Kemeriahan Isra’ Miraj di Antara Bukit Bruno

  14 - Aug - 2008 -   ekowisata-curugmuncar -   1 Comment »

Bruno, sebuah kecamatan di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah menyimpan banyak keindahan yang belum banyak terekspos, baik dari alam dan masyarakatnya. Lokasi yang dapat ditembuh selama 45 menit dari pusat kota Purworejo ini memiliki air terjun Curug Muncar dan beberapa sanggar kesenian tari Dolalak. Selain itu, wilayah yang dikelilingi perbukitan ini rupanya memiliki kebudayaan masyarakat yang cukup unik di setiap bulan Rajab menjelang hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat setempat melakukan arak-arakan untuk menyambut salah satu hari besar umat Islam tersebut. Setiap anak yang “khatam” Al Qur’an bertepatan atau berdekatan dengan hari Isra’ Miraj memiliki kesempatan untuk how to get viagra without perscription diarak menyusuri jalanan Bruno. Banyak pengaruh dari luar yang masuk, seperti anak-anak yang didandani pakaian ala Timur Tengah, replika unta, boneka ala ondel-ondel Jakarta, hingga badut-badut. Sebenarnya pemakaian pernak-pernik itu belum lama dilakukan. Sekitar sepuluh tahun yang lalu masyarakat berinisiatif untuk menambahkan unsur-unsur yang merupakan pengaruh dari tempat perantauan masyarakat setempat. Langkah itu dilakukan sebagai menambah warna-warni dan kemeriahan tradisi tersebut sehingga lebih menarik perhatian masyarakat untuk melihatnya.

Usaha tersebut ternyata membuahkan hasil dengan besarnya animo masyarakat, terutama warga Bruno sendiri. Jalanan mulai dipenuhi warga yang datang dari berbagai desa sejak sebelum arak-arakan mulai berjalan. Suasana lebih meriah ketika arak-arakan mulai berjalan. Tidak hanya iring-iringan yang menjadi tontonan, atraksi berdiri dari kuda-kuda yang ditunggangi peserta juga menarik perhatian penonton di sepanjang jalan.

Sangat lekat dalam ingatan saya tentang kemeriahan yang ada dalam acara Gerebeg di Yogyakarta yang mampu menarik pengunjung tidak hanya masyarakat setempat. Saya membayangkan event tradi Bruno ini semeriah Gerebeg Yogyakarta. Warna-warni yang ada dalam acara Arak-arakan Isra’ Miraj di Bruno ini sudah sepantasnya menjadi produk wisata yang dijual oleh pemerintah setempat.

Foto dan teks : Aditya Padana Putra

Category: Uncategorized, Tags: | posted by:ekowisata-curugmuncar


One Response to “Kemeriahan Isra’ Miraj di Antara Bukit Bruno”

  1. Smithf863 says:

    Very nice! dfbdddkdbc

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Pendopo Kawedanan Kutoarjo

23 - Oct - 2008 | sudutkreasi | 2 Comments »

Sapi dan Kapitalisme

14 - Oct - 2008 | masdodi | No Comments »

Usulan Kopi Darat Forum Purworejo JABODETABEK

22 - Oct - 2008 | cahmbegelen | 20 Comments »

PURWOREJO (sesungguhnya) KOTA POTENSIAL

2 - Jun - 2009 | eko_juli | 28 Comments »

Dua Sungai Meluap, Purworejo Kebanjiran

24 - Nov - 2008 | cahmbegelen | 13 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net