Wisata Purworejo

  3 - Sep - 2007 -   meds -   15 Comments »

Pantai Ketawang
Terletak di wilayah kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Pintu masuk dari Desa Ketawang, namun wilayah pantai meliputi garis pantai sepanjang kurang lebih 3 km sampai pantai Pasir Puncu. Dapat di tempuh dari Kutoarjo 12 km, bisa juga dari arah Jogja dan Kebumen lewat jalur selatan.

pantai ketawang grabag purworejo

Merupakan wilayah pantai pasir hitam dengan ombak dan angin yang besar. Tiap Idul Fitri, tempat ini dikunjungi banyak wisatawan lokal, baik dari wilayah Grabag sendiri maupun dari wilayah yang iaju, seperti Bruno, Winong, Kemiri.

pantai ketawang grabag purworejo

Pantai ini ramai karena ada semacam adat, kalau Lebaran, ada namanya “riyayan”, lamanya satu pekan. Pada hari kedelapan dinamakan syawalan, hari penutup wisata. Selama 8 hari itu biasanya orang-orang menggunakannya untuk berwisata pantai bersama keluarga, bagi yang muda-muda, untuk cari kenalan.

pantai ketawang grabag purworejo

Sebenarnya tempat ini biasa saja, masih butuh banyak penataan untuk dijadikan sebagai tempat wisata modern. Tempat yang panas dan tidak adanya peneduh menjadi salah satu ketidaknyamanan, namun hembusan angin pantai yang keras meringankan panasnya matahari.

Tak perlu repot membawa makanan, aneka warung menjual kupat tahu, mie ayam, bakso, sate, atau rames berjajar sepanjang pantai. Juga aneka minuman seperti dawet, es buah, atau teh.

Pantai Pasir Puncu

Terletak sekitar 2.5 km dari pantai Ketawang. Bisa dituju dengan jalan kaki menyusuri pantai. Bisa juga dengan mobil atau motor, melewati pinggiran ‘hutan’ bekas galian penambangan pasir besi.

Objek yang menarik, pantai terletak di muara sungai awu-awu, ada bekas dermaga buatan Belanda yang tak lagi digunakan. Dari dermaga ini kita akan menyaksikan ombak yang besar menabrak batu, mengakibatkan air naik ke udara. Di sisni juga tempat yang cocok buat memancing.

Pantai Keburuhan
terletak di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol. Letaknya berseberangan dengan Pantai Pasir Puncu yang ada di Kecamatan Grabag. Untuk ke sana bisa menyeberang dengan perahu dari pantai pasir puncu, atau naik mobil dan motor, kendaraan sudah bisa ke pantai.

Pantai Siledok/ genjik

berada di muara sungai rowo yang merupakan perbatasan kabupaten purworejo dengan kabupaten kebumen. Kalau Pasir puncu di batas timur kecamatan grabag, Siledok di batas barat kecamatan grabag, juga batas barat Kabupaten purworejo.

pantai genjik/ siledok, grabag, purworejo

Objek berupa pantai pasir hitam, bangunan pengarah arus sungai (jeti).cocok buat memancing. Aiar payau. Untuk ke silakan susuri jalan daendels dari ketawang seitar 8 km, sebelum ketemu jembatan, ada jalan masuk.

Sayang, ke empatr pantai tersebut hanya ramai pada libur lebaran atau hari minggu puasa.

—————————————————————-
GEGER MENJANGAN

Kawasan pegunungan, termasuk barisan bukit menoreh. Dari puncak bukit ini kita bisa meandang lepas kota Purworejo, bahkan jauh ke selatan, pantai selatan. Jalan setapak yang mendaki menjadi keasyikan tersendiri asyik untuk jalan-jalan.

Perjalanan dari pintu masuk obyek hingga puncak bukit memang cukup mengasyikkan. Wisatawan ditantang untuk membuktikan kehandalan tenaga dengan mendaki bukit yang tingginya sekitar 175 m di atas permukaan laun. Setelah sampai di puncak, wisatawan akan menemukan sebuah bangunan berukuran 6 x 10 meter, itulah gardu pemanfangan yang sengaja dibangun untuk menikmati keindahan Kota Purworejo dan Pantai Selatan.

Selain itu, kawasan Geger Menjangan masih menawarkan beberapa obyek rekreasi lainnya, yaitu taman permainan anak dan kolam renang. Kolam renang dan taman pemancingan terletak di pintu masuk kawasan.

Untuk mencapai ke sana bisa naik angkutan jurusan Kalibata, jalan yang arah ke Magelang, dekat dengan pusat kota kabupaten.

PANTAI JATIMALANG

Pantai Jatimalang yang terletak di Desa Jatimalang Purwodadi luasnya ± 20 Ha banyak dikunjungi para wisatawan, dimana sampai dengan akhir tahun 2001 sekitar 7.000 orang. Peluang yang ditawarkan adalah Pembangunan Camping Ground, Arena Hiburan Anak, Hotel dan Rumah Makan, serta Sirkuit Three in One (pacuan Kuda, Road race dan Mottocross). Prasarana penunjang yang ada di Pantai Jatimalang adalah jalan desa hot mix, Fasilitas obyek sederhana seperti gasebo 2 unit, jalan paving dan penghijauan sekitar lokasi. Sumber: jawatengah.go.id

Artikel lain, pengalaman yang ditulis oleh Mbah Suro, veteran Pemadam Kebakaran. Semoga pembaca lebih bisa membayangkan pantai Jatimalang dengan cerita Mbah Suro yang membuai.

Air terjun sumongari di kaligesing
Anda warga kaligesing? Punya data, foto, atau cerita mengenai air terjun Sumongari? Kirim saja kemari, mari promosikan ke dunia. Go purworejo global!
—————————————

Hotel Di Purworejo

Bagi yang berasal dari luar daerah, atau kebetulan kemalaman, mau melewatkan malam di purworejo, tersedia hotel kelas melati. Sementara data baru untuk kutoarjo, silakan teman-teman melengkapi.

1. Hotel Sawunggalih
Terletak di timur lampu merah kutoarjo, selatan jalan.

2. Hotel Garuda Setia
Selatan lampu merah kutoarjo, gang pertama kiri masuk, kanan gang.

3. Hotel Sumber Urip
Utara Stasiun KA Kutoarjo

4.Hotel Suronegaran
Jalan Urip Sumoharjo no 47 Purworejo
telp: 0275 322076

Tarif:
standar Rp.90.000
executive Rp. 200.000
president Rp:290.000
……
Anda punya info hotel yang lain, lebih lengkap? isi di comment, atau mau jadi member? kirimkan permohonan ke satvica77@yahoo.com

Yang punya referensi tempat wisata lain, silakan menghubungi kami.

sumedi
satvica77@yahoo.com

Category: wisata, Tags: | posted by:meds


15 Responses to “Wisata Purworejo”

  1. Anonymous says:

    makasih ya atas berita tentang kota purworejo semoga kota purworjo makin berkembang dan semakin maju.kalau bisa tambah lagi dong kilasan tentang wisata kota purworejo biar orang luar kota purworejo pada tau kalau kota kita banyak obyek wisata…salam kenal dari cah boro….!

  2. hadi says:

    wOw akehne rek…
    jadi penasaran mau maen ke purworejo..
    Kalau sama purwokerto itu lain ya.
    Ak punya temen asal purworejo tapi ilang saiki namanay nur khamid he he katanya sih dia orparpol gitu.
    Oh ya ada yang tertarik ingin buka usaha souvenir gak ?
    visit ny web ya :
    http://www.realimagink.blogspot.com
    matursuwun

  3. Anonymous says:

    Bravo Purworejo, saya juga orang Purworejo, tepatnya Wong Paitan, Kemiri, sekarang lagi tinggal di pinggiran Jakarta, di Daerah Cibubur. Saya ada kesan tersendiri kalau denger kota kelahiranku. rasanya pengin pulang aja. Mengenang masa2 di Sekolah, masa2 tempo doeloe.. kalau ada yang pengin kenalan juga boleh…

    Salam

    Arman

  4. prasetiyo says:

    Maju terus purworejoku.saya Prasetiyo alumnus SMUN 1 purwodadi th 1978.salam kenal dr anak ketangi pwd pwrj

  5. mohfats says:

    PURWOREJO it’s me,g tw np q bangga bnget’s ma purworejo,pokoknya q g mw ningalin loe!!!!!!!

  6. holly says:

    purworejo gue bangets!!!!!!!

  7. Anonymous says:

    purworejo gudangnya jendralisih no jedur ra yo

  8. Anonymous says:

    purworejo….
    never ending stories …. :p

  9. imam tri suryadin says:

    oya masih banyak hotel porworejo kan…
    kasih infonya dong tentang harganya…

  10. ayiik,, semoga liburan akhir tahun nanti saya bisa kesana.
    Wiasta di Pandeglang enak juga tuch.
    hehehe.
    :D

  11. sugeng says:

    jamanku smp yen bolos sekolah yo nongkronge nang pasir puncu,smp n ngombol

  12. 4nightlife says:

    hmm nice blog and thanks for the valuable infos.

  13. Sarminto says:

    Kalau ingin bermalam di Purworejo, mulai tahun 2010 sudah ada Hotel bintang 3, yaitu hotel plaza jln Tentara Pelajar, cocok untuk transit beberapa hari sambil mencicipi sate tupai khas Purworejo.

  14. sutar says:

    wah akan selalu di hati tentang purworejo, terutama suasana pantai ketika masih SMA, di situ kutemukan kebahagiaan dan pertemanan yang sejati ( kisah indah di pasir puncu )

  15. API Airline says:

    nah ini kan asik,
    lengkap sama tempat wisata dan penginapannya.
    thx banget dah

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

PURWOREJO (sesungguhnya) KOTA POTENSIAL

2 - Jun - 2009 | eko_juli | 28 Comments »

Which one …Kutoarjo or Purworejo…?

21 - Feb - 2008 | Raf | 17 Comments »

Selis

23 - Oct - 2008 | sudutkreasi | 6 Comments »

Curug Gunung Condong, Bruno

25 - Feb - 2009 | meds | 35 Comments »

Menengok ke Desa Bulus

29 - Oct - 2008 | yoyokr | 22 Comments »

© copyleft - 2007 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net