Purworejo Berumur Lebih dari 1000 tahun?

  23 - Jan - 2009 -   geblex -   9 Comments »

Berikut ini adalah kutipan dari (http://mahmudi.multiply.com/reviews/item/17) :“Pada bulan Asuji tahun Saka 823 hari ke 5, paro peteng, Vurukung, Senin Pahing (Wuku) Mrgasira, bersamaan dengan Siva, atau tanggal 5 Oktober 901 Masehi, terjadilah suatu peristiwa penting, pematokan Tanah Perdikan (Shima). Peristiwa ini dikukuhkan dengan sebuah prasasti batu andesit yang dikenal sebagai prasasti Boro Tengah atau Prasasti Kayu Ara Hiwang.

“Peristiwa 5 Otober 901 M tersebut akhirnya pada tanggal 5 Oktober 1994 dalam sidang DPRD Kabupaten Purworejo dipilih dan ditetapkan untuk dijadikan Hari jadi Kabupaten Purworejo. Normatif, historis, politis dan budaya lokal dari norma yang ditetapkan oleh panitia, yakni antara lain berdasarkan pandangan Indonesia Sentris.”

Berdasarkan kutipan tadi, Purworejo berumur lebih dari1000 tahun. Benarkah? Dari segi nama, tidak ada satu kata pun yang terbaca Purworejo dalam prasasti tersebut. Nama merupakan tanda eksistensi sehingga pada saat itu Purworejo tidak ada.

Dari segi sistem pemerintahan, Purworejo sekarang berbeda dengan pemerintahan pada saat prasasti itu dibuat, baik dari segi sistem pemerintahan maupun batas kawasan. Artinya, pemerintahan pada saat prasasti dibuat tidak memenuhi kriteria sebagai suatu kabupaten. Jadi Kabupaten Purworejo tidak ada pada saat itu.

Kapan manusia dikatakan lahir ke dunia? Jawabannya adalah ketika sudah menjadi bayi. Bayi disebut manusia karena mempunyai ciri-ciri seperti manusia.. Kapan suatu daerah dikatakan lahir menjadi sebuah kabupaten? Jawabannya adalah ketika daerah itu mempunyai ciri-ciri sebagai sebuah kabupaten. Jadi, pada saat prasasti itu dibuat kabupaten Purworejo belum lahir karena ciri-ciri sebagai sebuah kabupaten pada saat itu belum terbentuk. Mungkin saja pada waktu itu masih dalam proses pembentukan.

Dari logika tadi, berat rasanya untuk menerima 5 Otober 901 M sebagai hari jadi Kabupaten Purworejo. Menurut saya, hari jadi Kabupaten Purworejo adalah pada waktu ditetapkan secara resmi menjadi sebuah kabupaten. Yang paling mudah adalah dengan penggunaan dokumen resmi negara.

Apa implikasi dari anggapan bahwa Kabupaten Purworejo berumur lebih dari 1000 tahun? Pertama, orang Purworejo dapat dianggap tidak cakap membangun daerahnya. Dengan berumur lebih dari 1000 tahun, orang Purworejo tentunya akan jauh lebih maju teknologi dan budayanya dari sekarang ini. Kedua, orang Purworejo dapat dianggap orang yang bingung mencari identitas.

Demikian pendapat saya.
(22 Januari 2009, GEBLEX)

Category: budaya,sejarah, Tags: | posted by:geblex


9 Responses to “Purworejo Berumur Lebih dari 1000 tahun?”

  1. saya hanya terkesiap di paragraf terakhir ….. setuju dengan tulisan itu …
    lantas seperti apa mestinya purworejo setelah 1000 tahun lebih .
    massih didapati jalan yang rusak ,minim tehnologi, atau karena orang purworejo sok Eklusip bagai katak dalam tempurung terjebak komunitas tertentu hingga tak bisa mengembangkan diri bersama teman sesama purworejo….
    ataukah daerah membawa darah ….hahahaha
    minim tehnologi nggak juga lho sebenarnya cuman bagi yang di dalam tempurung memang nggak bisa melihat purworejo dengan utuh …..

  2. trie says:

    setuju bro…minim technologi kayaknya gak juga,banyak blogger dari purworejo,mungkin pendapatan asli daerah kurang banyak sehingga kurang bisa membangun prasarana , atau dana pada bocor?? gak tahu dech…

  3. Seto says:

    Saya sebagai Putra asli Kaligesing juga sangat prihatin dengan keadaan Purworejo saat ini.
    Kaligesing yang dahulu begitu terkenal dengan Palawijanya sekarang seakan tergerus jaman.
    Saat panen, harganya slalu jatuh. Ambil contoh, melinjo ngga ada harganya, padahal kalau kita beli emping mahal bgt.
    Pengembangan potensi wisata juga sangat kurang.
    Cobalah sekali-kali mampir ke Goa Seplawan, daerah disana bisa dikembangkan ala Ciwidei diBandung Selatan.
    Semoga Pemda lebih arif melihat kondisi sosial masyarakatnya.

  4. wah kalo kaligesing sebenarnya nggak terlalu terpuruk sekali karena sentra andalan kambing Etawa masih mendominasi para peternak di lingkungan kita
    sebenarnya ,jangan kita menghujat siapapun . pemerintah ataupun siapa , dan jangan pernah banyak berharap untuk orang lain peduli terhadap desa atupun daerah kita , terlalu susah jikala kita hanya meminta maupun mengharap , mari kita mulai dari kita sendiri , jikala kita serempak bersama sama ,untuk mulai Peduli dengan apa yang ada di lingkungan kita Insya Allah kita akan ikut berperan membangunnya ,dengan niat yang iklas.
    potensi yang ada di daerah kita sudah mulai di kagumi banyak bloger itu mudah mudahan akan memberikan efek baik walaupun agak lama ….boleh lihat ketika kemarin saya mengadakan konfrensi di silaturahmi blogger Timur Tengah yang di adakan di rumah saya http://gunungkelir.com mereka semua merasa ingin ikut peduli dengan purworejo silahkan di lirik dengan link link mengenalkan seplawan dan lain sebagainya.itu bukti kepedulian untuk purworejo.( kitanggak bisa lagi melimpahkan tanggung jawab kepada orang lain ) mari kita bangun purworejo dengan kemampuan kita masing masing
    salam hormat kami
    Genthokelir ( klik nama komentator akan terlihat acara ziarah bloger ke seplawan dan sekitarnya )

  5. MarinesPoponganBanyuurip says:

    Walaupun berumur Jutaan tahun Daerah Kita ya seperti itu.. gak ada perubahan yang Drastis.. bayangkan.. di kota seperti itu seperti tidak ada kehidupan setelah jam 10 malam.. ATAUKAH ADA HUBUNGANNYA DENGAN KOTA PENSIUN… selama Pemerintahan PWR masih seperti yang dulu dulu pasti gak ada perubahan… Kita Rindu Figur PEMIMPIN yang bisa membangitkan Perekonomian Purworejo.. Ciptakan Banyak Lapangan Pekerjaan…biar Masyarakat tertarik sama kehidupan Purworejo…kemudian UMR jangan rendah Pasti Pembangunan Akan Pesat Dipurworejo.. tercinta…Pendirian Monumen Arahiwang Saya Tahu.. setiap peringatan HUT Di Boro Saya dulu saat masih di PWR sering hadir… Tapi Momen yang Bagus tak di manfaatkan oleh Babe babe kita Di KURSI ATAS POERJOE… harusnya mereka koreksi diri HARUS SAYA APAKAN KOTA INI…..

  6. Slamet says:

    salam bahagia….Maka akan sampai tahun berapapoen akan selalu begini terus, Why mengapa? karena tahu sediri sini adalah Daerah awal mula tumbuhnya ulama2 besar yang notabene nantinya pengembangan hanya di dunia pendidikan spritual yang tinggi tanpa merekomendasikan ilmu2 dasar ekonomi makro dan mikro. dan yang kedua dipercaya bahwa Purworejo adalah daerah dari pendapat yang didapat dari hasil penangkapan pangeran diponegoro yang status dia sebagai Pahlawan Nasional,jadi Mungkin karena kronologi tsb kita telah kuwalat pada sesepuh bangsanya sendiri. dan harus terima kenyataan harus begini…bersukur sajalah.

  7. Yoyo.s says:

    Menurut hemat saya, kalo di katakan Purworejo tidak ada perubahan tidak demikian, saya asli Borowetan domisili di Purwokerto, tapi kalo pulang ke desa saya sangat kagum, sudah banyak sekali perubahan, dulu jaman saya masih di daerah Brengkelan jalan nya masih sepi, belum ada toko toko, sekarang ternyata sudah menjadi komplek pertokoan, yang dulu di Kongsi untuk koplak dokar sekarang jadi pasar dan kegiatan perekonomian yang sangat ramai, yang paling saya ikut bangga dan senang jalan di depan rumah saya ( Borowetan ) menuju ke Arahhewang sudah beraspal dari arau utara ( Cangkrep) ke selatan Kedungsari- Borowetan muter ke timur arah desa Wonoroto, semoga Purworejo maju terus. Salam buat warga Purworejo di mana berada.

  8. Yoyo.s says:

    Alhamdulillah keluarga sehat semua Mas Yanto, semoga Mas Yanto juga sehat semua, ya bulan kemaren saya nengok orang tua ke desa, dan kalo sekarang Purworejo masih panen raya buah durian seperti yang di ceriterakan oleh teman kita di blog ini, dan saya minggu ini juga ada rencana ke Purworejo nengok sodara yang ada di Somangari, Mas Yanto kalo bisa saya di kasih Mailnya Mas Yanto, Salam buat warga Purworejo di mana saja.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

INDOSIAR HAVE BEEN BLOCKED

24 - Mar - 2009 | eko_juli | 10 Comments »

Kesenian Purworejo, Kencrengan atau Rebana

24 - Jul - 2008 | gusboret | 7 Comments »

Purworejo Berumur Lebih dari 1000 tahun?

23 - Jan - 2009 | geblex | 9 Comments »

Vickynisasi Sebagai Dampak Gaya Bahasa Pejabat

13 - Sep - 2013 | indra.ngombol | No Comments »

Dalang Perempuan Dari Kecamatan Bruno

10 - Oct - 2011 | Anston Bruno | 7 Comments »

Related Post

Purworejo Berumur Lebih dari 1000 tahun?

23 - Jan - 2009 | geblex | 9 Comments »

Awal mula tarian dolalak

2 - Feb - 2009 | agus | 23 Comments »

© copyleft - 2009 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net