Sentra Durian di Purworejo

  21 - May - 2008 -   Raf -   4 Comments »

( sebuah catatan ringan )

Saat musim buah durian tiba , kawasan kabupaten Purworejo bisa dipenuhi oleh buah yang berbau harum dan sangat menggoda . Dipusat kota penjualan banyak ditemukan di pasar terminal lama Purworejo . Sedangkan untuk lebih dekat kepada konsumen banyak dijajakan di sepanjangan jalan luar kota baik menuju Jogja , Kutoarjo maupun Magelang . Durian dijajakan dipingir jalan cukup menggelitik selera pengguna jalan untuk singgah menikmati buah sambil menikmati paduan hijau lahan dan silir angin persawahan .

Jika kita tanyaka kepada penjual tentang asal durian yang mereka jajakan , kebanyakan dari mereka akan menjawab durian asal kecamatan Kaligesing . Memang kawasan kecamatan Kaligesing dikenal dari dulu sebagai produsen durian yang terkenal untuk daerah Purworejo . Bahkan saat ini di daerah tersebut durian dikembangkan dengan metode yang lebih modern dan skala yang lebih besar .

Daerah lain yang pernah aku kunjungi sebagai penghasil durian ( walaupun jumlahnya tidak banyak ) ada didaerah Grabag . Pohon ini tumbuh alami dipekarangan rumah penduduk . Saya pernah menikmati durian Sangubanyu saat diundang berkunjung oleh rekan saya . Rumah dengan pekarangan luas ditumbuhi beberapa pohon durian yang masih produktif dan menghasilkan buah yang lezat .

Untuk jumlah yang sedikit lebih banyak , bisa dijumpai mulai dari desa Duduwetan terus kearah barat sampai desa Nambangan . Biasanya pedagang mengumpulkan durian dirumah mereka sebelum dijual kepasar . Saat berkesempatan mengunjungi ke rumah pedagang , kulihat banyak durian dari segala ukuran siap dipasarkan hingga ke Kutoarjo. Menurut penuturan mereka , buah itu dikumpulkan dari rumah – rumah sekitar namun karena malam hari saya kurang bisa melihat seberapa banyak populasi pohon durian disekitar situ. Untuk rasa dan aroma terasa durian banget gitu loh …mungkin karena tumbuh alami . Dengan harga yang masih miring kalau hanya sekedar kenyang durian bisa anda dapatkan ditempat ini waktu musimnya .

Saya yakin pohon ini juga tumbuh dan berbuah didaerah lain dari yang saya sebutkan diatas.

Jika ingin mencoba silahkan ..mudah – mudahan pohonnya masih tumbuh dan berbuah , serta turut serta menghijaukan Purworejo .

Category: cerita, Tags: | posted by:Raf


4 Responses to “Sentra Durian di Purworejo”

  1. yoyokr says:

    Memang sebaiknya kita jaga kelestarian pohon durian shg durian tetap jd icon purworejo, tetapi kondisi saat ini, di kec kaligesing banyak pohon durian yang tua dan tak produktif, itupun jumlahnya semakin berkurang…smg pak Bupati memperhatikan hal ini,agar anak cucu kita tak hanya tahu sejarahnya saja tetapi benar2 masih bisa menikmati durian dari kotanya sendiri…

  2. Raf says:

    Betul sekali Mas Yoyok..

    Memang kita perlu gali dan lestarikan potensi yang akan menjadi icon Purworejo ..

    Ayo ,siapa yang akan mulai investasi..? Agrobisnis di purworejo prospektif lho…

    Wassalam,
    Raf

  3. alfianto says:

    setahu Saya di Nambangan Pohon Durian kususnya yang Produktif mungkin bisa di ituung dg jari karena setahu saya nambangan bukan sentra durian beda dg daerah Dudu wetan dan sekitarnya yg banyak pohon durianya.mungkin Nambangan lebih Cocok di sebut sentra Pekerja keras karena wong banyak wong Nambanga yang cuma bisa ngasak pari didaerah lain coz nambangan sawahnya tadah hujan jd panen pari tiadak bisa seperti daerah lainya.

  4. [...] 21 May 2008 — Sentra Durian di Purworejo (3) [...]

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net