Selamat Libur Panjang

  24 - Dec - 2008 -   meds -   5 Comments »

Akhir tahun, banyak liburnya, libur sekolah, libur hari besar, libur tahun baru. Bulan Desember ada perayaan Hari Natal bagi saudara-saudara kita umat Kristiani. Tanggal 29 Desember, Tahun baru Hijriyah, 1 Muharam atau 1 Suro bagi orang Jawa, kemudian 1 Januari tahun baru Masehi. Banyak libur.

Sudahkah ada rencana rekreasi, menghabiskan sehari atau dua hari berwisata, atau cukup di rumah saja, merenung, berdoa atau baca mantra(?). Kalau saya sih dari dulu jarang merayakan tahun baru. Apalagi waktu masih di Purworejo dulu. Tak ada bedanya hari di tahun baru dengan hari biasa. Tak ada kembang api, tak ada terompet, tak ada ramai-ramai. Kegiatan tetap berjalan sesuai iramanya: hari gelap, nonton TV, jam 9 tidur. Sunyi. Itulah kehidupan di desa.

Waktu di Jogja pun tidak pernah tahun baru keluar, sering justru pulang kerumah, libur. Waktu itu sih sempat ingin keluar, rasanya bagaimana ya ramai-ramai, pasti asyik. Tapi ternyata teman-teman tak ada yang tertarik untuk keluar, saya harus nyaman di rumah saja. Dan seterusnya, kalau tahun baru tak pernah ribut harus kemana atau bagaimana.

Sekarang pun, saya memaknai tahun baru tak harus dengan pesta kembang api yang mahal, bahkan kalau bisa jangan. Lebih baik dengan acara refleksi, wayangan, pokoknya yang perenungan lah. Tahun baru kan hanya tonggak, ukuran, yang dibuat manusia untuk menandai waktu. Kalau penanda dihilangkan, semua hari sama.

Tahun baru besok saya dan isteri berencana wisata ke kebun teh, bukan puncak, tapi Ciweday, Bandung Barat. Cari yang jauh dari hiruk-pikuk. Ini liburan akhir tahun saja, setelah sehari-hari menghabiskan waktu di Jakarta, merasakan macet, polusi, kotor, waton suloyo, kemproh, ndableg, dll.

Bagiman dengan anda. Menurut saya sih pilihan, yang mau merayakan ya rayakanlah. Yang mau tidak merayakan ya silakan. Pokoknya selamat libur panjang.

Buat semua warga Purworejo dimanapun berada, Buat semua Blogger
saya mau mengucapkan,

Selamat Hari Natal 2008, bagi umat Kristiani.
Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1430 H.
Selamat Tahun Baru 2009

sumedi, www.sumedi.net

Category: cerita, Tags: | posted by:meds


5 Responses to “Selamat Libur Panjang”

  1. Sumedi.net says:

    Selamat Liburan Saja…

    Akhir tahun banyak libur. Ada libur hari natal, libur tahun baru Islam, libur Tahun baru masehi. Senang dong, pas akhir tahun, pas banyak libur, sehingga bisa santai. Ngaso disik, nglemeskke otot sing podo kaku. Sinambi leyeh-leyeh nyruput teh anget….

  2. yogo says:

    Untuk semua,”Selamat merayakan hari libur” yg pasti saya merayakannya dgn cara doa tutup tahun dan doa awal tahun dgn teman2 di Syura/Langgar.

  3. peter lau says:

    tq bro, selamat berlibur, untuk natal kali ini, Gbu

  4. daripada libur mendingan kerja buat cari uang. jaman sekarang tuntutannya banyak.

  5. libur panjang bikin pusing kepala, jalanan macet dan birokarasi pemerintah gak ada pelayanan.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net