Menengok ke Desa Bulus

  29 - Oct - 2008 -   yoyokr -   22 Comments »

Pernahkah sobat blogger sekalian mendengar nama sebuah desa yaitu Bulus ? Desa ini adalah adalah tempat kelahiran nenek moyang saya (bukan bermaksud promosi)yaitu terletak di Kecamatan Gebang, tepatnya di sebelah utara kota Purworejo lebih kurang 3 km dari arah kota Purworejo. Desa ini berada di pojok timur dan selatan Kecamatan Gebang karena sebelah timur desa ini adalah Desa Kalinongko yang menjadi bagian dari Kecamatan Loano sedangkan sebelah selatan Desa Bulus adalah Kelurahan Mranti yang menjadi bagian dari Kecamatan Purworejo. Keadaan alam di desa ini berhawa sejuk karena daerahnya yang masih berbukit-bukit dengan pepohonan yang masih rindang, ketika anda mulai memasuki desa ini akan terkesan seperti desa terpencil, karena jalurnya yang sepi walaupun jalannya sudah Hotmix .

Namun akan lain kalau anda sudah berada di dalamnya, desa ini terkesan istimewa, misalnya terdapatnya makam Bupati I Purworejo yaitu Cokronegoro 1, makam tersebut adalah makam para pejabat kabupaten (ningrat) jaman dahulu. Makam tersebut sama sekali jauh dari kesan angker karena sering kedatangan para peziarah baik dari keluarga kraton atau dari masyarakat biasa karena makam tersebut sampai sekarang masih digunakan untuk penguburan baik untuk masyarakat Bulus sendiri juga untuk keluarga dari para kyai pondok pesantren Berjan.

Makam tersebut pernah dijadikan acara reality show dari sebuah stasiun televisi yaitu untuk acara uji nyali. Di makam ini ada fasilitas kamar mandi dan mushola beserta perlengkapannya sehingga akan nyaman jika anda ingin berziarah ke makam ini. Saya sering berkunjung ke makam ini karena simbah saya memang dimakamkan di sini. Di makam ini juga terdapat ruang untuk parkir mobil atau tempat untuk sekedar duduk-duduk saja menikmati pemandangan dan hawa pegunungan yang sejuk. Dan yang terpenting kunjungan ke makam ini tanpa dikenai biaya sedikitpun, apalagi kalau mengajak saya pasti dijamin gratis dan mendapat suguhan wedang macit ala kadarnya jika mampir ke gubug peninggalan simbah saya. Tapi mohon maaf untuk postingan ini tanpa persiapan foto(menyusul).

Hal istimewa lagi yang ada di desa Bulus adalah adanya danau kecil sebesar kolam renang arta tirta, masyarakat setempat menyebutnya ‘Beji’. Sampai saat ini debit airnya tak berkurang. Pada waktu saya kecil, beji sebagai tempat bermain langen (renang) karena memang airnya yang segar dan jernih. Jadi secara otomatis anak-anak di Desa Bulus pasti mahir berenang karena mempunyai kolam renang alamiah. Namun untuk saat ini beji sudah tidak sebgai tempat berenang karena airnya semakin banyak yang mengkonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari, hal ini bisa dilihat dari banyaknya mesin pompa listrik yang mengambil air dari beji. (mohon maaf foto ‘beji’ menyusul)

Category: desa,wisata, Tags: | posted by:yoyokr


22 Responses to “Menengok ke Desa Bulus”

  1. Anonymous says:

    di bulus ada banyak bulusnya gak?

  2. GUNIDA says:

    Nek ngono cedak karo nggon aku,aku asline wong Mudal.Mbolos terkenal pesantrennya dan orang yang jualan pake gendongan.Waktu kecil aku sering main sepeda di situ.Apalagi kalo lagi puasa meluncur naik sepeda,wah seneng banget pokokmen.Salam ya dari wong Mudal.

  3. yoyokr says:

    Salam juga dari cah bulus untuk mas Gunida, dulu waktu saya kecil sering nyari buah duet sama pring kuning di mudal, pring kuning untuk mainan kalung-kalungan, kalau duet untuk bengesan lambe sampai bibirnya hitam dan ‘gulune seret’ karena duet emang rasanya sepet! tapi tetap asyik juga…

  4. GUNIDA says:

    Kok hampir sama ya?dulu Aku juga sering nyari duet di ngesing dan nyari bambu kuning buat kalung,apa kita sepantar/senasib jadi cah ndeso.Kali Ngesing sering ku buat renang bersama teman-teman.

  5. Raf says:

    Saat masih kecil duwet memang jadi buah favorit , yg hitam besar manis asem , tapi yg merah itu yg bikin gulu seret.

    Aku kalau ke Pwr sering lewat GOR ngalor sehingga tembus desa Bulus , panorama persawahannya memang bagus , jalan mulus sebagai jalur bus luar kota arah Semarang dan Magelang.

    Cocok kalau kita tidak buru2 sampai kota lewat jalur sini saja , lalu lintas juga tidak padat

  6. Denbagus says:

    betull nek maring bulus kepenak lewat Goor mengalor nek mongso koyo ngene kepenak ndelok kiwo tengen ….koyo2 gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo

  7. rakadewa says:

    halah….aku lagek ngerti nek iku jenenge deso bulus….

  8. abdi says:

    gw nak Kemiri nieh(bukan kemiri gebang, tapi kecamatan kemiri dket kutoarjo).
    gw juga punya sodara dBulus, dan waktu kecil sering kesana. mang dsanya asyek bgt. tapi kalo leh tau Beji yg dimaksud itu sebelah mana? yang dipinggir jalan tu ya?

  9. yoyokr says:

    kalau beji jauh dari pinggir jalan, tepatnya di dekat pondok pesantren,jadi kalau gak masuk desa ya gak kelihatan, ya klw mau mampir ke bulus hub saya dulu,nanti saya yg jadi guide he..he..

  10. Farid says:

    Iya bulus kmpungku tercinta,.mas yoyok inget aku ndak,mngkn dl aku msh kcil,.tp skrng dah gede,hehe

  11. yoyokr says:

    walah dik Farid gimana kabarnya? Tolong jagake rumahnya mbah Abu supaya buah nam-nam nya gak pada ilang…he..he..

  12. muntamah says:

    walah..mbulus ki sebelah ndi aku ra dong…gor ngalor ki ngertiku yo sucen..nyuwun sewu nggih mas…

  13. sayyid muh rafi says:

    assalamualaikum
    saya tertarik atas blog anda tentang bulus. dan saya juga salut dengan anda karena tidak gegabah membuat blog tentang bulus seperti beberapa blog yang menerangkan tentang mbah alim bulus yang jauh dari riwayat yang asli yang tersebut di dalam pustaka bangun tang sejak lama telah ada sebagai ujud untuk menghormati beliau dan selalu dibacakan di khoulnya yang mungkin kini tidak ada lagi. akan tetapi kini kita bani alim bulus dan warga bulus sepakat untuk mengadakan khoul lagi. silahkan anda membaca blog saya tentang pustaka bangun. semoga anda menjadi lebih tahu tentang bulus dan sejarahnya.amin
    sayyid r muh. rafi

  14. Ass.Ww.Salam knal dr saya.Alhmd. Trnyata ada respon tntang pustaka bangun yg sy trbitkan sjak staun yg lalu.Sdh sharusnya kt putra wayah mbah alim menjaga dan mghormati yg menurunkan.Aplgi sdr2 yg msh tgl di purworejo.Kalo bs sdr2 skalian mencatat keluarga msg2 sapa tau blm masuk di catatan nasab dlm blog saya..Bs ditambahkan.

  15. Krn ktrbatasan waktu saat itu,saya tdk bs merunut smua duriyah yg ada,krn saya sambi stiap sy ziarah ke tirip,sy minta kyai taslim menulis duriyah dsana,sy ziarah ke mbulus,saya minta pak durahman manten lurah,juga mbah zuhriyah unt.Menulis..Sy ke gebang,pak hafid sy mintai catatan jg,kmdian dr banyuwangi mengirimkan ctatan duriyah disana.Kmrn khoul paguan mbah tolabudin,saya br sarankan unt.Sgra dicatat duriyah paguan.

  16. Mengenai foto,sy alhmd.Juga tlh ambil gmbrnya mulai makam tirip,makam bulus/mbah alim,makam paguan mbah tolabudin,juga makam wonosobo,mbh segati,kyai dlm bandok,kyai dlm agung,martogati,ngalim marsitojoyo,dan singosuto smua msh dirawat oleh masy stmpat.Kmrn sy jg smpat ke mkam mbah wirondoho bruno,besan dari mbah alim..Mari kt smua jaga pepunden kita..Aplg sdr2 msh tgl di pwrjo.Kita sj yg sdh lair di kbm sj bngga jd duriyah mbah alim.Malamyaskuriñnas,lam yaskurillah

  17. Alhmd.Klg yg dikbumen silaturahmi msh rutin dgn klg purworjo spt,kyai mustafa gintungan,kyai taslim tirim,kyai zam zami paguan,klg ponpes solotiyang,banyuwangi dll.Alangkah indahnya jika silatrhmi kt kembali trbungkus dalam khoul beliau mbh alim bulus.Spt dulu..Kt jg msh sering brknjung ke kel.Mbah zuhriyah,bpk zahrowardi alm..Pak dur manten..Dll.Salam wr wb

  18. Mengenai bulus raksasa,skitar taun 80an,kyai taslim tirip jg pernah mlihat scara lgsung,pada pagi hari..saat itu bliau msh nyantri di sana dlm kpemimpinan wan agil..Untk.Lbh jelasnya dpt tanya lgsung ke beliau.

  19. Saya jg masih punya catatan nasab dr tumenggung dipodirjo yg didlmnya ada ctetan silsilah bupati purworejo cokrorejo/cokronegoro,jg nama2 para alm.Yg ada di makam cokronegoro.Trmasuk jg yg menurunkan keluarga baabud bulus.Mulai dr nyai tumenggung kasan munadi,brputra syarif ali&syarifah yg menjadi garwa trakhr mbah alim bulus,dsb.Ttp blm smpat sy trbitkan.Insyaallah sgra sy trbitkan.Smg brmanfaat

  20. andre says:

    saya sangat senang dengan blogg ini.. desa desa di purworejo di tampilkan, asal usul nya, dan trha yang menjabat… sangat membantu keluarga purworejo yang ada di kota lain.. terima kasih..

  21. sapto says:

    memang enak main kbulus krn istri sy asli oang bulus

  22. sapto says:

    mas ravie hub. mbah alim dg mbah roffi”i apa ya ? ditunggu trims

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Mengembangkan PKBM Purworejo berbasis IT menuju usaha produktif

26 - May - 2013 | indra.ngombol | 3 Comments »

Menengok ke Desa Bulus

29 - Oct - 2008 | yoyokr | 22 Comments »

Desa Mangunrejo Almarhum

14 - Mar - 2009 | slamet wijadi | 41 Comments »

Desa & Kelurahan di Kabupaten Purworejo

26 - Jan - 2009 | Raf | 81 Comments »

Bertani organik ala Sutomo Di Wingkomulyo

10 - Jul - 2008 | meds | 7 Comments »

Related Post

Blusukan ke Pasar Krendetan, Purworejo

13 - Sep - 2013 | Febri Aryanto | 21 Comments »

Foto-foto Purworejo 2

21 - Jan - 2009 | meds | 20 Comments »

Which one …Kutoarjo or Purworejo…?

21 - Feb - 2008 | Raf | 17 Comments »

Wisata Purworejo

3 - Sep - 2007 | meds | 15 Comments »

Durian Purworejo

23 - Jan - 2009 | geblex | 8 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net