Kawedanan Kutoarjo , Bukti Sejarah dan Kini….

  5 - Aug - 2008 -   Raf -   57 Comments »


Menurut Wikipedia kabupaten Purworejo terbentuk atas gabungan dua wilayah yaitu wilayah pemerintahan Kutoarjo dan wilayah pemerintahan Bagelen yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda jauh sebelum masa kemerdekaan .

Bukti itu bisa kita lihat saat ini dengan masih berdirinya kantor pemerintahan di Kutoarjo yaitu kawedanan tempat kediaman pak wedono. Bangunan ini tampak terawat dengan taman yang tertata dan pendoponya yang nampak gagah .

Komplek pemerintahan yang terdiri dari , bangunan hunian seperti rumah, kemudian pendopo disambung dengan dua buah kantor dengan satu jalan ditengah .

Bukti lain bahwa bangunan ini sempat menjadi pusat pemerintahan adalah jika kita tilik dari layout yang sangat bercirikan perkantoran jaman dulu . Yaitu kantor pemerintahan menghadap ke alun – alun dengan sebuah masjid di sisi barat alun – alun . Dua contoh kombinasi bangunan yang merupakan konsep keseimbangan hidup yang ingin diciptakan dan saat ini sudah sulit ditemukan terutama pada komplek perkantoran modern.

Kantor camat Kutoarjo sendiri tidak menggunakan fasilitas gedung ini sebagai pusat birokrasi , namun mendirikan bangunan baru disebelah utara sekitar setengah kilometer dari kawedanan .

Beberapa tahun lalu komplek ini pernah menjadi tempat berdirinya museum Tosan Aji sebelum museum dipindahkan ke Purworejo . Pemanfaatan lain adalah di pendopo yang sering digunakan sebagai tempat berlatih sebuah sanggar tari , perpustakaan umum , pementasan wayang kulit , juga aula berbagai kegiatan mulai halal bihalal, pesta perkawinan dan lain sebagainya.

Mungkin jika anda pernah bersekolah di Kutoarjo , tempat ini terasa tidak asing karena anak sekolah sering memanfaatkan pendopo sebagai tempat istirahat saat ada kegiatan dialun – alun ataupun saat pramuka . Dalam radius sekitar dua kilometer dari tempat ini memang bisa kita jumpai puluhan sekolah mulai TK , SD ,SMP , SMA , Politehnik sehingga saat ada kegiatan dialun – alun seperti porseni atau upacara bendera tempat ini bisa dibanjiri oleh pelajar. Seperti di bulan agustus , tempat ini biasanya ramai oleh berbagai kegiatan dalam rangka menyambut peringatan hari proklamasi kemerdekaan.

Kawedanan , alun –alun dan masjid seakan menjadi simbol kota kecil ini. Jika sore tiba tempat ini biasa ramai oleh warga yang bersantai mencari angin dengan bersepeda , jalan kaki atau memakai kendaraan bermotor .

Anda punya waktu luang …? silahkan singgah sebentar .

Category: cerita, Tags: | posted by:Raf


57 Responses to “Kawedanan Kutoarjo , Bukti Sejarah dan Kini….”

  1. haryono says:

    ayahku dari desa Kaliwatubumi, dan ibuku dari desa Karangtengah, yang tinggal di kutoarjo saat ini paklikku Ponidin di Karangtengah dan masku Jamal di Kaliwatubumi,,dan saat ini kami tinggal di medan,, kalo baca blog ini inget mbah putri dan mbah kakungku yang sudah almarhum,,

    haru sekali,,,,

  2. kotamagetan says:

    salam, buat semuanya :-)

  3. hadi says:

    Dulu periode 1984-197, saya suka sekali dan sering ke perpustakaan di kawedanan, maklum saya waktu itu sekolah di SMP N 2 Kutoarjo. Dari komik sampai buku pelajaran saya lalap habis. Kutoarjo, sebuah kenangan yg tak terlupakan meski sudah 17 th saya meninggalkan Kutorjo.
    Salam buat anak-anak alumni SMP N 2 Kutoarjo terutama th 1987.
    hd_yuli@yahoo.com

  4. Budi says:

    Ada yang tahu nggak ya… th 1984, nama Ida Safitri, putri Bupati Purworejo thn itu. Dimana sekarang dia…

  5. Joko S says:

    Siapapun yang tinggal di sekitar Kutoarjo, mesti punya kenangan di Kawedanan/alun2 Kutoarjo

  6. Joko Setyoko says:

    Untuk Poro Sedulur di sekitar Kutoarjo kami sarankan barangkali berkenan untuk menghadiri Kangen-kangenan yg akan di selenggarakan di TMII tgl 18 Oktober 2009, sambil Wisata Kuliner khas Kutoarjo, Matur nuwun.

  7. hendrik subagio says:

    Hai temen2, sobat sobat yang kenal aku. salam persahabatan selalu aku angkatan 1984 SMP2 Kutoarjo,
    aku ingin sekali mengadakan reuni.
    thanks ya

  8. hendrik subagio says:

    oh ya salam buat joko yang katanya sekarang jadi lurah di daerah selatan juga salam buat Gayatri Dkk,

  9. tatik says:

    hai konco-koncoku alumni sd kristen I KTA, nek kawedanan ki tempatku blajar nari jowo tiap dino minggu sore.kiro-kiro tahun 80 an wah……… jan aku kangen pisan karo sampeyan kabeh……….

  10. tatik bambang las says:

    poro konco kabeh sak ndonya, khususnya alumni SMP N 5 Pereng Kutoarjo antara Th 1981 tekan 1983 wis podo sumembar ning iendi wae. Piye kabare…….Banyak kenangan lucu-lucu yang nggak bisa ilang diingatanku……….

  11. joshua says:

    PENGEN NONTOND KUDA LUMPING KHAS PURWOREJO DONK…………..TOLONG UPLOAD KE YOU TUBE ,,,

    KANGEN SAMA KUDA LUMPING TOLONG TOLONG SIAPA AJA YANG PUNYA UPLOAD KE YOU TUBE……

  12. h.paryono says:

    aku lahir di kta ,kecil di bandung smea di kutoarjo kembali lagi jawa barat dan sekarang pensiun di kampung ds sawangan pituruh, ada kenangan masa sekolah jika ada kegiatan olah raga tempatnya selalu di depan kawedanaan kutoarjo , beberapa kali aku menemukan batu aji ada merah ada hijau bagus2 ,aku simpan aja waktu aku pingin pakai eh kok ilang semua, baru setelah kantor tersebut dipakai museum tosan aja ,baru terpikir mungkin pada tempat tersebut ada aura gaibnya juga

    • Bondhi says:

      Ass Alkm…

      Saya anaknya Pak Paryono kapiteran PAk…. kok baru denger kalau di Sawangan juga ada yang namanya Pak Paryono ya….

      Salam sangking putrane pak paryono piteran….

  13. h.paryono says:

    melalui blog ini saya mencari teman2 smea negeri angkatan tahn 1969 ,ayo kita gabung dgn blog ini umur boleh tua , tapi semangat tetap muda

  14. h.paryono says:

    ass.wr.wb , kepada nanda bondy dr piteran salam kenal ya , bp ini dibawah pak guru paryono kapiteran ,dan diatas mas sumarno putrea pak lurah manten kpteran n nanda bondy mungkin sepantaran dengan anak saya adit priono angk. 1 poleteknik sawunggalih aji kelahirAN 1982 , MAS TONDI DULU SAYA SEKOLAH DR SAWANGAN KE SEMAWUNG DILAJU NAIK SEPEDA LHO, kali lagi banjir kepaksa nginap di piteran rumah lik purwo, main main ke rumah saya di sawangan barat masjid cat merah oke ditunggu ya

    • Bondhi says:

      As.Alk..

      nggih mangke menawi pulang kampung insyah alloh mampir…dek kolo wingi lebaran haji nggih muter2 lewat kaliglah, wonosido..mbalik lewat kijeng tumpuk terus ke kaligitung…mbalike liwat sawangan dungmbatur kalikotes…..

      wah sak niki sampun ngasuh nggih… nikmat banget hari tua di desa dengan suasana tentrem ayem mboten kados wonten metropolitan….

      Kulo rencang akrep kale Junanto sing saniki nyambet damel…njogo Cipinang meniko….

      mongggoh dipun teras aken angginipun similir similer…..

      salam
      Cahyo/Bondhipiteran

  15. tarjo says:

    kawedanan, jadi inget pulang sekolah mampir sebentar ke perpust. terus nyegat colt arah Purworejo. Pulang deh. (siswa SMP2 KTA – 1982-1985)

  16. edy widodo says:

    wah aku yo dadi kangen sak wise moco tulisan sing konco2 asal torjo,piye kbre,salam nggo konco2 smp n 2 kutoarjo angkatan 88 koyoto untari,jani,dwi joko,budi susilo,wanti,tulung sing kenal aku nyuwun kbre

  17. Andre Djatmiko says:

    Asswrwb. Salam kenal, tahun 1984 saya pernah KKN dengan seorang teman yg berasal dari kutoarjo, namanya Soryohadi panggilan akrabnya Dadik, sampai hari ini saya tidak pernah tau kabarnya. Dulu dia rumahnya di pinggir jalan sebelum jembetan kutoarjo, istrinya kalo tidak salah tinggal di kauman. Bila ada yg tau mohon bantuannya. terima kasih dan mohon maaf. Wass

  18. Ass Wr Wb…….. Sugeng pitepangan kemawon kulo Kliwon saking SOkoharjo Kutoarjo menawi sami ngendiko Kawedanan Kutoarjo kathah sanget ingkang dados memori utawi sejarah kulo piyambak naliko taksih sinau ing SMP Muhammadiyah Kutoarjo kulo lulus taun ajaran 1993/1994. sinten ingkang seangkatan kalian kulo…?? monggo pinarak.

  19. Eko Purwidianto, SE (Anto) says:

    Asslm.Wr.Wb….Kulo asli saking Kutoarjo, Gang Aglik Utara, rumiyin sekolah wonten SD Semawung Daleman I Kutoarjo lulus tahun 1977, lajeng SMP N 3 Kutoarjo lulus tahun 1980/1981 (sakniki SMP pinten?), lajengipun lulus SMEA N Kutoarjo tahun 1983/1984. Menawi Kawedanan Kutoarjo mboten pangling awit wantek kawontenanipun. Kulo pendak setahun sepindah mesthi wangsul Kutoarjo. Ingkang nengsemaken wonten ngajengan Masjid Jami’ Kutoarjo kathah jajanan lesehan, dados kawontenanipun gayeng sanget. Kulo sanget kangen dumateng poro konco lulusan SD Semdal ugi SMP N 3 Kutoarjo, ingkang dugi sepriki mboten nate tetemon. Dumateng Mbak Zubaedah kados pundi kabaripun? Zamiral, Sri Purwaningsih, Erna, Heru ugi sanes-sanesipun. Dumateng si kembar Mabk Tatik & Nanik taksik enget kulo? Meniko alamat email kulo : ekopurwidianto@yahoo.com

  20. kalo tidak salah sekarang bekas gedung kawedanan Kutoarjo dipergunakan sebagai rumah dinas wakil bupati Purworejo..

  21. supriyadi says:

    Assalamualaikum war wab
    ikutan nimbrung,
    saya pernah sekolah di SMA PMB Kutoarjo tahun 1978 – 1979 yang waktu itu gedung sekolahnya disebelah timur alun alun kutoarjo sebelum punya gedung baru. tahun 1980 pindah gedung baru di SMA PBM didaerah Katerban sebelah barat stasiun KA Kutoarjo. lulus tahun 1980 dan merantau ke Irian Jaya waktu itu, sekarang Papua, temen teman lamaku gak pernah ketemu mungkin lewat kesempatan ini ada membanca tulisan ini, ini alamat emailku : supriyadi.ypkp@yahoo.co.id matur nuwun salam kenal untuk semua

  22. kasiyat says:

    Ingat kawedanan kuthoarjo, jadi ingat waktu itu sekitar tahun 1990 an pada waktu itu dialun-alun ada pasar malam, kebetulan waktu itu panitia mengundang artis dari jakarta, dan yang mengiringi orkes dari magelang kalau nggak salah artisnya evi tamala yang lagi ngetop lagu dokter cinta, dan pembawa acaraya ucok minor kami nonton sama temanku namanya kuwat tapi karena nonton tak punya duwit buat masukbeli tiket akhirnya aku sama kuwat masuk nerobos pagar seng sebelah timur,yah karena kami masuk dan yang lain tiba-tiba pada ikut masuk semua yang berakibat jebolnya bagar seng tersebut datanglah keamanan polisi mengejar kami lari sembunyi masuk ke kawedanan ngumpet didalam ada pohon yang rindang, sementara temanku kuwat lari sendalnya terlepas nggak tahu kemana jadi pisah pas pulang sampai rumah pada cerita , jadi lucu kalau ingat dulu, sekarang sih kalau pulang nggak lupa mampir cari kuliner makanan favorit di alun-alun wedang ronde dan bakmi kidul wetan masjid, atur nuwun, slam persaudaraan !

  23. pujiyono says:

    Test

  24. pujiyono says:

    Saya dilahirkan di desa kese selolah di smep n grabag lulus th 1975 kemudian di smea n kutoarko lulus th 1978/1978 sekarang bekerja di pengadilan tinggi tanjungkarang mau mencari alumni smep dan smea dan mohon bantuan mas suparno lurah dewi dan mas sapon di polsek bayan purworejo dan untuk bapak amat khusaeri sh mh ketua pengadilan negeri ternate selamat bertugas

  25. Di tempat ini cintaku bersemi dan di tempat ini juga cintaku hilang. Lah jan, jadi teringat masa labil dulu. hehe..

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Dunia hantu orang Jawa

20 - Jul - 2011 | meds | 11 Comments »

Warnet pelosok & Firefox

18 - Mar - 2008 | indra | 3 Comments »

Hijaumu Balut Luka Rinduku (4)

31 - Mar - 2008 | Raf | 7 Comments »

KULO NUWUN…

1 - Apr - 2008 | cahloano | 4 Comments »

Sifat Manungsa Miturut Saka Entute

4 - Feb - 2009 | mas_pram | 9 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net