Purworejo, Kota Kecil, Barisan Bukit Menoreh

  3 - Aug - 2007 -   meds -   10 Comments »

Purworejo, Purworejo berirama (Bersih Indah Rapi Aman, Makmur), sebuah kota kecil di bagian selatan pulau Jawa. Kota pensiunan, dulu. Ahmad Yani, Urip Sumoharjo, dan WR Supratman lahir di kota ini. Kota kecil, masih asri, belum banyak warnet, juga perguruan tinggi.

Ada dua alun-alun besar, di Kutoarjo dan di Purworejo. Peninggalan jaman belanda. Kantor Bupati, kantor Kodim, ex pembantu Bupati (Kawedanan) di Kutoarjo. Semua bernuansa bangunan lama.

Kecamatan yang ada, Purworejo, Kutoarjo, Grabag, Banyuurip, Purwodadi, Kemiri, Bruno, loano, Bener, Ngombol, Bagelen, Kaligesing, Gebang, Winong, Pituruh, mana lagi ya. lupa.

Sebelah utara pegunungan menoreh, sebelah selatan pantai. Pantai Jatimalang, Pantai Ketawang, yang panas berpasir. Ada gua kiskenda, gua seplawan di kaligesing. oh ya, kaligesing merupakan daerah asal kambing Etawa yang terkenal itu. daerah ini kaya akan durian, manggis. Kalau di Jakarta satu durian harganya bisa mencapai 20.000, di sana cukup dengan 5.000. atau gratis, tapi menangkap sendir dengan tangan, he…

Kutoarjo, kota kecamatan penghubung, kota transit, jalur Jawa Selatan – Jakarta. Dengan stasiun yang ramai, paling ramai se DAOP V Purwokerto. Sekarang sduah dibangun double track yang menghubungkan Kutoarjo-Jogja, menyususl Kutoarjo – Kroya, Cilacap. Nah di Kuoarjo ada sekolah, SMAN Kuitoarjo, sekarang SMU 2 Purworejo, itu dulu sekolah saya.

Di Grabag, dengan slogan Bersemangat. Ada satu SMA, SMU N 8 Purworejo. 4 SMP Negeri. Saya dulu bersekolah di SMP 1 Grabag, sekarang SMPN 8 Purworejo. ( Eh, salah, ada koreksi dari mbak Fitri ) saya lupa sih, SMPN 7 PWR. (=yang dari SMP 1 Grabag, koreksinya ya). Sebelumnya SMP Marhaen, yang kemudian diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah.

Grabag terkenal dengan makanan tradisional Clorot, berbahan tepung beras, gula merah, dibungkus daun kelapa muda, di”ukel-ukel”, clorot. da juga emping, ini milik pesisir selatan. di desa Pasaranom, Kerto Jayan, ukirsari. Pasaranaom itu desa saya. Desa petani, yang panjang. desa yang ngangeni.

Purworejo berirama, saya lagi test, semoga menjadi rangking no 1 di google blog search untukkata kunci purworejo.

Purworejo, kabupaten purworejo, Kedu, Kutoarjo,

Sumedi

Pasaranom, Grabag, Purworejo
Purworejo Lagi

Category: blog, Tags: | posted by:meds


10 Responses to “Purworejo, Kota Kecil, Barisan Bukit Menoreh”

  1. Anonymous says:

    halo mas..Kulo tiang Purworejo ugi.. Wahh jadi kangen kampung halaman nih… sipp lah punya blog kaya gini… mudah2 an bisa jadi ajang silaturahmi para Purworejo-ers..

    Salam

    Achmad
    masachmad.blogspot.com

  2. Raf says:

    Saya dukung Mas , untuk mengerek keperingkat satu dalam search key Purworejo ….

    Apalagi dalam beberapa bulan kedepan diprediksi pengguna internet akan melonjak ke angka 50 juta , dengan adanya program internet SMA/MA se-indonesia ( kata pemerintah sih..). Peluang merebut pasar sangat besar…

    Setelah diperingkat satu tentu dibarengi dengan isi yang komunikatif , informatif tentang Purworejo…

    Istilah Mas Achmad tentang “Purworejo-ers” kayaknya boleh tuh diadopsi…

    Salam

  3. prinarto yusuf says:

    maju terus mas sumedi , saya setuju banget dengan adanya blog ini kita bisa silaturohim sesama orng purworejo… goodluck

  4. meds says:

    maturnuwun dukungannya mas Prinarto. semoga blog ini tetap bisa eksis dan menjadi sarana komunikasi warga Purworejo dimanapun berada.

  5. fitri says:

    untuk bapak sumedi yang menulis artikel “Purworejo, kota kecil, barisan bukit menoreh”. Setahu saya SMP N 8 Purworejo itu di Purwodadi. Karena saya alumni SMP N 8 Purworejo

  6. wibowo says:

    kutoarjo oke

  7. Robline says:

    Profil:
    Menoreh Seed didirikan untuk mengembang usaha perbenihan Hortikultura Varietas bibit/ benih Durian Menoreh (Unggul Nasional,RI), alpukat, kakao, jeruk, dll. Melalui Usaha ini, mempunyai produk unggulan yaitu: Benih durian Menoreh, By: Petrus Sugito(pembudidaya Durian Menoreh Se- DIY-INDONESIA)

    Hallo, pengen kenal aja ……….!
    Saya sejak kecil termasuk penggemar durian. Saya sudah mengadakan pengembaraan dimana-mana untuk menemukan durian local yang paling enak dan diminati banyak penggemar. Dari perjalanan yang panjang, akhirnya saya menemukan jenis durian yang rasanya memang istimewA dan digemari banyak orang. Kemudian saya membudidayakannya. Usaha, sebagai pembudidaya sudah sudah mulai dikenal dilevel para pengusaha, penggemar, media dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Dinas Pertanian DIY.
    Saya mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang pertanian (pernah Study banding Di Negara Thailand). Pada tahun 2007 yang lalu dua dari jenis durian yang saya budidayakan telah mendapat sertifikasi dan pengesahan Menteri Pertaian sejak tahun 2007 menjadi Varietas unggul Nasional . Durian Menoreh Unggulan yang unggul Nasional, Yaitu: Durian Menoreh Kuning dan Durian Jambon.
    Saat ini saya memproduksi bibit DURIAN Varietas Durian Menoreh dengan jaminan kualitas Unggul berlabel/bersertifikat.

    Sekedar cerita juga, bulan: 10 Agustus 2009 Lalu saya menerima penghargaan dari Dinas Pertanian Yogykarta (Langsung dari tangan Sri Sultan), sebagai sebagai Peringkat I (Juar SATU) se DIY, PENANGKAR BENIH HORTI, secara Khusus Jenis Durian Varietas Menoreh.

    Note: Berdasarkan surat keputusan Menteri Pertanian pada tanggal: 8 Mei 2007, No. 317/kpts/SR.120/5/2007, menetapkan:Varietas Durian Menoreh kuning dan Jambon sebagai Varietas baru ATAS DASAR hasil penelitian Laborat UGM yang dinyatakan sebagai Varietas Durian Menoreh-Kalibawang-DIY yang unggul Nasional.
    Pembelian dan Informasi tentang Bibit/Benih Durian Menoreh, bias melalui:
    Nama: Menoreh Seed;
    Alamat: Jln. Kaliurang, 19, – Yogyakarta.;
    Kontak:
    (0274)8399744 /
    081313888479
    Kota: D.I. Yogyakarta
    Alamat Pemasaran:
    “MENOREH SEED”
    Tanaman Buah – Unggul
    Jln. Kaliurang, Km.19 Pakem-YOGYAKARTA
    55585

    Produksi: Kajoran, Banjaroya,
    Kalibawang – Kulon Progo
    YOGYAKARTA

    http: durianmenoreh.blogspot.com
    email: menorehseed@gmail.com

    Trims dan salam Kasih.
    Pembudidaya Tunggal Varietas Durian Menoreh, Unggul Nasional dan Bersertifikat “Ungu dan Biru.”

  8. Miegas Ima says:

    Wow Cool post, keep up the good work!!

  9. dimas adi setyo says:

    Pegunungan menoreh purworejo bsa dijadikan tempat wisata. Alam segar indah . Saya harap bgitu

Komentar dengan Facebook

Leave a Comment

 

Related Post

Teman Sejati

15 - Dec - 2008 | a *NaGaReBoSHi* | 1 Comment »

Semua Berawal dari Blog

10 - Dec - 2008 | masdodi | 4 Comments »

Perencanaan Mudik Lebaran

11 - Aug - 2009 | Cah-DkDungus | 8 Comments »

TES PENGACAU OTAK KIRI DAN OTAK KANAN. MAU COBA?

16 - May - 2009 | eko_juli | 38 Comments »

Selamat Tahun Baru 2008

2 - Jan - 2008 | meds | No Comments »

© copyleft - 2007 by Blogger Purworejo
Theme by: azimat.net