purworejo.

Goa Seplawan adalah satu-satunya goa di Purworejo yang sudah dijadikan obyek wisata. Goa ini tepatnya berada di desa Donorejo,kecamatan Kaligesing sekitar 40 kilometer ke timur dari pusat kota.

Goa Seplawan itu merupakan satu situs yang sangat bernilai tinggi. Sebab, goa yang ditemukan pada 15 Agustus 1979 itu di salah satu sudut goa ditemukan sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 1,5 kg. Arca itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan. Para ahli arkeolog meyakini bahwa patung itu adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Arca itu merupakan peninggalan pada zaman Hindu Siwa. Kini arca tersebut disimpan di Museum Nasional. Sebagai gantinya , Pemerintah membangun replika arca didepan mulut goa, replika itu ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya sehingga menyerupai monumen.

Selain memiliki keistimewaan sebagai situs pra sejarah ada keistimewaan lainnya yaitu keindahan goa Seplawan itu sendiri. Goa itu memiliki ornamen-ornamen yang sangat indah dan mengagumkan seperti adanya stalaktit dan stalakmit dengan ukuran beraneka ragam. Ornamen lainnya pun tak kalah menariknya seperti Flow stone, helektit, soda straw, gowerdam dan lain-lain.

Goa Seplawan mempunyai panjang sekitar 700 Meter sedangkan cabang-cabang goa sekitar 150-300 meter. Jalur yang khusus untuk para pengunjung sudah ada penerangan lampu sedangkan untuk cabang-cabang goa tidak dipasang lampu karena kondisinya yang berlumpur. Sehingga ada yang memberi nama cabang goa itu dengan istilah “istana lumpur” karena saking banyaknya lumpur.

Lokasi obyek wisata Goa Seplawan sudah dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasana seperti kamar mandi/WC, Mushola kecil yang sederhana, Gashebo, Gardu Pandang dan juga ada taman-taman bunga yang indah. Pemandangan disekitar goa seplawan sangat indah selain itu udaranya juga sejuk karena kawasan ini berada di ketinggian sekitar 800 mdpl. Melalui gardu pandang pengunjung bisa melihat pantai selatan, kota Kulon Krogo, serta Waduk Sermo. Bahkan jika naik ke salah satu bukit di kawasan goa itu, pengunjung bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Sindoro dan juga Gunung Slamet. Namun, gunung-gunung itu hanya bisa dilihat pada pagi hari. Maka, banyak para pengunjung yang camping di Seplawan sehingga pada pagi harinya bisa melihat keindahan alam dari kawasan Seplawan itu.

Saat ini segmen pengunjung masih didominasi dari kalangan muda dan sedikit dari orang tua. Mereka berasal dari daerah Purworejo dan sekitarnya. Pengunjung Goa Seplawan masih sangat sedikit. Hal ini karena lokasinya yang jauh dari pusat kota dan kawasan Seplawan itu masih terlalu sederhana. Dan ini menjadi pekerjaan rumah pemda untuk mengembangkan obyek wisata mengingat Goa Seplawan memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi sejarah dan keindahan alamnya. Sehingga nantinya dengan pengembangan obyek Goa Seplawan itu akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Category: potensi,wisata, Tags: | posted by:budiqof


21 Responses to “Goa Seplawan, Pesona Alam Yang Mengagumkan”

  1. Alphawave says:

    salah satu objek yang wajib dikunjungi… nais inpo.. thank you bro :)

  2. yhanto says:

    bener tuh, wajib dikunjungi. Kebetulan saya pernah ke sana bulan februari 2009 pas waktu mudik ke desa mendiro, ngombol, pwr. apik tenen pokoke. sempet juga liat dari gardu pandang. Amat sangat menakjubkan pemandangannya. Tp sayang masih terlalu sepi pengunjung. Mungkin ini suatu PR bagi pak Bupati dan jajarannya. Agar bersinergi untuk memajukan obyek wisata.
    Sekarang lg makaryo di Makassar, klo mudik pasti aku ke Goa Seplawan lagi. Bravo

  3. singgih says:

    Assallamu’alaikum wr. wb
    ni, cah triwarno. pasti udah pade tau kan???
    kalo di baca, buruan ikutan coment.
    matur nuwun…..
    Wassallamualaikum wr. wb

  4. diny says:

    apa sich sejarahe triwarno??????????
    yang tau coment donk

  5. heri says:

    weleh aku ktinggalan jaman ki, padahal aku wong kaligesing tapi durung prnah no seplawan,besok nek balik kampung kudu no seplawan,siki lagi dada alien no sebrang laut,
    —-SALAM BUAT SEMUA KOMUNITAS POERDJO—-

  6. rea says:

    g bakal nyesel deh jauh2 ksn…

  7. rea says:

    g bakal nyesel deh jauh2 ksn

  8. Agusss says:

    Pernah camping semalam di samping gardu pandang lihat vew kota jogja pd malam hari wuih subhanalloh eendah bnget,plus hunting sunrise weh tambah muantabb.

  9. koqkoq says:

    mas kebetulan aku wis nate mlebu lan blusukan tekan njerone GOA SEPLAWAN ,..
    gadah info GOA ingkang wonten Pituruh lan Kali Glagah Kemiri mboten nggih katanya ada Gua juga disana,..
    koq kayane agak membuat penasaran,..
    gadah Route,.. Contak Person nya gak yha,..
    Perjalanan dari kutoarjo naik apa,berapa ongkosnya,..
    Ditunggu Infonya,..

  10. budiqof says:

    @mas koqkoq,soal gua yg ada di pituruh dan kaliglagah saya sendiri blom pernah kesana,..kalo mau sekedar ngobrol2 sama saya silakan hub saya di FB email budiqof@yahoo.co.id

    maturnuwun

  11. banar says:

    wong luar poordjo pengin liak potonya goa sblm dateng ke tkp bisa khan masz.

  12. budiqof says:

    aku kangen seplawan lagie…heheheh

  13. edi says:

    aku kangen suasana ingah doa seplawa

  14. george rudy says:

    test

  15. ngecamp says:

    halo bloggerpurworejo…mau nanya kabar terbaru keadaan goa seplawan gmn ya? Kalo ada yg tau mhn di share disini..

  16. Anna Qie Cah Jogja says:

    gag nyesel dech low nyampe disana……tempatnya bagus baget

  17. cham't says:

    ijin share gan…….
    bersama melestarikan pariwisata purworejo..

  18. firman says:

    ayo podho promikan kaligesing dong,biar gk jadi desa tertinggal melulu.kapan majune yen ora podho mbangun desa dewe.singanakampung wong tuwo2generasimuda ne mana?seprana seprenengono wae

  19. djumadi says:

    saya berkunjung ke goa seplawan pada hari sabtu tanggal 9 juni 2012, saat itu hari sudah sore, saya mau pulang tidak ada alat transportasi, mau menginap tidak ada penginapan, untuk itu menurut saya perlu bibuat tempat penginapan sederhana dan perlu ada paling tidak ada petugas ojeg khusus dg tarif yg wajar

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net