Hijaumu Balut Luka Rinduku (1)

  9 - Jan - 2008 -   Raf -   3 Comments »

Aku lahir dan besar di kabupaten Purworejo , sebuah nama yang saat ini begitu indah dan kurindukan . Lima belas tahun lebih kawasan penuh panorama didaerah Kedu bagian selatan tersebut aku tinggalkan . Walau banyak wilayah Indonesia pernah kudatangi , namun anganku selalu menekan dan mendesak rasa dalam dada tuk kembali , hingga kutemui namamu dalam sebuah forum blogger .

Aku bersyukur pada Yang Maha Kuasa , karena setidaknya sekali dalam setahun berkesempatan menengokmu. Areal sawah pertanian satu tempat yang tidak pernah kulewatkan bersama teman hidupku …………………….

Perjalanan menuju ke salah satu daerah di Kutoarjo bagian utara. Dari Purworejo menuju Kutoarjo , kita belok kanan setelah melewati jembatan kali Jali. Jalan lurus keluar kota , mendaki sebuah bukit ( masyarakat sekitar menyebutnya Gunung Tugel ). Perlu hati – hati ketika menuruni bukit karena jalan berkelok – kelok dan sempit serta lalu lintas ramai . Saat pagi dan sore , pada hari – hari sekolah jalanan ini dipenuhi oleh anak sekolah yang mengendarai sepeda pada hampir semua badan jalan.

Selesai turunan akan didapati hamparan lembah seperti gambar diatas . Areal persawahan desa Sukoharjo yang menghijau sepanjang tahun . Tanaman padi di musim hujan dan tanaman palawija di musim kemarau bagai zamrud dalam untaian katulistiwa . Pohon asem jawa disepanjang jalan aspal ( sebagai urat nadi perekonomian wilayah ini ) turut memanjakan kesejukan pandang. Disisi timur jalan , membentang bukit Gunung Tugel dimana mentari keluar dibaliknya setiap pagi siap menyapa warga . Di kaki bukit mengalir saluran irigasi modern dari Waduk Wadaslintang yang dihuni oleh biota air sebagai penyedia protein hewani berupa ikan , udang , kepiting bagi daerah yang dilaluinya. Kala senja daerah ini menawarkan kedamaian dengan semilir angin , rona jingga temaram sang surya , lalu lalang warga kembali dari aktivitasnya . Luka rinduku terobati saat itu , namun akan membawa lara kala jauh seperti saat ini .

Artikel berikutnya mengenai catatan perjalanan disebuah kawasan tak jauh dari artikel diatas ( Insya Alloh ) …..sampai ketemu lagi….

Category: cerita, Tags: | posted by:Raf


3 Responses to “Hijaumu Balut Luka Rinduku (1)”

  1. meds says:

    wah, ini sawah selatan kaligesing ya? pernah lewat waktu main ke wirun. memang hijau, adem, dan menyegarkan. Pemandangannya juga bagus. Selatan gunung tugel, utara gunung jauh..

  2. Anonymous says:

    Yep….pengamatan yang akurat, memang tema-nya wilayah sekitar situ

    Hobby menelusuri wilayah juga nih…

    Ok deh tunggu artikelku berikutnya sambil tebak-tebak gambar siapa tahu pernah lewat …

  3. bagonk says:

    salam kenal mas gimana kabarnya zemoga baik dan sehat selalu

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Warnet Pelosok & Firefox episode II

22 - Jul - 2008 | indra | No Comments »

Sifat Manungsa Miturut Saka Entute

4 - Feb - 2009 | mas_pram | 9 Comments »

Bersekolah Tanpa Beli Buku

2 - Dec - 2008 | gios94 | 4 Comments »

Hijaumu Balut Luka Rinduku (3)

1 - Mar - 2008 | Raf | 2 Comments »

Mengenal Bapak Slamet Wijadi

9 - Apr - 2009 | meds | 37 Comments »

© copyleft - 2008 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net