Main Ke Kongsi

  29 - Jul - 2008 -   meds -   8 Comments »

Waktu kecil, saat itu aku duduk di bangku SD (SD Kontroliran), di Purworejo masih sepi, atau lebih tepatnya tidak seramai sekarang. Sedangkan waktu itu yang punya tv saja masih sangat sedikit; aku biasanya kalau nonton tv di depan otonom (sekarang gedung DPRD, info yg saya tahu). Dan saat itu tentu tv pun masih hitam putih.

Kegemaranku dihari libur (Minggu) adalah jalan-jalan bersama teman, main ke Kongsi. Kongsi waktu itu terletak di depan gedung bioskop Pusaka (Kalau tidak salah sekarang fungsinya sudah menjadi pasar). Pergi ke Kongsi dari rumah selalu jalan kaki. Jadi dari rumah (Pangenrejo) ke Kongsi, lewat Plaosan. Waktu itu jalan di Plaosan sepertinya masih terbuat dari tanah dan batu.

Di Kongsi hal yang membuat aku suka adalah melihat tukang obat, yang dengan berbagai atraksinya untuk menarik orang membeli obatnya. Penjual obat tersebut biasanya menggunakan corong (speaker Toa) supaya banyak orang yang mendengar. Saya tahan berjam-jam berjongkok di depan tukang obat tersebut.

Hal lain yang aku lakukan di Kongsi selain nonton tukang obat adalah baca komik ditempat, dengan cara membayar dulu. Waktu itu di Kongsi ada penyewaan komik namanya Ester. Komik yang aku baca ada silat karya Ganes TH, Teguh Santosa atau Yan Mintaraga. Atau romanya Zaldi, Floren maupun cerita-cerita Andersen. (Sepertinya dengan uang 15 rupiah sudah bisa banyak baca komik)

Biasanya kalau main ke Kongsi aku dari rumah berangkat pagi, pulang-pulang kalau sudah lapar (jam 14.00 wib). Karena kalau bawa uang juga tidak untuk beli makanan, karena bawa uangnya sangat minim (sedikit). Dulu di Kongsi banyak orang jualan Burung merpati. Biasanya sehabis main di Kongsi, aku pulangnya lewat jalan A. Yani, lewat depan toko-toko, sambil lihat-lihat barang yang dijual dari depan tokonya. Namanya anak kecil, hal seperti itu sudah menyenangkan.

kiriman: riwi soto, riwisoto.bc214@gmail.com
ditungu tulisan berikutnya pak.

Category: cerita, Tags: | posted by:meds


8 Responses to “Main Ke Kongsi”

  1. masnur says:

    mbiyen aku sring yo dolan nag kongsi jamane aku sekolah kang…salam kenal aj …………..

  2. Sadat says:

    Sukanya dulu liat2 kaset bajakan :D
    wah dah bertahun-tahun gak masuk kongsi
    skrg kek apa ya

  3. indR@ says:

    sekarang kongsi jadi terminal angkot… trus ester jadi toko buku.. komik jg ada

  4. Ery Kusriyanto says:

    Aku yo cah Lor Pusaka, manggon omahe mbah Mangun gedong, ngarepe Jagale Kirman, gawene nyewo komik Ester (wah saiki nang endi si Ester kae), karo ndelok tukang jamu podo promosi nang kongsi; nyenengke yen eling Pwr jaman semono, mbuh saiki koyo opo Kongsi. Opo isih nyaman mlaku-mlaku sore lewat pecinan yo? soale mesti saiki brisik lan ribed, eh yo nang pecinan biyen aku duwe konco sman pwr Yong We ( restoran Canton ) piye kabarmu We? Nang Loano ono Titik Handayani ( piye kabarmu jeng Titik?) Nang mburi Pusaka ono si Amat Ayadi, biyen gawene nonton film India bioskup Pusaka. terus nang daerah Kerkopan ono mbak Srihadiningsih, Duto Pamungkas (piye kabarmu Duto, nang ndi saiki? NangBaledono anao mbak Nanik Fauziah, mbak Muchlisah, Mujiyem, Sueb dll ( pakabare ? ) Wis yo samene disik, aku: KOES/YANTO ex III.B3 SMAN Pwr lulus 1972; Salam kangen yo, podo andum slamet kabeh. (erikomailing@yahoo.co.id)

    • purwanto says:

      nek Mas Ery konco sak angkatane DUTO PAMUNGKAS,aku ono info setitik. aku wias tau ketemu Duto kiro2 tahun 95 an, ra sengojo ketemu pas oo meeting urusan gawean. ketemune nang Hotel SUMPUR danau singkarak sumbar. Duto mewakili instansinya PTBA Sawahlunto. aku sempat ngobrol sedelo, dia adik kelasku di smp2 pwr.
      demikian sekilas info sekalian salam kenal

  5. purwanto says:

    aku malah isih kelingansing dodol obat nang kongsi mbiyen salah satunya jenenge PAK BASRI. Aku mbiyen nek cukur sok neng kongsi nggon sing cedake wong tukang obat kono.
    Kongsi naliko semono sok nggo nyimpen Liong karo Samsi ( Barongsai ). Biasane metune nek ps pawai pitulasan.

  6. Ery Kusriyanto says:

    Ternyata tidak mudah untuk menyisir menemukan teman lama.

  7. agus chabul says:

    aku kelingane nk dolan ng kongsi arep blajar dolanan klutuk kang………..

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Anak Petani.

24 - Jul - 2008 | massito | 4 Comments »

Kejutan Yang Menyenangkan

12 - Apr - 2009 | slamet wijadi | 8 Comments »

Bersekolah Tanpa Beli Buku

2 - Dec - 2008 | gios94 | 4 Comments »

Bahagianya hidup di purworejo

5 - Feb - 2009 | fadly | 29 Comments »

Bertemu sesama warga Purworejo di RSPI

15 - Apr - 2012 | Agung Prastowo | 9 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net