Mengenal Makanan Khas: Clorot

  6 - Jun - 2008 -   meds -   17 Comments »

Ada yang tahu clorot? Ini adalah makanan tradisional khas Grabag. Terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus. rasanya manis, kenyal. Yang unik dari Clorot adalah cara membungkusnya, menggunakan daun kelapa muda, dibuat melingkar, berulin, memanjang, tengahnya diisi adonan, lalu dikukus.

hidangan clorot
Menghidangkan Clorot

Untuk memakannya juga butuh cara yang unik, yaitu ditusuk dengan jari dipangkalnya, maka keluarlah. Ini agak porno kalau menusuknya menggunakan jari tengah.

Makanan ini favorit sebagai hidangan arisan, pertemuan kecil, rapat di balai desa. walaupun termasuk kue segar, Clorot bisa tahan hingga esok hari. Dulu waktu masih sekolah di Jogja, clorot merupakan oleh-oleh favorit saya,(selain Emping Melinjo ) yang ditunggu teman-teman, serunya waktu membuka bungkusnya, bareng-bareng “mana yang paling panjang?”.

gambar clorot purworejo
gambar Clorot

Bagi yang kebetulan main ke Grabag jangan lupa beli untuk oleh-oleh. Tersedia banyak di Pasar Kecamatan Grabag, tapi membelinya pagi hari. Siang hari pasti sudah habis, laris.

yang dari Grabag, mungkin bisa menambahi dengan foto atau cara pembuatannya, boleh dikirim atau berkomentar.

pengirim: sumedi
Gambar Clorot oleh: mas Raf

Category: kuliner, Tags: | posted by:meds


17 Responses to “Mengenal Makanan Khas: Clorot”

  1. Raf says:

    Di Kutoarjo kayaknya juga sering saya temui clorot . Banyak dijual pagi hari disekitaran jalan Tanjung Anom.

    ‘Ntar deh kalau ada gambarnya saya kirim , sebagai pelengkap info kuliner Purworejo ( insya alloh ).Mudah2an ada yang jual

    Raf

  2. indr@ says:

    I love clorot very much….

  3. Indro Saswanto says:

    Ha ha ha untuk memudahkan keluarnya clorot harus di ‘gilig’2 dulu mas, dengan kedua telapak tangan sambil merem. baru ditusuk pake jari.

  4. mastogog says:

    haha kalu ingat clorot gwe jadi ingat dengan kampung halaman gwe

  5. Zanuar Didik Bintoro says:

    iki pancen makanan khas poerdjo…
    ning nek nggo oleh2 ketoe ga iso tahan lama yo…aku pengen nggowo nggo oleh2 neng mbogor, piye carane yo ben ga basi…hehehe…
    (pake pesawad iso kali yo omm…hehehe…, opo dilebokke kulkas…xixixixi…)

  6. Anonymous says:

    clorot pancen enak tenan

  7. Anonymous says:

    aku dadi pingin mulih nang thorjo,ben omahku nang terban lor tapi aku ndisik sering golek clorot nang pasar thorjo,salam kanggo cah terban lor.

  8. cah pordjo says:

    wew… CLOROT…!
    DEMEN bgt tuw..!
    nyuwun lah…………………………………………………………………………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. Anstonbruno says:

    ono sing gelem ngirimi nana jakarta ora ki clorote?

  10. cah mbantul says:

    ingat clorot, ingat ketika aku pertamakali menginjakkan kaki di desa roworejo grabag (waktu masih jadi mahasiswa kkn dulu sih!). Lucu juga sih ketika tahu cara makannya; digliyer-gliyer dulu baru didudul pakai jari. Saking kesengsemnya sama clorot temanku si mbuik (sekarang sudah dokter kewan, dimanakah kau sekarang?)itu clorot ditaruh di saku celana untuk bekal survey lapangan.

  11. wetan grabag says:

    weleh2…?
    trnyata produk asli mbokku terkenal jg yo…., sjak q klas 2 sd, mbokku tiap hr bikin clorot trus pg2 di bwa ke pasar grabag…..,
    xxxxxx…. aq jd pengen balek kampung…,
    ”mbok clorote teseh mboten….?

    • Bondhi says:

      Boss…aku wingi muleh gek lebaran haji….mampir nang omahe Ary Poyeng…wetan pasar nggrabag…golek clorot sekalian kanggo sangu ning ketawang-congot-glagah…kok gak nemu yo…..

      Ary Poyeng..mbuh nylungsep jeruh banget…gak pernah nongol2 maneh….

  12. jogjakurma says:

    baru denger :D diangkat jadi oleh2 wisata daerah dong

  13. robert says:

    dadi kangen…..???
    Ning…. Lampung ga eneng…..
    Kapan yooo… Biso maem clorot

  14. yuli susanti says:

    tahan sampai 2 hari

  15. yuli susanti says:

    siapa yg mau pesan,tp datang ambil sendri yah,ds.grabag kec.grabag kab.purworejo Jawa tengah.no hp.081392810944:facebook:yulisusanti@yahoo.com

  16. lilik says:

    Saya di jogja bertahun-tahun kok sepertinya ndak pernah melihat kue terebut.

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Dawet pasar baledono

25 - Sep - 2007 | papacharlie | 2 Comments »

Tempat Makan Di purworejo

18 - Sep - 2007 | meds | 16 Comments »

Mengenal Makanan Khas: Clorot

6 - Jun - 2008 | meds | 17 Comments »

DAWET IRENG

24 - Jul - 2008 | gusboret | 5 Comments »

Info Kuliner Purworejo ( artikel tambahan )

8 - Apr - 2008 | Raf | 6 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net