Landmark di Purworejo Barat Laut

  14 - Jul - 2008 -   Raf -   33 Comments »


Di Purworejo banyak dijumpai tugu ataupun patung sebagai tengara bahwa anda sedang berada di wilayah Purworejo . Memasuki batas kota sebelah barat anda disambut patung pahlawan revolusi Jenderal Ahmad Yani , di tengah kota tepatnya di Pantok akan anda temui patung komponis lagu Indonesia Raya , WR Soepratman. Berlanjut kearah selatan patung kambing etawa menjulang megah dipertigaan jalan Jogja – Goa Seplawan.

Satu lagi tugu yang mungkin jarang anda temui karena berdiri jauh dari pusat kota namun sebagai lambang bahkan landmark daerah dimana tugu tersebut berdiri. Seperti gambar diatas adalah tugu pralambang kecamatan Pituruh.

Jika anda dari Klepu kearah utara , setelah desa Wironatan tugu seperti diatas bisa ditemui ditepi jalan , ini menandakan bahwa anda bersiap memasuki wilayah kecamatan Pituruh . Selanjutnya di tengah alun – alun satu tugu berdiri dengan gagah entah dari tahun berapa .

Tugu terbentuk dari initial angka 7 , huruf R dan seperti angka 1 dibelakang terpisah serta logo kabupaten Purworejo di bagian depan. Mirip initial CR7 punya Cristiano Ronaldo ya.. , namun saya yakin initial kecamatan Pituruh jauh lebih dulu ada sebelum CR7 .

Bagi anda yang mengetahui secara persis makna dan arti dari initial diatas silahkan dijelaskan kepada kami .

Bagi yang punya waktu silahkan jalan – jalan ke barat laut Purworejo , di sebuah kecamatan yang terdiri dari desa di dataran rendah dan sebagian desanya berada diperbukitan. Pesona hijaunya hemm…

Category: cerita, Tags: | posted by:Raf


33 Responses to “Landmark di Purworejo Barat Laut”

  1. Mbah Suro says:

    Sabtu tanggal 5 Juli 2008 saya nostalgia ke SD Prapag Lor Kec. Pituruh tempat mantan pacar saya sekolah.
    Asyik mas… pesona hijaunya dan gemericik air sungainya ngangeni.

  2. Anonymous says:

    Kita memang perlu menggali peninggalan yang mungkin masih ada diwilayah purworejo, karena sebagai kota mestinya banyak peningglan sejarah yang perlu dilestarikan.
    Bedug Purworejo sudah cukup terkenal, tapi asal muasalnya kok belum diungkapkan. Tolong kalau ada yang tahu. ceritakan disini, supaya banyak yang tahu.
    Mas sito

  3. bethoro indro says:

    Dik Raf
    Apa sudah ada patung duren?
    dan apa sdh ada peremajaan pohon2 duren di sumongari?
    Jangan kalah dong sama duren montong.
    Wass.

  4. masnur.blogdetik.com says:

    itu yang buat arsitek dari man yaa

  5. sarifmangir says:

    setiap akhir semester saya selalu mudik ke kampung halaman saya , wanurojo kemiri purworejo ,
    senang rasanya bisa menghirupsegarnya udara di pegunungan. setiap kali pulang saya sempatkan untuk mampir ke rumah teman . saya mohon alumni sma 2 purworejo tahun 2004 ikut forum ini

  6. Raf says:

    Mbah Suro –> seminggu setelah saya melintas jalanan itu berarti mbah juga melintas , biasanya di sungai pinggir jalan aspal banyak orang nangkap ikan lho Pak , tap pas aku lewat ndak ada ….

    Pak Sito –> salam kenal , bagaimana kalau untuk mulai Bapak menulis sejarah daerah Ngombol dan sekitarnya , pasti menarik , seperti cerita wayang kardus itu ..

    Pak Indro –> seperti komentar mas Yoyok pada artikel sentra durian , kelihatannya peremajaan jalan ditempat , namun purworejo news memberitakan budidaya durian di kec Bagelen yg dilakukan secara intensif.

    Mas Masnur –> salam kenal , yg jelas arsiteknya cukup inovatif pada jaman itu

    Mas sarifmangir –> Desa Wanurojo itu lewat desa Kerep ke arah utar yaa…saya pernah sampai ke Wanurojo dulu pakai sepeda , udara yang sejuk disiang hari sangat nikmat , terus pemukiman warga yang cenderung bergerombol kearah sumber air juga punya pesona sendiri. Ayo tulis cerita ttg desa Wanurojo …kami tunggu ya..

    Wassalam ,
    Raf

  7. BBM says:

    setiap miggu saya pulang kekampung saya di wunut city, wanurojo, kemiri, purworejo. desa saya sama dengan desanya sarifmangir. sarif kapan kamu mau pulang kedesa kita yang sangat nyaman di purworejo loooo…! entar klu pulang bawa oleh2 yaaa..!!

    buat anak2 PN Purworejo kelas TAV angkatan 2006 pada kemana nech….!! kapan kita reuni, udah kangen nech..!! (MUSAL)

  8. Anonymous says:

    kok sepi si

  9. Anonymous says:

    halo semua kewanurojo yuk,,,! para anak2 wanurojo mana nech…! khususnya anak wunut…

  10. as wunut says:

    syarif kpan blk

  11. AS WANUROJO says:

    BUAT ANAK ANAK WANUROJO AYO BERGABUNG……..!!!!!!

  12. MUSAL says:

    ANAK2 ALUMNI SMK PN TAV ANGKATAN 2006 PADA GAK NONGOL NECH………!!!!!!!!!

  13. denbaguse says:

    Ankatan 2005…nie di sinie….

  14. parman says:

    Haloo …, untuk anak2 Paitan(kemiri), ditunggu atensinya juga.., saya dari Dusun Krajan Wetan, Paitan, kemiri Pwr…

    Parman
    Alumni STM N1 PWR ’96

  15. kesawen jadi kota says:

    waktu lebaran ke desa kesawen saya sangat kagum dgn daerah tersebut tempatnya sangat strategis.kesawen utara perbukitan dan kesawen selatan dataran rendah/persawahan jadi udaranya jg masih segar.di samping itu jg ada peninggalan bersejarah yaitu goa gong.tapi sayang kurang diperhatikan pada pemda setempat.jlan jg sudah bagus semua.from Anung T.W no telpn 081387977936.rumah depan balai desa kesawen

  16. Nungky Kusuma says:

    Salam buat anak2 purworejo.buat guru2 smp muhammadiyah pituruh.khususnya alumni thn 2000.masih ingt ga sama aku Anung T.W.Salam buat keluarga besar bpk Saino ds kesawen.bpk kamad.remaja2 kalitepus khususnya ngadiyo,aji gudel yg masih mblangsak,moko sigit,anjas,sapari, teguh panut.dan keluarga besar pak sarino.terima kasih.jg keluarga besar ibu karti.terima kasih ANUNG T.W NO HP 081387977936.HUB SEGERA UNTUK MENJALIN PERSAUDARAAN.

  17. Nungky Kusuma says:

    salam buat keluarga di cikarang.khususnya keluarga marlina.saya jg prihatin melihat kota cikarang yang masih minim akan tingkat pendidikan.sehingga bnyk penduduk pribumi yang jadi pengangguran akibat dari tidak punya lulusan.dan saya berpesan tingkatkan pendidikan anda.masa depan bangsa ada di tangan anda.Anung.tw.salam buat PM.Wayan,PM.Nyoman,PM.Titan.

  18. syarif says:

    semoga purworejo jaya selalu

  19. syarif says:

    bagi anda yang ingin melihat profil desa wanurojo silahkan msuk ke alamat berikut:
    http://blogdesawanurojo.blogspot.com
    http://sekolahwanurojo.blogspot.com
    http://wanurojoku.blogspot.com

    mohon berikan komentar yang sifatnya membangun
    nuwun ….
    wasalamualaikum

  20. heri pius 92 says:

    kalau inget klepu…. ingat aku sama gadis bernama fitri, anak sma pius bu bayan dari klepu (kalau gak salah anak wironatan) yang sempat singgah dihatiku… walau dia tidak tahu.. (kasihan deh gw). Dimanakah kamu sekarang fit?????

  21. conan says:

    salam untuk orang perantau asal purworejo khususnya wong desa wunut ngombol.salam juga untuk anak2 alumi STM INSTSIA KTA 1999.salam kompak slalu.buat pa guru PRIO,AGUNG,URIP makasih atas bimbingannya hingga saya bisa jadi orang di kota subang jawa barat.suskes selalu.sigit hermawan conan_sinichi_xxx@yahoo.com

  22. conan says:

    hidup kadang g seperti yang kita harapkan tapi kita ga boleh putus asa karena masih banyak hal lain yang belum kita coba.belajarlah untuk tersenyum melihat masa depan.untuk guru-guru SDP N Pucanggading wunut ngambol, guru-guru SMP N1 Ngobol, guru-guru STM Institut Indonesia Kutoarjo terima kasih banyak telah mendidik & membimbing saya sehingga saya tahu apa arti hidup.Jasa kalian ga akan pernah saya lupakan.wunut ngombol kutoarjo purworejo kota kecil yang sangat berarti.
    sigit hermawan.

  23. conan says:

    untuk temen-temen saya dari TK Kartini, SDN N PUCANGGADING th 1993, SMP N 1 NGOMBOL kls 1B, 2E, 3B th 1996 & STM INSTITUT INDONESIA KUTOARJO mesin mekanik th 1999 tlong hub saya di 085659158544

    sigit hermawan

  24. fir says:

    toko firdaus pituruh……………..

    pituruh oke

  25. vha says:

    salam..
    Katanya banyak goa-goa cantik di Purworejo selain Goa Seplawan..
    Maka dari itu,
    Mohon infonya yah goa-goa apa z.. baik horizontal maupun vertikal…
    Mohon secepatnya..
    gak sabar berpetualang sih.. hehehe..
    Trimakasih banyak… ^^

  26. Anston says:

    VHA.. kalo berani ada GOA yang pasti menantang buat petualang. Yang pasti di Desa :GN Condong / Bruno ada banyak goa yang masih alami.. silahkan datang aja.
    Info : 081584021494

  27. ikawa says:

    wanurojo-kemiri-purworejo

  28. ikawa says:

    LANJUTKAN PENGASPALAN DESA WANUROJO KeUTARA. LEBIH CEPAT LEBIK BAEK…………..TANGGAP ASPAL

  29. slamet says:

    halo wong kampung….aku slamet pgen gabung dari timur bangsa ini tepatnya di Papua citi….wong nduwet gmana kbarnya pati telo payu po ora…
    bagi temen SMP PGRI alumni 2002 kalian jangan lupa sama slamet riyadi 3A wong wanurojo.

  30. new_ripto@yahoo.com says:

    tenang aja ms slamet, pati telo harganya semakin melambung. pak nur aja udah bisa beli kuda… di situ aman2 ajakan?

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Mbah Jurang

3 - Mar - 2010 | Riyadi | 8 Comments »

Main Ke Kongsi

29 - Jul - 2008 | meds | 8 Comments »

Bahagianya hidup di purworejo

5 - Feb - 2009 | fadly | 29 Comments »

Turis mudik

23 - Jul - 2008 | massito | 3 Comments »

DEMAM PRAMEKS

30 - Jan - 2009 | geblex | 12 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net